Desember 2013 - Geograph88
Tugas Perbaikan UAS Kelas XI Sosial

Tugas Perbaikan UAS Kelas XI Sosial

Bagi siswa/siswi SMA GIBS yang akan melakukan remedial geografi,
harap BACA dengan SEKSAMA terlebih dahulu ketentuannya di bawah ini. 

1. Tugas remedial ditulis di kolom komentar pada postingan ini dengan mencantumkan NAMA dan KELAS
2. Dilarang memposting jawaban dengan kata-kata ALAY atau tidak sesuai EYD.
3. Tulisan tidak mengandung unsur SARA
4. DILARANG untuk COPY PASTE. Ketahuan COPAS maka tugas dianggap GUGUR.
5. Bagi yang terbukti melanggar, akan dikenakan sanksi yaitu NILAI AKHIR PADA RAPORT TIDAK AKAN DITAMBAH

TUGAS UNTUK KELAS XI SOSIAL
"Pilihlah salah satu negara di dunia yang menurut kamu menarik, kemudian cari salah satu kenampakan alam yang terdapat di negara tersebut yang menurut kamu menarik. Deskripsikan kenampakan alam tersebut pada kolom komentar dibawah. 

Di akhir tulisan cantumkan link/sumber dari berita yang kamu dapatkan.Tidak menyertakan link/sumber, nilai akan dikurangi.

Wassalam

http://sd.keepcalm-o-matic.co.uk/i/keep-calm-and-study-geography-117.png
Tugas Perbaikan UAS Kelas X

Tugas Perbaikan UAS Kelas X

Bagi siswa/siswi SMA GIBS yang akan melakukan remedial geografi,

harap BACA dengan SEKSAMA terlebih dahulu ketentuannya di bawah ini. 
1. Tugas remedial ditulis di kolom komentar pada postingan ini dengan mencantumkan NAMA dan KELAS
2. Dilarang memposting jawaban dengan kata-kata ALAY atau tidak sesuai EYD.
3. Tulisan tidak mengandung unsur SARA
4. DILARANG untuk COPY PASTE. Ketahuan COPAS maka tugas dianggap GUGUR.
5. Bagi yang terbukti melanggar, akan dikenakan sanksi yaitu NILAI AKHIR PADA RAPORT TIDAK AKAN DITAMBAH

TUGAS UNTUK KELAS X
"Cari suatu BERITA baik di koran/internet mengenai gejala GEOSFER yang terjadi di DUNIA selama tahun 2013. Jelaskan resume/ikhtisar berita tersebut menggunakan metode 5W + 1H. INGAT!!!!!Setiap siswa TIDAK BOLEH mengandung berita yang sama!. Tuliskan hasil analisamu dalam kolom komentar!. Cantumkan link/sumber berita yang kamu baca, jika tidak mencantumkan maka nilai akan dikurangi."

Wassalam


http://www.thepolesworthschool.com/Options/subjects/geography_files/geography_clip_image002_0003.jpg
Juara LKG 2013 / PENGHARGAAN GURU TINGKAT NASIONAL 2013

Juara LKG 2013 / PENGHARGAAN GURU TINGKAT NASIONAL 2013

Setelah mencari disana-sini, akhirnya ketemu juga video penganugerahan pemenang LKG 2013. 

LKG merupakan ajang kreativitas dan inovasi pembelajaran dari guru-guru terbaik se-Indonesia. 

Diharapkan dengan adanya event ini, guru-guru Indonesia menjadi lebih termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan mengajar dan mendidik siswanya di sekolah. Selamat buat para pemenang. Semoga tahun depan saya bisa ikut juga memeriahkan acara tersebut.(ngarep). 


Teori Pembentukkan Tata Surya (Solar System Creation)

Teori Pembentukkan Tata Surya (Solar System Creation)

Tata Surya merupakan suatu sistem yang terdiri atas matahari sebagai bintang pusatnya dan 8 planet yang mengitarinya.

Tata Surya berada pada salah satu titik di galaksi Bima Sakti. Proses pembentukkan tata surya hingga kini belum diketahui secara pasti, akan tetapi banyak ahli astronomi yang mencoba mengemukakan pendapatnya mengenai awal mula tata surya terbentuk. 


1. Teori Nebula
Pendapat ini dikemukakan oleh filsuf Jerman Immanuel Kant. Ia berpendapat bahwa tata surya berawal dari gumpalan kabut (nebula) di alam semesta kemudian kabut tersebut perlahan-lahan berputar. Inti kabut lama kelamaan menjadi matahari sedangkan kabut-kabut di pinggirnya membentuk planet. 

Teori Nebula dipandang sukses dalam menjelaskan tata surya datar, yaitu bidang orbit Planet-Planet mengitari Matahari hampir merupakan bidang datar. 

Teori ini juga dipandang sukses dalam menjelaskan mengapa planet-planet berevolusi dalam arah yang seragam.

Ide untuk menjelaskan bidang tata surya hampir datar didasarkan pada hukum kekekalan momentum sudut. Contoh terkenal untuk memahami hal ini adalah gerak rotasi seorang pemain sepatu es (sepatu luncur). 

Pemain es mula- mula berotasi dengan merentangkan kedua lengannya, jika ketika sedang berotasi kemudian pemain tersebut menarik kedua lengannya hingga terlipat, maka laju rotasinya akan bertambah, karena momentum sudutnya tetap. 

Mirip dengan peritiwa itu, ketika sebuah Nebula yang sedang berotasi perlahan-lahan ukurannya menyusut, maka Nebula tersebut akan berotasi dengan kelajuan yang lebih cepat dan akan runtuh ke bawah sepanjang poros putarnya dan membentuk suatu bidang cakram datar, yang sering disebut tata surya datar. Seberapa lama teori dapat bertahan dan menjadi pegangan orang-orang?

Seratus tahun kemudian, ahli Fisika terkenal berkebangsaan Inggris, James Clerk Maxwell dan Sir James Jeans melakukan sanggahan terhadap teori ini dengan cara menunjukkan bahwa massa bahan dalam gelang-gelang tidak cukup untuk menghasilkan tarikan gravitasi sehingga memadat menjadi planet-planet. 

Sanggahan lain terhadap teori Nebula juga datang dari astronom F. R. Moulton dari Chicago pada penghujung abad 19. Ia menyatakan bahwa teori ini bertentangan dengan kaidah fisika, yaitu yang seharusnya memiliki momentum sudut paling besar adalah planet-planet, dan bukannya Matahari. 

Menurut teori Nebula, Matahari memiliki momentum sudut paling besar karena memiliki massa paling besar.
Solar System Creation
2. Teori Planetesimal
Teori ini dikemukakan oleh Thomas C. Chamberlain yaitu seorang ahli geologi Amerika Serikat. 

Ia mengatakan bahwa awal mula terbentuknya tata surya seperti sebuah kabut pijar yang didalamnya terdiri dari materi padat kemudian berhamburan yang disebut planetesimal. 

Setelah matahari terbentuk kemudian ada sebuah bintang mendekat dan menimbulkan gaya pasang naik pada matahari. 

Sebagian massa matahari tertarik ke arah bintang tadi. Ketika bintang tersebut menjauh dari matahari, massa matahari yang berhamburan akibat gaya pasang tadi berubah menjadi planet-planet.

Ilustrasi Planetesimal
3. Teori Pasang Surut Gas
Planetesimal dapat diartikan sebagai planet kecil. Menurut teori ini, Matahari telah ada sebelum terbentuknya tata surya sebagai salah satu Bintang yang banyak terdapat di langit. 

Pada suatu saat, Matahari berpapasan pada jarak yang tidak terlalu jauh dengan sebuah Bintang lain. Karena adanya tarikan gravitasi Bintang tersebut, maka sebagian bahan pada Matahari (mirip lidah api raksasa) tertarik ke arah Bintang itu. 

Ketika Bintang yang berpapasan tersebut menjauh kembali, sebagian lidah api raksasa tersebut jatuh kembali ke matahari dan sebagian lagi terhambur menjadi gumpalan-gumpalan kecil atau Planetesimal. 

Planetesimal-Planetesimal tersebut kemudian melayang-layang di angkasa sebagai benda-benda dingin dalam orbit mengitari Matahari. 

Akibat adanya tumbukkan dan tarikan gravitasi, Planetesimal yang lebih besar menyapu yang lebih kecil bergabung membentuk planet-planet.

4. Teori Bintang Kembar
Teori ini dikemukakan oleh Lyttleton. Ia berpendapat bahwa dahulu matahari memiliki satu bintang yang sama. 

Bintang tersebut kemudian berevolusi dan menyebabkan ada materi yang terjebak pada bintang induk yaitu matahari, sisanya meledak berhamburan ke ruang angkasa dan membentuk planet.

Teori Bintang Kembar
5. Teori Protoplanet
Teori Proto Planet merupakan teori yang populer saat ini. Bagaimana terbentuknya tatasurya menurut teori ini ? 

Proto adalah kata pada bahasa Yunani yang berarti primitif. Teori ini pada awalnya dikemukakan oleh seorang astronom Jerman yang bernama Carl Von Weizsaeker pada tahun 1940, yang kemudian disempurnakan lagi oleh astronom lain, yaitu Gerard P. Kuiper pada tahun 1950, Subrahmanyan Chandrasekhar. 

Dalam teori ini mengatakan bahwa tata surya berawal dari awan antar bintang (nebula) kemudian matahari terbentuk di pusatnya. 

Kabut-kabut di pinggiran matahari kemudian berevolusi membentuk protoplanet. Protoplanet ini kemudian berkembang menjadi sebuah planet.

Pada dasarnya teori ini menyatakan bahwa tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu sehingga teori ini dikenal juga sebagai teori awan debu. 

Dasar pemikiran ke arah itu adalah adanya fakta yang menunjukkan bahwa di jagat raya banyak ditemukan gumpalan awan seperti itu. 

Lebih dari lima milyar tahun yang lalu, salah satu gumpalan awan itu mengalami pemampatan.

Pada proses pemampatan tersebut, partikel-partikel debu tertarik ke dalam  menuju  pusat awan membentuk gumpalan bola dan mulai berotasi. 

Seperti pada ilustrasi pemain sepatu es, begitu partikel-partikel debu yang berada di pingggir tertarik ke dalam, maka laju rotasi gumpalan awan harus bertambah agar momentum sudut gumpalan  bernilai  tetap.

Karena  rotasinya  yang  makin  cepat,  maka gumpalan tersebut akan mulai memipih (mendatar) menyerupai bentuk cakram, yaitu tebal  di bagian tengah dan tipis di bagian tepi.

Hukum ketiga Kepler menyatakan bahwa di bagian tengah harus berotasi lebih cepat dari pada di bagian pinggir. 

Akibatnya partikel-partikel yang berada di bagian tengah akan saling menekan dan menimbulkan panas dan berpijar.

Bagian tengah yang berpijar ini disebut Proto Sun (Bakal Matahari), yang pada akhirnya menjadi Matahari.


Bagian tepi atau bagian yang lebih luar berotasi sangat cepat, sehingga terpecah-pecah menjadi banyak gumpalan gas dan debu yang lebih kecil. 

Gumpalan kecil ini disebut Proto Plasma juga berotasi, dan akhirnya memadat menjadi planet-Planet dan Satelit-Satelitnya
Nebula di Alam Semesta
Sumber dan Gambar:
BSE Geografi SMA Kelas X, disini  disini disini disini
Perubahan Iklim atau Global Warming (Climate Change)

Perubahan Iklim atau Global Warming (Climate Change)

Ketika kamu memikirkan tentang perubahan iklim, pernahkah kamu membayangkan bagaimana hal tersebut bisa terjadi?. 

Di berbagai berita sering disebut tentang isu-isu perubahan iklim. Apakah kamu merasakan perubahan iklim tersebut?

Curah  hujan kini tidak teratur, udara yang semakin panas, es yang mencair di kutub merupakan salah satu indikasi adanya penyimpangan cuaca dan iklim.

Berbicara tentang perubahan iklim tentunya tidak akan lepas dari yang namanya efek rumah kaca dan global warming. 

Efek rumah kaca adalah suatu efek alami yang mengakibatkan permukaan bumi menjadi hangat dan menunjang terhadap kehidupan mahluk di atasnya. 

Sedangkan global warming adalah peningkatan suhu harian permukaan bumi secara teratur dalam waktu lama dan melingkupi wilayah yang luas. 

Perubahan iklim adalah suatu gejala perubahan cuaca karena meningkatnya kadar CO2 di atmosfer. Efek rumah kaca sebetulnya adalah sesuatu yang normal dan dibutuhkan oleh bumi, akan tetapi akhir-akhir ini setelah era industri, jumlah CO2 di atmosfer semakin meningkat karena berbagai aktivitas manusia sehingga kondisi efek rumah kaca tidak normal lagi.

Perubahan Iklim

Faktor Alami Perubahan Iklim
Kehilangan Daya Albedo/Pantulan
Es putih di kutub berfungsi untuk memantulkan kembali sebagian besar panas matahari ke angkasa. Ketika es mencair maka air di lautan yang berwarna lebih gelap akan menyerap panas matahari dan membuat permukaan bumi menjadi hangat.

Penurunan Aktivitas Gunung Api
Awan dan Debu yang dihasilkan gunung api ketika erupsi akan mencapai atmosfer dan menjadi tameng terhadap panas matahari. Erupsi gunung api tahun 1815 tercatat merupakan yang paling besar sepanjang sejarah manusia dan mengakibatkan tahun 1816 dikenal sebagi tahun tanpa musim panas.

Perubahan Aktivitas Matahari
Aktivitas matahari yang berubah-rubah dapat mengakibatkan perubahan iklim di bumi.  Matahari sesekali menghasilkan aktivitas seperti badai matahari, sunspot dan lainnya. Hal tersebut ternyata memiliki dampak terhadap bumi.

Faktor manusia
Pembakaran Energi Fosil
Minyak, batubara dan gas yang diubah menjadi energi seperti listrik dan lainnya akan menghasilkan sampah berupa gas C02 di atmosfer. 

Asap Kendaraan
Hasil pembakaran kendaraan yang menggunakan energi fosil akan menghasilkan gas efek rumah kaca seperti CO2, CO dan lainnya.

Pembukaan Lahan
Di berbagai kawasan hutan di dunia seringkali manusia membuka lahan dengan membakar hutan. Ketika hutan terbakar, maka akan menghasilkan gas CO2. 

Peternakan Hewan
Jutaan hewan ternak seperti sapi, domba dan babi tersebar di penjuru bumi. Hewan-hewan tersebut menghasilkan gas metan  secara alami, dan menghasilkan 13% dari total gas efek rumah kaca. 

Hewan menghasilkan gas rumah kaca
Sumber dan Gambar:
Keanekaragaman Anggrek (Orchid) Indonesia

Keanekaragaman Anggrek (Orchid) Indonesia

Anggrek atau dalam bahasa inggris orchid merupakan salah satu tanaman khas Indonesia. Anggrek merupakan jenis tumbuhan berbunga dengan jumlah suku terbanyak di dunia. Anggrek dapat tumbuh mulai dari iklim tropis hingga subtropis.

Anggrek kebanyakan hidup sebagai tumbuhan epifit (tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya). 

Di Indonesia, terdapat 29 jenis anggrek yang dilindungi oleh PP no 7 tahun 1999. Indonesia merupakan negara dengan jumlah biodiversitas anggrek terbesar kedua setelah Brazil. Dari sekitar 26 ribu spesies anggrek di dunia, lebih dari 5 ribu spesies terdapat di Indonesia. 

Anggrek merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan dan dijual untuk keperluan penghias rumah. Hingga saat ini LIPI sudah melakukan penelitian di berbagai daerah di Indonesia untuk meneliti spesies-spesies anggrek baru yang belum ditemukan. 

Ada beberapa anggrek yang termasuk endemik atau hanya tumbuh di Indonesia saja seperti Anggrek Hitam dan Anggrek Raksasa Irian. Berikut ini beberapa gambar spesies tanaman anggrek Indonesia yang sangat indah

Anggrek Hitam



Anggrek Ungu
Anggrek Bulan Raksasa
Anggrek Bulan Bintang
Anggrek Bulan
Anggrek Larat
Anggrek Kebutan
Anggrek Jingga
Anggrek Karawai
Anggrek Meratus

Sumber dan Gambar:
Faktor Kepadatan Penduduk

Faktor Kepadatan Penduduk

Penduduk adalah seseorang yang bermukim pada suatu wilayah dalam waktu yang relatif lama. 

Setiap orang memiliki kriteria tersendiri untuk memilih lokasi tempat tinggalnya.
Di Indonesia misalnya, penyebaran penduduk lebih terpusat di kota besar khususnya di Jawa. 

Mengapa bisa terjadi demikian?. Penyebaran penduduk di atas permukaan bumi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya:

Baca juga:

1. Faktor fisiografis wilayah
Kenampakan fisik suatu wilayah sangat memengaruhi terhadap kepadatan penduduk. Setiap orang pasti akan memilih daerah yang memiliki sumber air yang baik, daerahnya datar, tanahnya subur dan lainnya.

Selain itu kondisi cuaca dan iklim juga sangat memengaruhi aglomerasi penduduk. Daerah yang cuacanya hangat dan anomalinya relatif stabil lebih memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

2. Faktor sosial budaya
Perubahan pola fikir masyarakat mengakibatkan berkembangnya kondisi fisik suatu wilayah. Hal tersebut akan menjadi magnet bagi masyarakat di luar untuk datang dan mengadu nasib di wilayah tersebut. 

3. Faktor ekonomi
Daerah yang pembangunannya sangat pesat akan menarik kaum urban untuk datang dan berkerja disana. Berbagai peluang kerja yang banyak akhirnya mendorong kepadatan penduduk di kota besar seperti Jakarta.

4. Faktor biologis
Tingkat pertumbuhan penduduk suatu wilayah berbeda beda. Angka fertilitas yang tinggi dibanding mortalitas akan membuat suatu wilayah semakin padat. 

5. Faktor kesalahan tata ruang kota
Pembangunan saat ini lebih mengarah pada urban oriented dibanding rural oriented, sehingga pertumbuhan penduduk lebih besar di kota besar, sedangkan wilayah pedesaan menjadi tidak berkembang. Ha tersebut berdampak pada arus urbanisasi yang besar dan desa menjadi kekurangan penduduk. Baca juga: Pola ruang kota Haris Ullman


Faktor Kepadatan Penduduk
Kepadatan Penduduk Jakarta
BSE Geografi SMA kelas XI
Silabus Geografi SMA/MA Kurikulum 2013

Silabus Geografi SMA/MA Kurikulum 2013

Setelah saya searching di internet, akhirnya ketemu juga silabus geografi SMA untuk kurikulum 2013. 

Kurikulum 2013 memang agak sedikit berbeda dengan kurikulum KTSP, dimana kalau dahulu guru membuat silabus sendiri, sedangakan sekarang silabus disediakan langsung dari pusat (katanya).

Jujur, saya masih nyaman menggunakan KTSP karena dahulu pernah ikut bintek KTSP dari Kemdikbud jadi tahu alur prosesnya dari standar isi hingga evaluasi. Baca juga: Jadi guru blogger, rezeki ngalir terus



Menurut saya isinya tidak jauh berbeda dengan KTSP hanya ada tambahan materi saja seperti mitigasi bencana. Selain itu kata kerja operasional dalam silabus 2013 ini tidak menggunakan kata kerja taksonomi Bloom, saya tidak tahu taksonomi model baru apa lagi pada kurikulum 2013 ini. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan dicek dibawah ini. Semoga bermanfaat.


Sumber dan Gambar:
disini
Ingin bimbel di rumah tapi mager keluar rumah?. Yuk gabung quipper video aja!
Tahap Perkembangan Kota

Tahap Perkembangan Kota

Kota sebagai suatu perwujudan aktivitas manusia senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Kota menjanjikan penghidupan di masa kini.

Suatu kota berawal dari komunitas kecil yang lama kelamaan berkembang menjadi sebuah komunitas besar. Tahapan perkembangan ini berjalan secara alami.

Jadi normalnya desa adalah cikal bakal dari sebuah kota, namun saat ini manusia bisa menciptakan kota dengan berbagai cara. Baca juga: Trickle down effect pembangunan wilayah

Lewis Munford mengklasifikasikan perkembangan kota dari segi fisik dan budayanya ke dalam enam tahap yaitu:

1. Eopolis 
Tahap ini merupakan awal pembentukkan benih sebuah kota yang dicirikan dengan adanya perkampungan. Kegiatan masyarkat pada tahap ini masih terfokus pada sektor pertanian, pertambangan, perkebunan dan perikanan.

2. Polis 
Tahap ini dicirikan dengan munculnya pasar di tengah perkampungan serta mulai berdirinya industri kecil. Pengaruh industri pada tahap ini masih belum begitu besar.

3. Metropolis 
Tahap ini kenampakan struktur ruang kota sudah berkembang cukup besar. Pengaruh kota sudah terasa hingga daerah sekitarnya sehingga banyak ditemukan kota satelit atau daerah penyokong kota utama.

4. Megalopolis 
Tahap ini dicirkan dengan perilaku manusia di atasnya yang hanya berorientasi materi. Sistem birokrasi yang buruk dan standarisasi produk lebih dipentingkan pada tahap ini. Contoh tahap ini adalah Kota Paris pada abad ke 18, New York pada awal abad ke 20.

 5. Tiranopolis 
Tahap ini merupakan awal kehancuran suatu kota. Kondisi perdagangan mulai menurun secara signifikan sehingga menimbulkan kekacauan dan kriminalitas meningkat pesat.

6. Nekropolis
Tahap ini disebut juga the city of dead, yaitu kehancuran total kota karena berbagai faktor seperti kelaparan, perang, bencana atau sistem tata kota yang buruk.

Kenyamanan sudah tidak ditemukan pada kota seperti ini. Apakah jakarta sudah masuk kategori nekropolis?. Hmm...jawab sendiri aja ya menurut kamu.
Kemacetan kota metropolis
Itulah tahapan perkembangan kota menurut Mumford. Kita harus menjaga kota agar menjadi sebuah ruang kehidupan yang layak huni. Kota di Indonesia kini tengah mengalami krisis khususnya di bidang lingkungan karena kesadaran manusia yang minim.

Baca juga: 3 faktor interaksi wilayah Ullman
Jadi Guru Blogger Banyak Rezeki Lho....

Jadi Guru Blogger Banyak Rezeki Lho....

Derasnya arus teknologi informasi komunikasi saat ini menuntut setiap orang untuk cepat tanggap dan mencari tahu segala sesuatu yang baru. 

Sebagai salah satu profesi bidang akademisi, guru tentunya harus tanggap akan kemajuan teknologi komunikasi ini.

Jika dahulu materi pelajaran hanya tersedia dalam bentuk kertas, modul atau buku maka saat ini media belajar online banyak tersedia di internet. 

Salah satu media sosial yang banyak digemari masyarakat adala blog. Blog hampir sama dengan FB, twitter atau jejaring sosial lainnya yaitu memfasilitasi pengguna untuk menulis. Orang yang sering rutin menulis di blog sering dinamakan blogger.  

Ngeblog (istilah orang yang suka nulis di blog) menjadi sesuatu yang digandrungi banyak orang saat ini. 

Berbagai opini, kritik, cerita banyak dituangkan dalam sebuah blog pribadi. Menyikapi hal tersebut, maka blog dapat membantu guru untuk menuliskan materinya dan sebagai sarana sharing berbagai macam hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Begitupun dengan saya, ngeblog sudah menjadi kebiasaan dan hobi di kala waktu senggang. Awalnya, saya tidak terbiasa menulis di blog dan jika ingin menulis pun bingung apa yang harus saya tulis. 

