Juni 2015 - Geograph88
Teknik Apersepsi Dalam Pembelajaran di Kelas

Teknik Apersepsi Dalam Pembelajaran di Kelas

Tahun ajaran baru sudah di depan mata dan sekolah-sekolah sudah mulai sibuk untuk menyambut anak didik baru yang bersemangat mengeyam pendidikan. 

Kesan pertama ketika menyambut siswa dan siswi baru di sekolah tentunya harus baik agar mereka antusiasi dan bersemangat untuk memulai sekolah. 

Khusus dalam postingan kali ini saya akan membagikan salah satu teknik appersepsi yang baik dalam memulai kegiatan pembelajaran. 

Rekan-rekan guru seluruh Indonesia tentunya sudah mengetahui bahwa kegiatan belajar di kelas mencakup 3 kegiatan yaitu pembukaan/appersepsi, kegiatan inti dan penutup/refleksi. 

Ketiga kegiatan tersebut sudah harus dirancang matang-matang beberapa hari sebelum kegiatan belajar berlangsung agar guru tidak bingung nantinya di kelas dan selalu berakhir dengan "Ya kerjakan tugas halaman sekian, nanti dikumpul di keuta kelas" misalnya.

Appersepsi merupakan kegiatan pembuka pada saat belajar dan berfungsi untuk mengontrol keadaan kelas sebelum belajar.
Kontrol kelas artinya: 

1. Mengetahui apa yang harus anda lakukan
2. Menyampaikan peraturan kelas/kegiatan belajar
3. Mengetahui tanggung jawab anda pada saat itu di kelas

Konsekuensi dari kontrol kelas adalah adanya standar kegiatan pembukaan kelas dan penutupan kelas. 

Jadi tidak boleh guru masuk kelas langsung duduk lalu tiba-tiba menjelaskan materi.  Prosedur pembukaan kelas antara lain sebagai berikut:
1. Guru memasuki kelas
2. Semua siswa berdiri 
3. Ketua kelas memimpinsalam dan doa
  • Ketua kelas berkata: "stand up, please".
  • Ketua kelas berkata: "say salam"
  • Ketua kelas berkata: "let's pray together"
4. Ketua kelas meminta seluruh siswa kebmali duduk dengan berkat: "sit down please"

Hal yang harus diperhatikan oleh guru ketika ritual di atas dilakukan antara lain:
1. Pastikan bahwa situasi kelas memang sudah siap dan tidak ada siswa yang melakukan kegaduhan atau hal lainnya. Jika ada siswa yang seperti itu maka guru berhak menegur untuk diam. Jangan terburu-buru melakukan ritual no 3 di atas sampai SEMUA semua siswa siap.
2. Guru boleh meminta siswa untuk mengulang kembali salam atau doa bila terlihat ada siswa yang tidak melakukan salam atau doa, atau tidak serempak melakukannya. Hal ini untuk menumbuhkan sikap kerja sama dan tolerasi di antara siswa. 

Itulah contoh kegiatan appersepsi di kelas. Bagaimana?tertarik untuk melakukannya di kelas anda?. Jika hal ini dibiasakan maka yakinlah anak-anak Indonesia akan memiliki sikap seperti anak-anak di negara maju ketika di kelas. Baca juga: 3 kompetensi wajib seorang guru

Gambar:
disini
Makna Bulan Ramadan: Continuous Improvements

Makna Bulan Ramadan: Continuous Improvements

Judul di atas nampaknya sangat keren bagi saya yang ukuran blogger kelas amatir namun apa boleh buat, kata tersebut malam ini masih terpatri di kepala saya. 

Mengapa? Karena seharian ini tim guru di sekolah kami sedang melakukan rapat kerja membahas strategi sekolah untuk satu hingga beberapa tahun ke depan dan salah satu hal yang sering ditangkap oleh saya ketika rapat adalah kata tersebut yairu Continuous Improvement. 

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebihnya yaitu "Peningkatan yang berkelanjutan". 

Lalu apa hubungannya dengan postingan kali ini. Sebagai seorang guru saya hanya ingin mencoba berbagai khususnya mengenai Bulan Ramadhan yang sedang kita jalani saat ini. 

Bukan bermaksud menggurui namun tentunya bisa kita introspeksi sama-sama.
Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan maka setiap tahun selalu dinanti oleh kaum muslim di dunia. 

