Zona Laut Berdasarkan Kedalaman - Geograph88

Zona Laut Berdasarkan Kedalaman

Zona Laut Berdasarkan Kedalaman
Perairan laut itu luas ya guys, dari mulai pantai sampai dengan palung yang dalam. 

Nah laut ternyat dibagi menjadi zona-zona tertentu untuk memahami karakteristiknya. Laut dibagi menjadi zona-zona sesuai dengan kriterianya. 

Berdasarkan tingkat kedalamannya laut dibagi menjadi 4 zona yaitu:

Baca juga:


1. Zona Litoral
Yaitu zona yang merupakan batas antara wilayah pasang naik dan pasang surut air laut. Ketika air laut sedang pasang maka wilayah ini akan terisi oleh air laut namun ketika air laut surut maka wilayah ini akan berupa pantai. Pemanfaatan zona litoral diantaranya untuk wisata, selancar dan tambak garam.

2. Zona Neritik
Yaitu zona laut yang memiliki kedalaman kira-kira 50 sampai 200 meter. Pada zona ini sinar matahari masih bisa tembus ke bawah permukaan air sehingga banyak hewan laut dan tumbuhan laut hidup di zona ini. 

Pemanfaatan zona neritik adalah untuk wilayah tangkapan ikan dan konservasi terumbu karang.

3. Zona Batial
Yaitu zona laut yang kedalamannya 1500-1800/2000 m, sehingga cahaya matahari tidak dapat menembus sampai dasar laut. Beberapa jenis binatang yang masih bisa hidup di wilayah ini, tetapi tumbuhan laut hanya sedikit dibandingkan zona neritik. 

Zona batial bisa dimanfaatkan untuk tambang minyak lepas pantai atau latihan perang laut.

4. Zona Abisal
Yaitu zona laut memiliki kedalaman lebih dari 2000 m. Suhu di daerah ini sangat rendah sehingga hanya hewan-hewan dan tumbuhan tertentu yang dapat hidup di zona ini. 

Umumnya biota yang hidup di zona ini dapat menghasilkan cahaya sendiri untuk berkomunikasi di kegelapan laut contohnya Angler fish. Zona abisal tidak bisa dimanfaatkan kecuali untuk penelitian. Baca juga: Jenis batuan sedimen

Zonasi Laut
Anglerfish
close