Wisata Kuliner Tasikmalaya Lagi dan Lagi - Geograph88

Wisata Kuliner Tasikmalaya Lagi dan Lagi

Wisata Kuliner Tasikmalaya Lagi dan Lagi
Tasikmalaya memang jagonya dalam urusan kreasi kuliner dan  kali ini saya memberikan beberapa lagi jenis kuliner yang wajib anda rasakan jika berlibur ke Tasikmalaya. 

Pertama saya akan berikan info mengenai bubur ayam terlebih dahulu. Bubur ayam Tasik berbeda dengan bubur ayam yang ada di daerah lain. 

Saya yang sudah 1 tahun kerja di Banjarmasin belum pernah menemukan bubur ayam tandingan yang melebihi dari kelezatan bubur ayam Tasik. 

Bubur ayam Tasik bertekstur halus dan toppingnya beranekaragam mulai dari ayam, goreng bawang, ati ampela, kerupuk, cakwe, kacang kedelai, telur ayam, kerupuk, emping dan  lainnya ditambah dengan sedikit kecap manis, kecap asin dan sambal....hmmmmmm, anda pasti ngiler bukan?.

Aneka topping tersebut tergantung penjualnya. Salah satu warung bubur yaam sudah melegenda di Tasik adalah bubur H. Zaenal yang terletak di Jl. Kalektoran. Satu porsi bubur ayam Zaenal dibandrol dengan harga 20.000an, tapi anda dijamin puas dengan rasanya. 

Ketika saya masih sekolah di Tasik, saya sering membeli bubur ayam di depan Pertamina yang terkenal dengan ati ampelanya, kemudiandi Jl. Dokter Sukarjo ada bubur ayam yang sering disebur "bubur dokar" dan buka mulai dari sore hingga malam. 

Selain tempat tadi masih banyak lagi warung bubur ayam di Tasikmalaya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Bubur ayam ini sangat nikmat dimakan ketika pagi hari sebelum olahraga atau beraktivitas.

Bubur Zaenal
Lanjut pemirsa, kuliner yang selanjutnya adalah soto. Tasik juga memiliki warung soto yang sangat terkenal dan lezat di lidah, tidak kalah dengan soto betawi. 

Salah satu warung soto yang terkenal di Tasik adalah Soto H. Idi yang terletak di pertigaan SMA Pasundan dan Soto Pataruman di Jl Pataruman. 

Soto H. Idi adalah jenis soto sapi yang rasanya sedangkan soto pataruman adalah jenis soto ayam. Waktu saya masih kecil saya sering diajak makan oleh orang tua di kedua warung soto ini.

Soto Pataruman
Soto H. Idi
Kuliner selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah martabak. Martabak merupakan makanan yang berasal dari india. 

Di Tasik terdapat beberapa martabak yang memiliki citarasa yang sangat lezat karena inovasi dan kreativitas penjualnya. Martabak terdiri dari martabak asin dan martabak manis. 

Martabak asin merupakan kombinasi tepung yang didalamnya diisi campuran telur, daging ayam/sapi dan bawang daun kemudian digoreng hingga mengembang. Martabak manis isinya dapat dengan keju, cokelat, kacang, strowberi atau lainnya. 

Beberapa nama martabak yang terkenal di Tasik diantaranya martabak Ramayana, martabak Holland, martabak San Fransisco dan martabak Lemona. 

Martabak Ramayana hingga saat yang memiliki cabang yang terbanyak, sedangkan pusatnya terdapat di Jl Tentara Pelajar depan Politeknik Triguna.

Martabak asin
Martabak manis



Selanjutnya yaitu kupat tahu yang merupakan kuliner yang berbahan dasar tahu goreng dan ketupat/nasi kemudian disiram kuah sambal kacang dan diberi topping tauge, bawang daun dan kerupuk. 

Kupat tahu yang paling terkenal di Tasik adalah kupat tahu mangunreja. Saya kurang tahu mengapa kupat tahu mangunreja menjadi paling terkenal, tapi selama saya tinggal di tasik memang kupat tahu mangunreja ini rasanya enak sekali.


Kupat Tahu Mangunreja
Itulah beberapa kuliner lain yang ada di tasik, sebetulnya masih banyak lagi kuliner khas yang terdapat di tasik ini seperti Pecel, Mie ayam, Nasi Cikur, Karedok, Es Bojong dan masih banyak lagi, saya tidak sebutkan satu persatu. 

Tasik memang surga kuliner,,makanya ayo cicipi kuliner Tasik dan rasakan sensasinya. Selamat berlibur.

Sumber dan Gambar:

close