Lalu apa fungsi sebenarnya dari Ramadan?. Coba kita sejenak perhatikan hal-hal berikut yang mungkin saja fenomena tersebut terjadi di sekitar anda.

1. Solat tarawih selalu penuh di hari pertama ramadan setelah itu sepi.
2. Sepuluh hari terakhir ramadan orang lebih suka memadati mall atau pusat perbelanjaan untuk belanja keperluan lebaran dibanding ke masjid.
3. Ada segelintir orang yang menganggap idul fitri merupakan "hari kemerdekaan" lalu sering muncul berita pesta miras sampai akhirnya ke kuburan alias mati.
4. dan lainnya

Saya melihat hal tersebut berdasarkan pengalaman yang saya amati dan rasakan dari dulu hingga sekarang. Lalu apakah fenomena tersebut merupakan bagian dari fungsi bulan Ramadan?.

 Saya pikir tidak tepat rasanya dan sia-sia Ramadan kita jalani dengan hal-hal diatas (semoga kita tidak demikian). 

Ramadan merupakan waktu yang sangat-sangat luar biasa istimewa bagi kaum muslim karena di bulan inilah Allah menurunkan seluruh rahmat karunia dan kasih sayangnya ke muka bumi. 

Kita sebagai mahluk ciptaannya tentunya harus menyambut kasih Allah SWT dengan perbuatan dan ibadah yang menunjukkan cinta kita kepadaNya. 

Muslim yang lulus dalam bulan Ramadan pada saat idul fitri akan berusaha untuk meresapi makna ramadan dan melaksanakan ibadah-ibadah yang sering dilakukan pada saat Ramadan di bulan-bulan berikutnya. 

Artinya semangat ramadan tetap terjaga pada bulan-bulan selanjutanya. Tadarus, solat tahajjud (pengganti tarawih), puasa sunnah (pengganti puasa Ramadan), menjaga lisan, nafsu dan sedekah akan terus diaplikasikan di bulan-bulan selanjutnya. 

Itulah yang diharapkan dari adanya bulan Ramadan dalam Islam yaitu Continuous Improvements. Jadi mari kita jalani ramadan ini dengan sebaik-baiknya dan terus menjaga semangatnya di bulan berikutnya agar kita menjadi pribadi yang benar-benar tangguh dan dapat menjadi pejuang kemanusiaan sesuai dengan tutunan Islam. Amin

Masih banyak pekerjaan rumah para penerus bangsa seperti kemiskinan, korupsi, ketidakadilan, keserakahan, dan hal lain yang masih harus kita perbaiki di negeri ini. Ibadah bukan hanya sebatas solat, puasa, atau  ritual lain namun memberantas korupsi, kemiskinan, keserakahan merupakan ibadah lain yang seringkali terpinggirkan dan dirasa tidak penting padahal jika kita melakukan hal kotor tersebut, sebaik apapun solat, puasa, zakat kita maka tidak akan ada gunanya di mata Allah. 

Jadi mari kita jalani ramadan ini dengan semangat continuous improvements agar bangsa Indonesia kembali kepada fitrahnya sebagai bangsa yang berbudi luhur, saling menyayangi dan berkeadilan sosial sesuai amanat Pancasila.

Gambar:
Menu Buka Puasa: Resep Es Kacang Merah dan Es Singapura

Menu Buka Puasa: Resep Es Kacang Merah dan Es Singapura

Bulan Ramadan telah tiba dan saatnya memanfaatkan bulan yang mulia ini untuk meningkatkan ibadah kita. 

Salah satu ibadah wajib di bulan ini adalah puasa yang tentunya bagi yang mampu. Kali ini saya akan mencoba membagi resep buka puasa khususnya tajil atau menu pembuka. 

Biasanya menu pembuka puasa adalah minuman karena selama sehari penuh kita menahan lapar dan haus dan sudah tentu tubuh akan mengalami dehidrasi. 

Salah satu menu minuman yang patut anda coba di rumah adalah Es Singapura dan Es Kacang Merah. 

Jika membuat kolak pisang atau es campur mungkin sudah biasa namun resep kali ini bisa menjadi alternatif menu buka puasa anda.

