Peranan Geografi Sebagai Sebuah Ilmu

Geografi sebagai sebuah ilmu tentunya memiliki peranan tersendiri dalam kehidupan.
Menurut J.A Spork dan O. Tulippe setidaknya terdapat tiga peranan dasar geografi yaitu:
1. Geography as a synthesis.
2. Geography as the study spatial relations of phenomena.
3. Geography as the science of landuse.
disamping 3 peranan di atas masih ada satu lagi peranan geografi yang tidak kalah penting yaitu  4. Geography as a research discipline. Berikut ini penjelasan singkat untuk memahami keempat peranan tersebut.
1. Geografi sebagai suatu sintesis
Dalam ruang lingkup geografi telah dikemukakan bahwa geografi dapat menjawab pertanyaan what, where, why, when dan how terhadap suatu fenomena. Proses studi dalam rangka menjawab pertanyaan tersebut pada hakikatnya adalah suatu sintesis. Sebagai suatu sintesis, geografi dapat mengungkapkan apa yang menjadi pokok suatu penelaahan, lokasi keberadaannya, penyebab pokok penelaahan, bagaimana kualitasnya, mengapa terjadi dan bilamana terjadinya. Melalui sintesis ini kita akan dapat mengungkapkan pokok persoalan seputar fenomena geosfer, termasuk penyebarannya dalam ruang, relasinya dengan variable lain dan lain sebagainya sehingga akan menjadi suatu deskripsi utuh.
2. Geografi sebagai suatu pengkajian hubungan gejala keruangan
Peranan yang kedua ini lebih jauh dan mendalam dari sebuah sintesis di atas. Dalam mengkaji hubungan/relasi keruangan, variabel-variabel yang terkait harus diteliti dengan benar. Terjadinya suatu fenomena di atas permukaan bumi seringkali terkait dengan gejala yang timbul kemudian. Hubungan/Relasi dalam ruang yang intens dan berkelanjutan dapat mengkonstruksi suatu model/teori-teori baru. Dalam teori tersebut tentunya akan diperoleh faktor-faktor yang melandasi terjadinya relasi tersebut.
3. Geografi sebagai ilmu tata guna lahan
Pertumbuhan penduduk yang tinggi saat ini akan berpengaruh pada pendayagunaan ruang permukaan bumi itu sendiri. Kehidupan penduduk dewasa ini memerlukan peningkatan sarana  penunjang baik kualitas dan kuantitasnya. Melalui pengkajian geografi prinsip pendayagunaan ruang dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas lahan dengan meminimalisir dampak negatif serendah mungkin. Perencanaan wilayah sangat dibutuhkan untuk menekan ketimpangan sosial dan ekologis. 
4. Geografi sebagai bidang ilmu penelitian
Sebagai ilmu penelitian geografi memiliki 2 peran yaitu 1) melaksanakan penelitian untuk mengembangkan dan meningkatkan teori-teori baru dalam geografi agar isi dari keilmuan geografi semakin baik dan kredibel dalam kehidupan, 2) melaksanakan penelitian yang bersifat praktis dalam arti untuk memecahakan kepentingan kehidupan secara langsung. 

Secara teoretis peranan-peranan di atas dapat dipisahkan satu sama lain namun dalam pelaksanaannya tidak bisa dilepaskan satu sama lain karena saling berkaitan. Dalam melakukan sintesis gejala/fenomena kita harus melakukan penelitian. Untuk sampai pada suatu sintesis maka data dan informasi penelitian tadi harus dikaji hubungannya dalam ruang. 



Sumber dan Gambar:
Ahman Sya. Pengantar Geografi
Nursid Sumaatmadja. Pendekatan Geografi
BSE Geografi X
disini

0 Response to "Peranan Geografi Sebagai Sebuah Ilmu"

Post a Comment