Passion saya dalam menulis mulai terbentuk ketika saya diterima kerja sebagai guru geografi di salah satu SMA di Kalimantan Selatan. Dengan modal niat ingin mencari pengalaman dan memperbaiki kesejahteraan, saya hijrah dari kota yang sudah 20 tahun saya tinggali yaitu Tasikmalaya menuju Banjarmasin pada awal tahun 2011.

Sekolah tempat saya bertugas adalah sekolah berasrama dengan berbagai fasilitas penunjang di dalamnya termasuk wifi. Awal mula saya membuat blog waktu itu karena salah satu rekan saya yang sering menulis catatan hariannya di blog pribadi. 

Waktu itu saya sama sekali tidak mengetahui tentang apa itu blog?bagaimana cara membuatnya?dan lainnya. Dengan rasa penasaran saya bertanya kepada teman saya tersebut cara membuat blog dan ia kemudian mengajari saya cara daftar blog gratis di wordpress. 

Kenapa wordpress?katanya wordpress lebih mudah untuk di kelola dibanding platform lain seperti blogspot. Jadilah saya membuat blog pertama saya dengan akun wordpress bernama http://agnazgeograph.wordpress.com/

Tampilan My first blog
Setelah blog tersebut berhasil dibuat, saya mulai mencoba menari ide untuk postingan-postingan saya. Karena profesi saya sebagai guru, tentunya akan lebih baik jika isinya menyangkut hal-hal seputar pendidikan atau materi belajar. Karena belum terbiasa menulis, pada awalnya saya banyak melakukan copy paste untuk mengisi postingan. 

Etika-etika penulisan di blog pun saya masih belum paham, seperti penulisan sumber kutipan. Seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis saya mulai meningkat setelah melihat berbagai blog guru seperi Om Jay, Budi Raharjo dan lainnya. 

Berbagai macam tutorial ngeblog saya cari di web, seperti bagaimana cara memasang widget, template dan lainnya. Isi blog yang pertama ini paling banyak memuat materi geografi dan cerita kegiatan sekolah. 

Di pertengahan tahun 2012 saya menemukan event lomba blog guru yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Balai Teknologi Ilmu Komunikasi dan Pendidikan (BTIKP). 

Akhirnya dengan niat coba-coba saya mendaftarkan diri untuk mengikuti event tersebut. Itulah lomba blog pertama yang saya ikuti sepanjang karir saya sebagai guru. 

Pada saat itu blog saya masih seumur jagung dan isinya masih belum banyak. Ternyata setelah pendaftaraan ditutup dan verifikasi telah dilakukan, blog saya terpilih sebagai salah satu semifinalis dari total puluhan blog yang masuk. 

Saya sangat senang sekali waktu itu karena tidak menyangka bisa masuk semifinal padahal blog saya belum lama dibuat. Setelah itu dewan juri mengundang setiap peserta untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri. 

Pada saat presentasi, awalnya saya merasa minder karena melihat peserta lain yang saya lihat blognya lebih bagus daripada saya. Akan tetapi saya mencoba tenang dan memaparkan isi blog saya secara apa adanya di depan dewan juri. 

Setelah presentasi selesai, esok harinya pengumuman pemenang pun dibacakan dan blog saya mendapat posisi juara harapan 1. Saya sangat terkejut sekali dan masih belum percaya saya bisa memperoleh posisi tersebut. 

Itulah prestasi pertama saya dalam bidang tulis menulis di blog seumur hidup. Hal tersebut semakin menambah motivasi saya untuk terus menulis dan berupaya belajar bagaimana menulis blog yang baik. 

Prestasi pertama ngeblog
Semakin lama, menulis menjadi sebuah hobi bagi saya dan setiap hari saya meluangkan waktu untuk mengisi blog saya yang pertama itu. 

Setelah setahun mengelola blog dengan platform wordpress, saya mencari tahu lagi tentang platform blog yang lain yaitu blogger. Menurut hasil pencarian saya di web, blogspot lebih leluasa dalam pengelolaan kontent karena menggunakan format html. 

