Home » » Pesona Gunung Galunggung

Pesona Gunung Galunggung

Written By agnas setiawan on Friday, 12 July 2013 | 07:33

Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung api yang terdapat di Jawa Barat. Gunung Galunggung memmiliki ketinggian kurang lebih 2167 mdpl, terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Menurut bentuknya gunung ini termasuk ke dalam tipe stratovolcano yaitu gunung api berstruktur endapan perselingan antara lava dan aliran piroklastik. Gunung Galungggung terakhir kali meletus dengan dahsyat pada tahun 1983.  Getaran letusan Gunung Galunggung kala itu sampai hingga Australia dan menyemburkan abu vulkanik yang sangat besar setinggi 20 km. Debu vulkanik tersebut menghujani beberapa kota di Jawa Barat sampai radius 100 km lebih. Selain itu banjir lahar dingin menghancurkan desa-desa di kaki lereng Galunggung. 


Erupsi Galunggung 1983
Sekarang ini Gunung Galunggung tengah dalam masa istirihat meskipun pertengahan tahun lalu ada berita peningkatan aktivitas vulkanik namun hanya sedikit. Hasil erupsi Galunggung pada 1983 menghasilkan jutaan ton pasir yang sekarang ini dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Gunung Galunggung saat ini menjadi tempat wisata alam yang sangat indah. Pemerintah setempat merehabilitasi kawasan Gunung Galunggung setelah meletus menjadi kawasan geowisata. Ada beberapa lokasi yang dapat anda kunjungi ketika mengunjungi Gunung Galunggung diantaranya kawah, pemandian air panas dan curug panoongan. Dari pusat kota Tasikmalaya jarak yang ditempuh sekitar 17 km ke arah barat. 
Kawah Galunggung merupakan danau berair tawar dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan memancing.  Anda harus menaiki kurang lebih 620 anak tangga jika ingin mencapai puncak Galunggung. Dari puncak kawah anda dapat melihat hamparan danau dan kota Tasikmalaya di sebelah timur. Ada beberapa warung kecil jika anda ingin istirahat sambil makan mie rebus atau minum. Jika anda hobi camping anda dapat turun ke dasar kawah untuk mendirikan tenda, jika cuaca bersahabat. DI dasar kawah terdapat mushola kecil untuk sholat. 


Tangga Menuju Kawah Galunggung

Kawah Galunggung

Gunung Galunggung menyimpan beberapa jenis flora dan fauna seperti putri malu, lumut belerang, kecubung ,kaliandra, ular hijau, lutung hitam dan lainnya. Objek wisata lainnya yang berada di sekitar Gunung Galunggung adalah pemandian air panas. Air panas ini berasal dari mata air Gunung Galunggung yang terpanaskan oleh magma dibawah batuan. Terdapat kolam-kolam dan sungai kecil di daerah cipanas galunggung ini. Selain itu di sekitar cipanas terdapat curug panoongan yang dapat anda capai dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menyusuri sungai. Di bawah curug panoongan anda dapat mandi dan melepas lelah. 


Curug Panoongan
Cipanas Galunggung
Itulah sekilas panorama Gunung Galunggung. Selamat berlibur.


Sumber dan Gambar:
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Timeline

We're The Big Family of

Penulis

My Photo
Manusia asal tasikmalaya,berprofesi sebagai guru geografi di SMA GIBS Kalimantan Selatan
 
Support : Geograph88 | agnazgeograph | Template Gratis
Copyright © 2013. GEOGRAPH88 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger