Peta Sinoptik dan Simbol Meteorologi - Geograph88

Peta Sinoptik dan Simbol Meteorologi

Peta Sinoptik dan Simbol Meteorologi
Apa itu peta sinoptik?. Secara sederhana artinya adalah peta cuaca. 

Peta sinoptik berisikan simbol-simbol cuaca yang menggambarkan keadaan atmosfer pada daerah yang bersangkutan. 

Simbol tersebut mewakili keadaan angin, tekanan, suhu dan lain sebagainya yang berkaitan dengan unsur cuaca. 

Berdasarkan World Meteorological Organization (WMO) peta sinoptik dapat memuat lebih dari 20 simbol di dalamnya, seperti pada gambar dibawah ini.
http://qualimetrics.com/wp-content/uploads/weather-map-symbols-863x1024.jpg

Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang simbol meteorologi yang paling sederhana dan bisanya terdapat di soal olimpiade kebumian. Simbol meteorologi ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu surface station model (stasiun permukaan) dan upper air model (udara atas). Kita bahas yang model stasiun permukaan dulu yang sudah disederhanakan. 

Surface station model 
http://www.toiki.or.id/2010/04/simbol-meteorologi-surface-dan-upper.html
Penjelasan Simbol atmosfer di atas adalah:
A. Tutupan awan. 
Menunjukkan berapa bagian langit yang tertutup awan. Pada gambar di atas tutupan awan adalah 6/8. Berikut keterangan selengkapanya mengenai simbol tutupan awan. Biasanya pecahan yang digunakan adalah per 8.

http://www.australianweathernews.com/images/wxcode2.gif
B. Tekanan udara
Angka ini menunjukkan simbol tekanan udara di atas daerah tersebut. Pada gambar diatas tekanan udara adalah 979, 8 mb. Cara membaca kode tekanan udara adalah sebagai berikut
  1. jika angka dimulai dengan angka kecil (0,1,2,3,4,5,6) maka tambahkan angka 10 di depan angka simbol, lalu tambahkan koma di depan digit terakhir, Misal pada simbol tertulis 124, berarti tekanan udara adalah 1012,4 mb.
  2. jika angka dimulai dengan huruf besar (7,8,9) maka tambahkan angka 9 di depan angka simbol tadi, lalu tambahkan koma di depan digit terakhir. Misalkan seperti simbol diatas 798, berarti tekanan udara adalah 979,8 mb.
C. Temperatur udara


Pada simbol ini menujukkan temperatur udara adalah 20 derajat C. Kalau angkanya tinggi sekali misal 50 bisa jadi satuan yang digunakan adalah Farenheit. Jadi harus hati-hati membacanya. 

D. Visibilitas
Simbol ini menunjukkan jarak pandang normal mata manusia. Pada gambar diatas menunjukkan 20 m.

E. Keadaan cuaca saat ini
Simbol ini menunjukkan keadaan cuaca terkini. Pada gambar di atas menunjukkan keadaan cuaca moderat. Simbol lainnya silahkan lihat disini

F. Titik Embun
Simbol ini menunjukkan temperatur titik embun. Pada simbol diatas menunjukkan 14 derajat C. Cermati simbol angkanya bisa jadi dalam Farenheit.

G. Angin
Arah batang menunjukkan arah datangnya angin. Batang pendek/panjang menandakan kecepatan angin. Pada gambar diatas arah angin dari tenggara dan kecepatannya adalah 15 knot. Cara membaca kecepatan angin dapat dilihat pada simbol dibawah ini.

http://www.scalloway.org.uk/images/knots.gif

Batang kecil = 5 knots
Batang panjang = 10 knot
Bendera = 50  knot

Sekian dulu penjelasan mengenai peta sinoptik sederhana, nanti dilanjutkan lagi untuk model kedua. Semoga bermanfaat. 
close