Wisata Alam di Kota Tasikmalaya - Geograph88

Wisata Alam di Kota Tasikmalaya

Wisata Alam di Kota Tasikmalaya
Kota Tasikmalaya merupakan salah satu kota strategis di wilayah Priangan Timur dan merupakan kota yang memiliki perkembangan terpesat diantara kota lainnya. 

Sektor industri dan perdagangan merupakan sektor paling dominan di Tasik saat ini. Di balik banyaknya fasilitas industri dan perdagangan, kota Tasik memiliki lokasi wisata alam yang cukup menjanjikan dan dapat anda singgahi sebagai tempat melepas leleh. Berikut adalah beberapa lokasi tersebut.

1. Situ Gede
Situ Gde merupakan sebuah danau di yang berada di sisi barat daya Kota Tasik, tepatnya di Desa Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Situ Gede memiliki luas sekitar 47 Ha dengan kedalaman sekitar 1,5 - 6 meter. 

Di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau seluas 1 Ha dan terdapat makam Eyang Prabudilaya yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Jika anda mengunjungi Situ Gede anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti camping, jogging, mancing atau naik rakit sewaan. 

Untuk masuk Situ Gede anda hanya akan dikenai karcis 4000 rupiah untuk dewasa dan 2000 rupiah untuk anak-anak, murah kan?. Situ Gede menjadi salah satu Ruang Hijau Alami di tengah padatnya pemukiman di Kota Tasik. 

Sejarah terbentuknya Situ Gede hingga saat ini masih belum jelas dan tidak ada data penelitian resminya. 

Situ Gede
Menurut cerita masyarakat yang berkembang Situ Gede mulai ada sejak tahun 1530 setelah salah satu gunung di Tasikmalaya meletus. 

Gunung tersebut dinamai Gunung Pancamayana dan hingga kini tidak ada yang tahu dimana letak gunung itu, apakah sudah hilang atau diganti namanya.

 Dahulu kala di sekitar Situ Gede juga terdapat sebuah kampung yang bernama Sinjang Moyang. 

Sejarah tentang adanya kampung tersebut juga tidak jelas dan hanya berkisar info dari mulut ke mulut. Situ Gede memiliki fungsi ekologis seperti menjaga keseimbangan ekosistem di sekitarnya dan sebagai sumber irigasi pertanian di daerah Kota Tasikmalaya.

2. Situ Cibeureum
Situ Cibereum terletak di Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari Tasikmalaya. Situ ini memiliki luas sekitar 21 Ha. 

Jarak yang ditempuh untuk mencapai Situ ini dari kota Tasik sekitar 20 menit. Situ ini sebenarnya menyimpan potensi yang bagus untuk dijadikan objek wisata andalan Kota Tasik seperti Situ Gede, akan tetapi sampai saat ini pengelolaannya belum berjalan optimal. 

Nama Situ Cibereum sendiri menurut masyarakat sekitar dikarenakan pada masa lalu, air di Situ ini berubah warna menjadi kemerahan sehingga namanya menjadi Situ Cibereum (Air merah).

Jika anda mengunjungi Situ Cibeureum anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mancing, foto, atau berjalan-jalan mengelilingi situ. 

Situ Cibeureum
Rencananya pemerintah setempat sudah menganggarkan dana untuk merevitalisasi Situ ini agar lebih indah dan menarik wisatawan seperti Situ Gede. 

Sejarah terbentuknya Situ Cibeureum belum ada yang pernah meneliti dan diharapkan suatu saat nanti ada informasi yang lengkap mengenai sejarah terbentuknya fenomena alam ini untuk kepentingan pendidikan dan pariwisata.

Situ Cibeureum memiliki fungsi ekologi seperti Situ Gede yaitu sebagai penjaga ekosistem dan sumber irigasi warga sekitar.

3. Curug Tonjong
Curug Tonjong terletak di Desa Cipeusing, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Curug ini masih belum begitu dikenal masyarakat padahal memiliki potensi wisata yang cukup bagus.

Curug ini memiliki bentuk seperti undakan-undakan yang tersusun dari batuan yang tingginya 2 -5 meter. Terdapat 2 curug di lokasi ini dengan jarak masing-masing curug 500 meter. Air di Curug Tonjong berasal dari Sungai Cibangbay. 

Anda dapat merasakan ketenangan jiwa ketika mendengar gemercik air dan rimbunnya pepohonan di sekitar curug yang masih alami ini. 

Curug Tonjong
4. Rest Area Urug
Jika anda berwisata menuju daerah selatan Tasikmalaya, sempatkanlah untuk beristirahat sejenak di Rest Area Urug.  Rest Area Urug terletak di Desa Urug, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya dan merupakan hutan milik Perhutani seluas 300 ha. 

Rest Area ini mulai dibangun sekitar tahun 2010 dan sekarang sudah dapat digunakan untuk wisata. Karcis masuk area ini hanya 5000 rupiah. Anda bisa menikmati pemandangan pohon-pohon besar yang masih rimbun dan sejuk sambil istirahat di gazebo-gazebo yang tersedia.

Selain itu fasilitas yang tersedia di sini diantaranya saung penginapan, arena outbond, flying fox dan adventure tracks. Di lokasi ini juga sedang dibangun kebun buah yang nantinya akan dijadikan kegiatan agrowisata. Selain itu di sekitar hutan ini terdapat Gua Sarongge yang masih belum terlalu dikenal. 

Rest Area Urug
Rest Area Urug
Itulah beberapa lokasi wisata alam yang ada di Kota Tasik, semoga bermanfaat. Selamat berlibur di Tasikmalaya.

close