Penyebaran Fauna Dunia Menurut Wallacea - Geograph88

Penyebaran Fauna Dunia Menurut Wallacea

Penyebaran Fauna Dunia Menurut Wallacea
Bumi merupakan planet yang terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Saat ini jutaan spesies hewan tersebar di seluruh dunia. 

Jenis fauna beranekaragam, menyesuaikan diri tergantung habitatnya. Alfred Russel Wallace membagi penyebaran jenis fauna di dunia kedalam 6 zona wilayah, yaitu Australis, Ethiopian, Neartik,  Neotropik, Oriental dan Paleatrik.

1. Zona Australis
Zona ini mencakup wilayah Australia, Selandia Baru, Papua, Maluku dan pulau-pulau sekitarnya. Beberapa hewan khas wilayah ini antara lain kangguru, koala, platipus, cendrawasih, kasuari dan buaya.

2. Zona Ethiopian
Zona ini mencakup wilayah Benua Afrika, Madagaskar dan Asia Barat. Hewan khas daerah ini antara lain gajah afrika, gorilla, jerapah, zebra, unta, singa, babon dan kuda nil.

3. Zona Oriental
Zona ini mencakup wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Wilaya Indonesia yang masuk zona ini adalah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Hewan kas wilayah ini antara lain harimau, badak bercula satu, orangutan, owa, banteng, gajah, bekantan

4. Zona Neartik
Zona in meliputi wilayah Amerika Utara, Kutub Utara dan Greenland. Beberapa hewan khas wilayah ini diantaranya bison, kijang, domba gunung, caribou dan tikus berkantung. 

5. Zona Neotropik
Zona ini meliputi wilayah Amerika Selatan dan Meksiko. Beberapa hewan endemik wilayah ini antara lain piranha, belut listrik amazon, anaconda, kera hidung merah, kelelawar pengisap darah.

6. Zona Paleatrik
Zona ini meliputi wilayah Eropa, Rusia, Britania Raya, Jepang,  Himalaya, Semenanjung Spanyol hingga Laut Mediteran. Beberapa hewan khas wilayah ini antara lain panda, rusa, kucing kutub, kelinci dan beruang.
Penyebaran Fauna Dunia
Gambar:
http://ithinkeducation.blogspot.com
close