Mengenal Bagian Gitar Klasik dan Nada - Geograph88

Mengenal Bagian Gitar Klasik dan Nada

Mengenal Bagian Gitar Klasik dan Nada
Gitar merupakan alat musik yang sering digunakan oleh berbagai kalangan. Hampir setiap orang pasti pernah memainkan gitar, selain mudah dibawa kemana-mana harga gitar akustik juga relatif terjangkau oleh berbagai kalangan. Untuk lebih memahami tentang bagian-bagian gitar klasik dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 

Gitar akustik umumnya memiliki 6 senar, adapula yang memiliki 7 senar tergantung kebutuhan penggunanya. Senar gitar klasik menghasilkan nada yang berbeda jika dipetik. Nada paling umum yang dihasilkan gitar klasik sesudah disetel dari posisinya paling atas adalah adalah E-A-D-G-B-E. 


Nada merupakan bunyi yang memiliki frekuensi tertentu. Nilai frekuensi dinyatakan dalam Hertz atau Hz. Jadi misalkan nada E memiliki frekuensi 329.63 Hz, nada B memiliki Frekuensi 246.94 Hz dan sebagainya. Jadi patokan dasar sebuah nada adalah nilai frekuensinya. Untuk itung-itungan rumusnya anda bisa tanyakan langsung ke guru Fisika....Untuk lebih jelasnya mengenai 6 nada gitar klasik pada umumnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini.
SenarNotasi SaintisNotasi UmumFrekuensi
PertamaE4e'329.63 Hz
KeduaB3b246.94 Hz
KetigaG3g196.00 Hz
KeempatD3d146.83 Hz
KelimaA2A110 Hz
KeenamE2E
82.41 Hz



Sekian dulu pengenalan mengenai gitar klasik dan nadanya, nanti disambung lagi.
Sumber gambar: disini, disini
close