ES SINGAPURA (untuk 4 gelas)
Bahan
  • Sirup merah/cocopandan 200 ml
  • Jelly 200 g
  • Biji selasih (rendam air panas) 2 sdm
  • Air jeruk lemon 2 sdm
  • Air 500 ml
  • Es batu secukupnya
Cara Pembuatan
1. Siapkan gelas saji lalu tuang sirup.
2. Masukan jelly dan biji selasih
3. Tambahkan air jeruk lemon, air dan es batu sambil diaduk rata
4. Es Singapura siap disajikan

Tips:
  • Jika suka, bisa menambhkan kolang-kaling atau nata de coco
  • Sirop bisa diganti dengan gula cair



ES KACANG MERAH (untuk 4 gelas)
Bahan
  • Kacang merah kalengan 200 g
  • Santan kental (dari satu butir kelapa) 200 ml
  • Sirup merah cocopandan 200 ml
  • Es batu serut secukupnya
  • Susu cair 150 ml
Cara pembuatan
1. Susun kacang merah di gelas saji
2. Tuang santan dan sirop. Masukkan es batu dan tambahkan susu.

Tips
  • Kacang merah kalengan bisa diganti dengan kacang emrah segar yang direbus dahulu
  • Jika suka bisa ditambah kelapa muda dan alpukat 

Bagaimana?menarik bukan menu buka puasa di atas. Tentunya patut anda coba di rumah. 

Sumber dan Gambar:
Proses Siklus Karbon

Proses Siklus Karbon

Semua unsur kehidupan di Bumi ini tidak terlepas dari yang namanya "Karbon". Karbon terdapat di lautan, udara, mahluk hidup bahkan batuan. 

Karena bumi merupakan planet yang dinamis maka karbon tidak diam di satu tempat melainkan terbentuk sebuah siklus yang dinamakan siklus karbon. 

Di atmosfer, karbon terdapat pada beberapa oksigen dalam gas karbon dioksida (CO2). Tumbuhan membutuhkan kabron dioksida dan matahari dalam proses pertumbuhannya khususnya fotosintesis. 

Dengan demikian karbon menjadi bagian dari tumbuhan. Tumbuhan yang mati dan terkubur dalam tanah akan menjadi bahan bakat fosil yang terbuat dari karbon seperti batubara dan minyak bumi dalam waktu jutaan tahun. 

Ketika manusia membakar bahan bakar fosil, banyak unsur karbon yang keluar ke atmosfer dalam bentuk karbon dioksida.

Karbon dioksida adalah salah satu gas efek rumah kaca yang bertugas menahan panas di atmosfer. 

Tanpa karbon dioksida dan efek rumah kaca, bumi akan menjadi planet yang beku dan tidak akan ada mahluk hidup yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik seperti sekarang. 

Tapi sejak manusia mendominasi bumi, aktivitas pembakaran bahan bakar fosil seperit pada pabrik dan kendaraan telah menghasilkan banyak emisi karbon dioksida ke atmosfer. 

Sekarang ini konsentrasi CO2 di atmosfer 30% lebih banyak dibanding 150 tahun lalu dan Bumi akan semakin memanas dan menghasilkan fenomena Global Warming. 

Global warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi dalam beberapa dekade terakhir. Global warming menyebabkan berbagai dampak seperti perubahan gejala cuaca dan iklim. 

Perubahan cuaca dan iklim tersebut akan mengakibatkan berbagai dampak lanjutan seperti kekeringan, bencana badai siklon, kemiskinan, hilangnya mata air, melelehnya es di kutub dan lain sebagainya. 

Salah satu cara untuk mengurangi konsentrasi gas CO2 adalah dengan menaman tumbuhan. Jadi mari kita menanam pohon di lingkungan kita agar gas CO2 tidak meningkat lagi.
Siklus Karbon
Sumber dan Gambar:
Beasiswa S2 dan S3 di Polandia 2015

Beasiswa S2 dan S3 di Polandia 2015

Bagi anda yang sedang berburu beasiswa Master dan Doktor alias S2/S3 di luar negeri maka info ini mungkin sedikit bermanfaat. 

Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta membuka beasiswa Ignacy Tukasiewicz Scholarship Program tahun penerimaan 2015/2016. Sebelum perkuliahan dimulai akan dilakukan kursus persiapan terlebih dahulu.

Jumlah beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah penuh, akomodasi dan biaya hidup sejumlah 1.350 PLN per bulan.

