Tasikmalaya, Sang Mutiara dari timur - Geograph88

Tasikmalaya, Sang Mutiara dari timur

Tasikmalaya, Sang Mutiara dari timur
Apakah anda sekeluarga sedang merencanakan liburan tapi tidak tahu kemana tempat liburan yang akan dituju? 

Tasikmalaya adalah jawabannya. Kenapa harus Tasikmalaya?Mungkin sedikit informasi pada postingan kali ini memberikan sedikit gambaran tentang wilayah Tasikmalaya. 

Karena saya "urang" Kabupaten Tasikmalaya, saya akan memberikan gambaran mengenai kondisi geografis Kabupaten Tasikmalaya terlebih dahulu.

Lambang Kabupaten Tasikmalaya
Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat yang terletak di sebelah tenggara dan sering dikenal dengan Priangan Timur. 

Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Garut, di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, di sebelah Timur berbatasa dengan Kabupaten Ciamis dan di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. 

Kabupaten Tasikmalaya merupakan wilayah yang didominasi oleh wilayah perbukitan dan pertanian. Secara geologis menurut Van Bemmelen, wilayah Kabupaten Tasikmalaya termasuk ke dalam formasi Zona Gunung Api Kwarter, Zona Depresi Tengah dan Zona Pegunungan Selatan. 

Dengan kondisi tersebut maka struktur geologi Kabupaten Tasikmalaya memiliki kenampakan yang berbeda dari mulai utara hingga selatan. 

Nama Tasikmalaya sendiri sebelumnya adalah Tawang/Galunggung yang berarti dalam bahasa Sunda adalah sawah yang luas. 

Nama Tawang diganti menjadi Tasikmalaya setelah Gunung Galunggung meletus hingga wilayah Tawang berubah menjadi lautan pasir hasil erupsi Galunggung sehingga dalam bahasa sunda tasik berarti danau sedangkan malaya berarti bukit pasir. 

Jadi Tasikmalaya berarti daerah lautan bukit pasir. Gunung Galunggung masuk ke dalam tipe  Gunung Api Kwarter (Muda) yang masih aktif hingga saat ini.

Peta Geologi Jawa Barat

DI bagian tengah, Kabupaten Tasikmalaya termasuk ke dalam Zona Depresi Tengah yang dicirikan dengan morfologi perbukitan curam yang dipisahkan oleh beberapa lembah yang  cukup luas. 

Perbukitan tengah tersebut dihasilkan dari aktivitas tektonik yang menghasilkan lipatan-lipatan pegunungan yang oleh Van Bemmelen disebut dengan intermontane depression.  

Zona Pegunungan Selatan merupakan rangkaian pegunungan  yang membujur dari Pelabuhan Ratu sampai Pulau Nusakambangan. 

Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan didominasi oleh plato (dataran tinggi) yang terdiri dari daerah kapur, sehingga di daerah Kabupaten Tasikmalaya banyak dijumpai gua kapur. Adanya daerah kapur menandakan bahwa Tasikmalaya dahulunya berada di bawah laut yang kemudian mengalami pengangkatan oleh tenaga tektonik sehingga menjadi daratan.

Nah, itulah sedikit pengenalan mengenai kondisi geografis dan geologis Kabupaten Tasikmalaya, lalu dimana tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan liburan?Sabar, nanti saya berikan di postingan selanjutnya. Terima kasih

Sumber dan Gambar:
Van Bemmelen dalam Sunaedi, Nedi. Geomorfologi. Unsil
close