Apa Yang Bisa Dikerjakan Seorang Sarjana Geografi? - Geograph88

Apa Yang Bisa Dikerjakan Seorang Sarjana Geografi?

Apa Yang Bisa Dikerjakan Seorang Sarjana Geografi?
Anda seorang Sarjana atau lulusan Program Studi Geografi?

Pastinya anda akan bertanya pekerjaan apa yang cocok nantinya bagi saya seorang geograf?. 

Sebenarnya jika ditelisik lebih dalam mengenai keilmuan geografi maka akan ada banyak pilihan pekerjaan yang potensial bagi seorang lulusan Geografi.

 Geografi sejatinya memiliki pangsa pasar kerja yang luas karena sifat ilmunya yang multidisiplin. 

Baca juga:
Bentuk permukaan bumi yang beragam
Memahami 3 pendekatan geografi di soal UN

Di Indonesia sendiri berdasarkan hasil literasi dari berbagai sumber menyebutkan bahwa di negeri ini ahli geografi masih sangat kurang padahal pembangunan wilayah Indonesia membutuhkan perencanaan wilayah yang handal dan itu salah satunya adalah tugas lulusan geografi. Berikut ini beberapa pilihan karir yang membutuhkan keilmuan Geografi:

1. Perencana Tata Kota
Geografi sejatinya mempelajari tentang wilayah termasuk kota dan perkembangannya. Perencana Tata Ruang Kota akan bekerja memetakan zonasi kota, tata guna lahan dan model pengembangannya. 

Jika anda kreatif, anda dapat berkerja bersama pengembang properti atau pejabat daerah (BAPPEDA). Jika tertarik menjadi Urban Planner maka anda harus memilih jurusan Perencanaan Wilayah agar ilmu yang anda miliki lebih dalam.

2. Kartograf
Bagi sebagian orang yang ahli pemetaan seperti Penginderaan Jauh misalnya maka profesi kartograf merupakan sebuah hal yang menarik. 

Media berita, buku, atlas dan instansi pemerintah seringkali mencari kartograf untuk membuat peta yang detail dan handal digunakan di lapangan nantinya.

3. Spesialis SIG
Pemerintah kota, daerah dan instansi pemerintah atau swasta saat ini banyak meminta bantuan pada ahli SIG berpengalaman. 

Kemampuan desain grafis komputer dipadukan dengan analisis keruangan menjadikan SIG banyak dibutuhkan berbagai perusahaan seperti tambang, minyak, atau bidang lainnya.

4. Klimatolog
Lembaga Cuaca Nasional seperti BMKG banyak sekali membutuhkan ahli-ahli di bidang meteorologi dan klimatologi handal untuk menganalisis cuaca suatu wilayah. 

Di Indonesia BMKG menyediakan sekolah khusus yang biasanya akan dibuka pendaftarannya setiap tahun. Jurusan dari SMA yang diharuskan adalah dari Ilmu Alam. 

5. Ahli Manajemen Transportasi
Peningkatan jumlah kota dan kepadatan manusia memicu berbagai persoalan sehingga akhir-akhir ini dibutuhkan seorang ahli manajemen transportasi untuk mengurai masalah tersebut. Namun nampaknya di Indonesia profesi ini masih langka dan masih belum begitu diperhatikan.

6. Ahli Lingkungan
Di tengah modernisasi sekarang diperlukan ahli-ahli handal di bidang lingkungan untuk menganalisa dampak suatu proyek tertentu bagi lingkungan. 

Instansi-instansi dan perusahaan swasta jika mereka memiliki sifat arif maka akan merekrut ahli lingkungan untuk mengkaji dampak kegiatan yang akan diakibatkan kegiatan mereka. Hal tersebut diperlukan untuk meminimalisir terjadinya bencana lingkungan di masa depan.

7. Penulis/Peneliti
Selama kuliah jika anda rajin maka kemampuan menulis dan meneliti mutlak dikuasai. Anda dapat menjadi penulis buku atau penulis freelance di situs-situs terkenal jika kemampuan geografi anda sangat baik. Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai daerah kemudian menuliskannya dalam sebuah catatan dan nanti dibukukan. 

8. Guru/Dosen Geografi
Menjadi seorang guru geografi handal di sekolah atau menjadi dosen geografi bergelar profesor mungkin akan menarik bagi anda.  

Menjadi seorang guru atau dosen akan memberikan ruang bagi anda untuk mengeksplore lebih dalam mengenai ilmu geografi secara menyeluruh dengan metode penelitian yang relevan.

9. Manajemen Kebencanaan
Di Indonesia bencana khususnya bencana geologi, meteorologi dan sosial sering terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka dibutuhkan seorang yang siap berkutat dengan bencana baik sebelum maupun ketika bencana terjadi. 

Setiap daerah di Indonesia memiliki kerentanan bencana yang berbeda sehingga memerlukan ahli di tiap daerahnya.

10. Demographer
Bagi yang menyukai hal-hal bersifat data penduduk seperti grafik pertumbuhan, sex ratio, dependency ratio, angka migrasi, maka tidak ada salahnya anda bekerjasama dengan instansi daerah untuk menganalisa prakiraan penduduk di masa depan. Anda nanti bisa terlibat dalam survey-survey yang berkaitan dengan aspek-aspek kependudukan.

11. Diplomat
Setiap negara di bumi memiliki perwakilannya masing-masing di luar negeri dan kandidat yang paling cocok untuk mengisi pos tersebut adalah seorang Geograf. 

Anda akan ditugaskan bertahun-tahun di negara tujuan untuk membangun relasi bilateral dan bisa sambil jalan-jalan melihat negara lain.

12. Marketing
Anda yang ahli geografi sebenarnya memiliki kapasitas besar jika bekerja di bidang marketing. Pemasaran suatu produk membutuhkan analisa geografis yang baik agar nantinya jumlah pelanggan akan bertambah. 

Hal ini mungkin sedikit disadari oleh masyarakat. Jika anda ingin menjadi ahli marketing handal anda bisa mencoba membuat pemetaan wilayah pemasaran di kala senggang kemudian melakukan analisa lebih jauh. 

13. Pustakawan
Wawasan anda di bidang geografi dapat digunakan dalam profesi pustakawan. Tentunya profesi ini harus ditunjang dengan fasilitas yang baik seperti museum di luar negeri yang tertata rapi.

14. Petugas Taman Nasional
Profesi ini sangat cocok bagi geograf yang tidak betah kerja di kantor dan selalu ingin bekerja di luar. Indonesia memiliki banyak Taman Nasional dan hal tersebut merupakan peluang bagi anda yang menyukai profesi ini. 

Sambil menjelajah alam anda bisa menganalisa setiap perubahan yang terjadi dan membuat analisa keruangan.

15. Penasehat Real Estate
Mungkin profesi ini sangat jarang sekali namun seorang pengembang real estate membutuhkan data-data keruangan (peta, foto udara, topografi, jaringan jalan dll) yang mumpuni agar proyek yang akan dikerjakan nantinya tidak rugi. 

Data-data keruangan tersebut hanya ada pada seorang geograf. 

Itulah beberapa pilihan profesi yang berkaitan dengan ilmu Geografi. Jika semua profesi tersebut banyak diserap di berbagai daerah maka pembangunan wilayah di Indonesia pasti akan berjalan lebih baik dan handal. Baca juga: Fokus geografer di jaman now
Peneliti geografi sedang bekerja
Baca juga: Menghitung kelembaban relatif
Referensi dan Gambar:
disini
close