Jenis-Jenis Peta Geologi - Geograph88

Jenis-Jenis Peta Geologi

Jenis-Jenis Peta Geologi
Apakah anda mahasiswa jurusan Geologi?Jika iya tentunya akan sangat paham mengenai peta geologi. 

Peta Geologi merupakan peta yang memberikan petunjuk tentang susunan lapisan batuan dan pada umumnya memberikan informasi tentang formasi apa saja yang ada pada daerah yang dipetakan. 

Peta Geologi sangat identik dengan peta topografi tapi peta geologi memiliki simbol-simbol yang lebih banyak. Peta geologi terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

1. Peta Geologi Permukaan (Surface Geological Map) 
Yaitu peta yang memberikan berbagai informasi geologi yang langsung terletak di bawah permukaan. Skala peta ini bervariasi antara 1: 50.000 hingga lebih besar dari itu. 

Peta jenis ini bermanfaat untuk menentukan lokasi bahan bangunan, drainase, pencarian sumber air dan pembuatan jalan.

2. Peta Singkapan (Outcrop Map)
Yaitu peta yang umumnya berskala besar dan mencatumkan lokasi ditemukannya batuan padat. 

Peta ini dapat memberikan sejumlah keterangan dari pemboran beserta sifat batuan dan kondisi strukturalnya. Peta ini digunakan untuk menentukan lokasi keterdapatan batuan tertentu.

3. Peta Ikhtisar Geologis
Yaitu peta yang memberikan informasi langsung tentang formasi-formasi yang tersingkap maupun ekstrapolasi terhadap beberapa formasi yang  masih tertutup oleh lapisan endapan Holosen.

4. Peta Struktur
Yaitu peta dengan garis-garis kedalaman yang dikonstruksikan pada permukaan sebuah lapisan tertentu yang berada di bawah permukaan.

5. Peta Isopach
Yaitu peta yang menggambarkan garis-garis yang menghubungkan titik-titik suatu formasi atau lapisan dengan ketebalan yang sama. Dalam peta ini tidak ditemukan konfigurasi struktural.

6. Peta Fotogeologi
Yaitu peta yang dibuat berdasarkan interpretasi foto udara. Peta ini harus selalu disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

7. Peta Hidrogeologi
Yaitu peta yang menunjukkan kondisi air tanah pada daerah yang dipetakan. Pada peta ini dapat diketahui lapisan kedap air dan tidak kedap air.
Contoh Peta Geologi
Simbol Geologi
Sumber:
Djauhari Noor. Geomorfologi.
disini
disini
close