Beasiswa ini merupakan program kerjasama dengan negara berkembang penerima Komite Bantuan Pembangunan dari Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD DAC). Tawaran beasiswa ini terutama untuk warga negara berikut:

1. Angola
2. Ethiopia
3. Indonesia
4. Kenya
5. Kolombia
6. Meksiko
7. Myanmar
8. Mongolia
9. Mozambik
10. Nigeria
11. Afrika Selatan
12. Senegal
13. Tanzania
14. Vietnam
Bagi anda yang berminat silahkan mengirim formulir dengan ijasah S1 atau setara, transkrip dari nilai semester akhir, abstrak (1-2 halaman ukuran A4) dari bahan tesis yang akna diusulkan, foto dengan format paspor, salinan surat keterangan sehat untuk melanjutkan studi di luar negeri.
Kirim dokumen lengkap paling lambat tanggal 21 Juni 2015 ke alamat berikut
dzakarta.amb.sekretariat@msz.gov.pl
dan juga melalui pos ke Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Jl. Rasuna Said Kav X, Blok IV/3, Jakarta 12950, Kuningan, Jakarta Selatan

Daftar Peguruan Tinggi dapat dilihat di alamat berikut
klik disini
Formulir Pendaftaran dapat diunduh di tautan berikut
klik disini


Sumber:
dikti
Ciri Khas Banjarmasin

Ciri Khas Banjarmasin

Sudah lebih dari tiga tahun saya hijrah dan mencari nafkah di Banjarmasin dan banyak hal baru dan unik yang saya temui di kota ini.

Sebelumnya, dulu ketika baru lulus kuliah saya tidak pernah berfikir untuk berkerja di luar Jawa namun ternyata takdir yang Maha Kuasa yang berbicara. 

Saya tidak tahu sampai kapan saya berada di kota ini, bisa setahun lagi, dua tahun lagi, sepuluh tahun lagi atau bahkan selamanya disini. 

Untuk menambah wawasan anda yang ingin mencoba traveling atau berwisata ke Banjarmasin, berikut ini saya berikan ciri-ciri unik yang saya temui selama saya di sini.

 Mungkin hal-hal yang saya sebutkan di bawah ini hanya sekelumit saja dari banyak hal lain yang lebih menarik namun tentunya bisa jadi referensi anda atau bahan bacaan penambah wawasan.

Salah Satu Sudut Banjarmasin
1. Banjarmasin berada di atas air tepatnya rawa. Jadi kota ini dibangun di atas air bro. Bangunan di sini berbentuk panggung tapi jangan disamakan dengan yang di Sunda atau Padang. 

Disini karena lahannya air maka pondasi harus berupa tiang-tiang paku (bisa kayu atau beton). Kalau rumah banyak yang bawahnya pakai kayu ulin sedangkan rumah elite atau ruko, hotel pakai paku beton.

2. Daerah Banjarmasin bertipe flat alias datar tanpa dataran tinggi. Jadi jika anda dari bandara Syamsudin Noor menuju kota maka sepanjang jalan daerahnya sama, dataran rendah berawa gambut.

3. Di Banjarmasin banyak tukang pentol alias baso tusuk (kalau di Sunda seperti Cilok). Tukang pentol ini kebanyakan berasal dair Jawa Timur dan Madura. 

Di tiap sudut kota atau di pinggir jalan anda pasti akan menemu tukang pentol yang memakai sepeda. Anda jangan salah, pendapatan tukang pentol paling sedikit antara 3 jutaan, itu baru pedagangnya bukan bosnya.

4. Di Banjarmasin sangat susah sekali mencari warung makan yang menyedikan menu sayur bening. Karena saya besar di Jawa, maka ketika pertama kali ke sini sangat repot sekali jika ingin sayur bening karena tidak ada yang menjual. 

Orang sini kebanyakan suka makan ikan, lalapan, sate dan sop jadi tidak suka sayur bening. Anda harus masak sendiri jika mau makan sayur bening di rumah.

5. Saus Warna Merah. Nah ini yang masih saya bingung, yaitu saus yang digunakan orang Banjarmasin memiliki warna yang merah sekali dan membuat saya merasa takut. 

Mau makan bakso, mie ayam, nasi goreng, pasti sausnya merah dan darimana merah tersebut didadapat saya tidak tahu. J

ika di Jawa warna merah saus biasanya standar saja namun disini merah seperti bendera Indonesia bro. Sehat atau tidaknya saya tidak tahu tapi anda lihat saja sendiri.

6. Terlalu lama lampu sen nyala akan diingatkan warga. Jika anda pakai motor atau mobil kemudia lampu sen anda menyaa terus maka pasti akan ada pengemudi lain yang memperingatkan anda disini. dengan kode tangan. Di Jawa saya tidak pernah menemukan hal ini

7. Cuaca di Banjarmasin sangat panas menyengat. Saya sendiri kadang malas keluar rumah di siang  hari jika tidak terlalu penting karena panasnya poll dahsyat bisa bikin dehidrasi.

8. Banjarmasin banyak dilintasi sungai-sungai dari sungai kecil dan sungai besar. Anda bisa lihat orang-orang sini menggunakan perahu untuk berlalu-lintas.

9. Jembatan di sini tidak rata. Entah mengapa saya melihat jembatan-jembatan di kota ini tidak memiliki tektur yang lembut seperti di daerah lain pada umunya. 

Jadi jika anda pakai motor matic pasti jika lewat jembatan seperti lewat polisi tidur dengan sudut lancip jadi pasti bokong dan pinggang sakit. 

Saya tidak mengerti mengapa konstruksi jembatan di sini seperti itu, apa karena sengaja atau karena penurunan tanah. Tapi yang jelas sangat tidak enak melintasinya.

10. Kota Banjarmasin memiliki tata kota yang kumuh (secara umum). Anda bisa lihat banyak bangunan kayu tanpa MCK dan sampah di beberapa sudur sungai. Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat.

11. Di kota ini sangat sulit mencari tempat wisata alam/buatan dan kebanyakan adalah main ke mall atau ke taman sisi sungai yang baru dibangun.

Itulah beberapa ciri Banjarmasin dan masih banyak sebenarnya yang bisa diceritakan. Nanti lain kali saya tambah lagi. Selamat berwisata di Banjarmasin.

Gambar:
Bahaya Membuat Soal Sulit Bagi Siswa

Bahaya Membuat Soal Sulit Bagi Siswa

Tes berkualitas = Tes yang dapat dikerjakan

Jika anda seorang guru, apakah anda terkejut dengan kata di atas?.Apakah anda sering membuat soal ulangan yang  er sulit bagi siswa?. 

Sedikit pencerahan berikut mungkin bisa membantu kita menjadi guru yang lebih baik lagi ke depannya.

Jika soal tes yang dibuat oleh seorang guru diujikan kepada siswa dan kebanyakan siswa tidak berhasil mengerjakannya sesuai dengan standar ketuntasan, dapat diartikan bahwa soal yang dibuat oleh guru tersebut berkualitas rendah. 

Konsep ini pasti mengejutkan banyak guru pembuat soal yang punya hobi membuat soal yang sulit. masih banyak guru yang beranggapan soal yang sulit adalah soal yang baik. Pandangan ini harus diluruskan. 

Cara tepat untuk membuat tes yang berkualitas adalah model open book, dengan cara ini, guru akan mengubah konten soal dari yang sulit menjadi soal yang menantang. Dengan open book, tidak mungkin guru akan membuat soal seperti ini:
  • Tahun berapakah perang diponegoro terjadi?
  • Sebutkan urutan proses pernapasan?
  • Sebutkan tingkatan-tingkatan lapisan atmosfer bumi beserta karakteristiknya?
  • Sebutkan perkiraan jarak antara bumi dan matahari?
Apabila soal tadi diberikan kepada siswa dengan model open book, dapat dipastikan semua akan menjawab dengan benar. Guru akan tertantang untuk membuat soal dengan taksonomi bloom tingkat tinggi, seperti berikut:
  • Mengapa pangeran diponegoro memutuskan untuk menyerah kepada Belanda?
  • Apa yang terjadi dalam proses pernapasan, apabila seseorang punya kebiasaan merokok?
  • Apa yang akan terjadi jika lapisan mesosfer hilang?
  • Apakah ada kemungkinan jarak matahari dan bumi berubah? Apa yang terjadi seandainya jarak matahari dan bumi lebih dekat atau sebaliknya, lebih jauh daripada jarak saat ini?
Terlihat jelas perbedaan model soal yang pertama dan kedua, soal model kedua sangat menantang siswa untuk dikerjakan. Meskipun dengan open book, daya kritis dan analisis akan sangat berperan dalam mencari jawabannya. 

Oleh sebab itu sudah saatnya kita mengubah model pertanyaan lebih ke arah mengasah daya nalar. Dengan demikian siswa akan dapat mengemukakan pendapat sebebas-bebasnya dan nantinya akan ditemukan kesimpulan yang lebih tepat. 

Mari kita membuat pertanyaan yang mengasah siswa agar tidak hanya sekedar "tahu" akan sesuatu fenomena tapi "bagaimana" cara memperlakukan sesuatu tersebut agar terciptany kehidupan yang lebih baik.



Sumber dan Gambar
Munif Chatib. Sekolahnya Manusia
Cabang Ilmu Filsafat

Cabang Ilmu Filsafat

Apakah anda seorang penyuka ilmu filsafat?. Jika iya maka sedikit postingan berikut akan bermanfaatan bagi anda. 

Filsafat merupakan suatu cara memandang sebuah kebenaran yang bersumber dari panca indera (maaf mengartikan sendiri, namanya juga belajar menalar). 

Dalam filsafat dikenal cabang-cabang filsafat diantaranya logika, epistemologi, etika, estetika dan metafisika.
1. Logika
Logika merupakan cabang filsafat yang menyelidiki lurus tidaknya suatu pemikiran kita. Lapangan dalam logika adalah asas-asas yang menentukan pemikiran yang lurus, tepat dan sehat. 

Dengan mempelajari logika diharapkan seseorang akan dapat menerapkan asas bernalar sehingga dapat menarik kesimpula ndengan tepat. 

Persoalan-persoalan logika antara lain apa yang dimaksud dengan pengertian?apa yang dimaksud dengan penyimpulan?Apa aturan-aturan untuk dapat menyimpulkan secara lurus?Sebutkan pembagian silogisme?.

2. Epistemologi
Epistemologi merupakan bagian filsafat yang menerangkan tentang terjadinya pengetahuan, sumber pengetahuan, asal mula pengetahuan, batas-batas, sifat, metode dan kesahihan pengetahuan. 

Contohnya dalam filsafat ilmu yaitu mempelajari tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan bagaimana cara mendapatkannya. 

Dengan belajar epistemologi dan filsafat ilmu diharapkan dapat membedakan antara pengetahuan dan ilmu serta mengetahui kebenaran suatu ilmu itu ditinjau dari isinya. 

Persoalan dalam epistemologi diantaranya bagaimanakah manusia dapat mengetahui sesuatu?Darimana pengetahuan itu diperoleh?

3. Etika
Etika adalah cabang filsafat yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan baik-buruk. 

Etika dapat membantu kita mengetahui dan memahami tingkah laku apa yang baik menurut teori-teori tertentu. 

Jadi objek material etika adalah tingkah laku atau perbuatan manusia yang dilakukan secara sadar dan bebas. 

Objek formal etika adalah kebaikan dan keburukan. Contoh persoalan yang berkaitan dengan etika diantaranya Bagaimana peranan hati nurani dalam setiap perbuatan manusia?

4. Estetika
Estetika merupakan cabang filsafat yang membicarakan tentang keindahan. Objek dari estetika adalah pengalaman akan keindahan. 

Dengan belajar estetika diharapkan dapat membedakan antara estetika filsafat dan estetika ilmiah, teori-teori keindahan, definisi seni, nilai seni dan teori penciptaan dalam seni. 

Persoalan yang berkaitan dengan etika misalnya Bagaimana hubungan antara keindahan dengan kebenaran?

5. Metafisika
Metafisika merupakan cabang filsafat yang membicarakan tentang yang ada. Metafisika membicarakan sesuaru di balik yang tampak. 

Dengan belajar metafisika maka seseorang akan mengenal Tuhannya. Perosalan metafisis dibagi tiga yaitu ontologi, kosmologi, dan antropologi. 

Contoh persoalan metafisika antara lain apakah ruang dan waktu itu?manusia sebagai mahluk bebas atau tidka bebas?

Itulan cabang filsafat dan saya yakin bagi para pemula seperti saya akan rumit sekali mencernanya. Saya kagum pada dosen filsafat yang bisa menjelaskan tentang hal-hal tersebut.

Sumber dan gambar:
Pola Gerakan Angin Monsun

Pola Gerakan Angin Monsun

Pernahkah anda mendengar kata angin monsun?. Angin monsun dalam bahasa Indonesia sering juga disebut sebagai angin musim. 

Pola iklim khususnya curah hujan di Indonesia angat dipengaruhi oleh pergerakan angin monsun ini. 

Lalu bagaimanakah proses terbentuknya angin monsun dan kapan angin tersebut bergerak?berikut ini penjelasannya.

Pada saat musim panas di BBU (Belahan Bumi Utara), suhu udara di daratan Eropa dan Asia menjadi  panas.  Udara di atas daratan tersebut mendapat pemanasan yang lebih banyak dari perairan di daerah sekitarnya, yang menyebabkan Palung Tekanan Rendah Khatulistiwa dan ITCZ bergeser ke arah utara  hingga mencapai sekitar wilayah India dan  Cina bagian Selatan. 

Akibatnya dari dareah sabuk tekanan tinggi BBS (Belahan Bumi Selatan) akan mengalir angin dari arah Tenggara menuju daerah ITCZ, dibelokkan ke arah kanan oleh gaya Coriolis pada saat melintasi khatulistiwa, dan membentuk daerah angin monsun baratan pada daerah yang terletak antara khatulistiwa dan ITCZ. 

Demikian juga halnya, pada saat musim panas di BBS, pemanasan yang terjadi di atas daratan Benua Australia menyebabkan pergeseran letak ITCZ bergeser ke arah selatan melintasi wilayah Indonesia.



Di daerah yang iklimnya dipengaruhi oleh pola peredaran monsun,  arah angin terbanyak/dominan yang bertiup pada periode musim hujan berlawanan arahnya dengan arah angin terbanyak/dominan  yang  bertiup pada periode musim kemarau. 


Misalnya, untuk wilayah Indonesia sebelah selatan, musim hujan jatuh pada periode musim angin barat (monsun barat), sedangkan musim kemarau jatuh pada periode angin timur (monsun timur).  


Perubahan arah angin yang terjadi pada periode musim hujan dan musim kemarau tersebut terjadi seiring dengan pergeseran posisi Palung Tekanan Rendah Khatulistiwa dan ITCZ  dari utara ke selatan, kemudian ke utara lagi, demikian seterusnya sepanjang tahun. 

Pada periode antara bulan Nopember – Pebruari,  hampir di sebagian besar wilayah  Indonesia  didominasi oleh  angin dari arah Barat Laut yang lembab,  sehingga menyebabkan  banyak terjadi hujan  pada periode tersebut, walaupun pada kenyataanya untuk daerah-daerah yang terletak di sebelah selatan daerah pegunungan mendapat curah hujan yang lebih sedikit dibandingkan dengan daerah yang terletak di bagian barat. 


Sedangkan mulai bulan April, aliran udara yang relatif lebih kering mengalir dari arah selatan, menjadi angin timuran ketika melintasi wilayah Indonesia, menandai datangnya awal musim kemarau di wilayah Indonesia, yang dapat berlangsung hingga bulan Nopember untuk wilayah Indonesia  bagian  selatan-tenggara. 

Sumber dan Gambar:
Pengalaman Ajukan Pinjaman Kredit BNI Fleksi

Pengalaman Ajukan Pinjaman Kredit BNI Fleksi

Saat ini kebutuhan manusia semakin banyak di tengah inflasi yang cepat. Bagi pegawai yang memiliki honor pas-pasan seperti saya, maka mengajukan pinjaman ke bank adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Terus terang saya sedang membangun rumah dan membutuhkan dana segar lalu saya memutuskan untuk meminjam ke bank. 

Inilah salah satu strategi dari "the power of kepepet" dan saya kali ini dengan berat hati juag sebenarnya melakukannya. 

Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman mengajukan pinjaman kredit BNI Fleksi semoga bisa membantu memberikan pencerahan bagi pembaca yang ingin mengikuti jejak saya juga. 

Setelah dilihat-lihat, bunga bank yang diberikan ternyata cukup ringan dan bersifat flat lalu proses prosesnya tidak terlalu ribet. 

BNI FLeksi adalah salah satu program fasilitas kredit tanpa agunan yang digulirkan BNI untuk mengatasi berbagai macam kebutuhan hidup. 

Kebetulan pada bulan ini suku bunga kredit BNI sedang turun jadi nominal cicilan berkurang cukup banyak dibanding bulan sebelumnya. 

Jadi jika anda punya analisa pergerakan bunga bank di Indonesia, anda bisa memperkirakan pada bulan kapan suku bunga cenderung turun.