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog baru lagi dengan platform  blogspot dengan nama http://geograph88.blogspot.com/. Saya berusaha mencari artikel-artikel tentang cara mengutak-atik blogspot mulai dari template, widget dan lainnya hingga jadilah blog saya seperti saat ini. 

Blog ini secara garis besar masih berisi tentang materi pelajaran yang saya ampu yaitu geografi yang dikemas secara singkat dalam tiap artikelnya dan berita-berita lainnya. 

Awalnya saya sering gonta-ganti template karena blogspot memiliki fleksibiltas yang lebih untuk merubah template dengan html. Akan tetapi hal tersebut malah merusak ide menulis saya, dan setelah mencari tips template yang bagus untuk blog hingga saat ini saya tidak lagi merubah template. Kedua bog tersebut masih saya kelola dan sudah menghasilkan ratusan postingan. 

Tampilan Blog kedua dengan platform blogspot
Di pertengahan April 2013 salah satu media sosial pendidikan yang berpusat di Bandung yaitu Goesmart bmengadakan sayembara lomba blog. Karena lomba ini diperuntukan untuk guru dan masyarakat umum, saya mencoba mendaftarkan blog http://geograph88.blogspot.com/

Jumlah peserta lomba blog pendidikan ini mencapai ratusan blog dan setiap peserta memiliki blog yang bagus-bagus. Di pertengahan Nopember 2013 akhirnya hasil lomba diumumkan. 

Betapa terkejutnya saya ketika melihat blog saya meraih juara 1. Saya sangat bersyukur sekali karena pengumuman tersebut juga berdekatan dengan hari lahir anak saya yang pertama. 

Saya menganggap itu adalah rezeki keluarga khususnya anak saya. Saya mencoba berkomunikasi dengan panitia penyelenggara lomba tersebut khususnya ingin menanyakan penilaian juri yang membuat blog saya menjadi juara 1. 

Namun panitia tidak mengetahui hal tersebut karena penilaian bersifat tertutup dan milik juri pribadi. Meskipun begitu saya tetap senang karena perjuangan saya membuat tulisan-tulisan kecil dalam blog mulai membuahkan hasil. 

Juara 1 Lomba Blog di Bandung
Berbagai prestasi mengenai blog pribadi sering saya sampaikan kepada siswa di dalam kelas supaya mereka memiliki kegemaran menulis agar nantinya bermanfaat di kemudian hari. 

Hingga saat ini ada beberapa siswa yang sudah memiliki blog pribadi yang isinya beragam mulai dari catatan harian, tips atau tutorial. 

Ngeblog bagi guru merupakan salah satu wujud aktualisasi dalam pelaksanaan E-learning. Mulai dari menulis postingan-postingan kecil di blog itulah juga saya bisa membuat karya tulis yang lebih besar yaitu karya ilmiah dan berhasil mendapatkan juara 3 dalam Lomba Kreativitasi Ilmiah Guru Nasional LIPI 2013. 

Juara 3 LKIG LIPI 2013
Segala sesuatu yang berasal dari sesuatu yang kecil. Jadi jangan meremehkan tulisan-tulisan kecil/pendek yang pernah anda buat, karena suatu saat nanti rangkaian tulisan tersebut akan menjadi sebuah karya besar yang terukir selamanya dalam perjalanan kehidupan.

Itulah sedikit perjalanan saya sebagai guru blogger amatir. Sebagai guru tentunya kita harus senantiasa meningkatkan kompetensi masing-masing. 

Selain sebagai sarana berbagi ilmu, menjadi seorang guru blogger juga dapat mendatangkan rezeki tak terkira lainnya, asal kita tekun dan senantiasa belajar dari kesalahan serta pantang menyerah. 

Semoga tulisan pendek saya ini dapat menginspirasi rekan-rekan guru yang lain agar mulai ngeblog dan menuliskan ide-ide kreatifnya. 

Mengutip kata Andrea Hirata “Berkaryalah, karena sebuah karya akan menemukan takdirnya sendiri”. Teruslah berkarya guru Indonesia. Salam guru blogger. Ditunggu komentarnya.

close