Berikut ini persyaratan kredit BNI Fleksi

1. Persyaratan Pemohon
  • Pemohon berstatus sebagai pegawai aktif antara lain Pegawai Negeri, Pegawai BUMN/BUMD, Pengawas Perusahaan Swasra dalam Negeri maupun Asing dan Pegagwai Multinational Company.
  • Usia pemohon pegawai aktif minimal 21 tahun (usia 55 tahun kredit harus lunas). Untuk pegawai negeri yang masa pensiun diatas 55 tahun (guru besar, dosen, peneliti) maka jangka waktu BNI Fleksi dapat disesuaikan dengan masa pensiun.
  • Memiliki masa kerja sebagai pegawai tetap aktif minimal 2 tahun.
  • Memiliki penghasilan tetap sebesar 2.500.000 rupiah.
  • Besarnya angsuran (pokok+bunga) per bulan maksimal ditetapkan berdasarkan tiering total penghasilan debitur maksimal 60% dari penghasilan. (bulan sebelumnya 50%).
2. Persyaratan Administrasi
  • Mengisi aplikai/formulir permohonan.
  • Foto Copy KTP suami/isteri, kartu keluarga, surat nikah, foto suami+isteri.
  • Asli slip gaji pemohon 3 bulan terakhir.
  • rekening koran/tabungan payroll 3 bulan terakhir.
  • Foto Copy surat keterangan masa kerja dari atasan.
  • Foto Copy SK pengangkatan pegawai terakhir
  • Ijasah terakhir.
  • Surat pernyataan tidak memindahkan gaji payroll BNI sampai kredit lunas.
  • Foto Copy NPWP
Anda tinggal membawa persyaratan tersebut ke Bank BNI lalu kemudian mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Bank. 

Setelah itu pihak bank akan memverifikasi data calon nasabah dan bila tidak ada tanggungan lain seperti misal kartu kredit, cicilan motor, mobil, rumah atau lainnya maka dana kredit bisa cair. Jadi intinya sebelum mengikuti program ini usahakan tidak ada tanggungan lain di rekening BNI anda. 

Potongan cicilan akan langsung lewat rekening setiap akhir bulan. Biaya lain yang dibebankan kepada nasabah BNI Fleksi adalah biaya pendaftaran 100.000 rupiah dan biaya profisi sebesar 1% dari jumlah kredit yang akan diajukan.

Jangan lupa siapkan juga materai satu buah untuk surat pernyataan. Berikut ini tabel rincian kredit Fleksi BNI yang saya ajukan bulan ini dan setiap bulan bunga akan fluktuatif dan memengaruhi jumlah cicilan. Semoga bermanfaat.
Manfaat Bertanya dalam Belajar

Manfaat Bertanya dalam Belajar

Apakah anda sering bertanya di kelas ketika belajar berlangsung?.

Atau apakah anda pernah bertanya para diri anda sendiri tentang suatu hal?. 

Banyak orang yang menganggap bahwa banyak bertanya itu disangka "KEPO", padahal pada dasarnya pengetahuan selalu diawali dari bertanya. Issac Newton menemukan teori gravitasi awalnya dari mengamati kemudian bertanya pada diri sendiri "mengapa apel jatuhnya ke bawah tidak ke atas?". 

Dalam konteks belajar di sekolah, melalui bertanya siswa akan mampu menjadi pemikir yang handal dan mandiri. 

Mereka dirangsang untuk mampu mengembangkan ide dan pengujian baru yang inovatif, mengembangkan metode dan teknik bertanya, bertukar pendapat dan berinteraksi. 

Proses pembelajaran memungkinkan untuk dapat mengembangkan kebebasan mengeluarkan aspirasi, berupa pertanyaan dan jawaban baik siswa maupun guru bahkan menguji suatu ide atau teori maupun praktik penyelenggarannya sesuai dengan fakta dan penalaran. 

Hal ini akan membantu untuk membentuk pola pikir ilmiah. Pertanyaan dapat memicu timbulnya kegiatan belajar. Manfaat emngajukan pertanyaan antara lain:

1. Memperluas wawasan berfikir.
Jika seseorang selalu menerima ide atau teori tanpa mempertanyakan maka pengetahuannya terbatas pada apa yang diterima semata. 

Tapi jika bertanya dan mempertanyakan tentang hal tersebut maka akan mendapatkan lebih banyak penjelasan bahkan dapat dihubungkan dengan teori lain. 

Selanjutnya mungkin siswa yang bersangkutan dapat mengasosiasikan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dengan ide atau teori yang sedang dibahas.

2. Mengundang reinforcement (penguatan)
Pada umumnya seorang siswa merasa puas jika ia mengetahui bahwa jawaban yang dikemukakan untuk menjawab pertanyaan guru disetujui atau pertanyaan yang diajukan relevan dan dapat mengundang pembahasan lebih lanjut. 

Guru sepatutnya menunjukkan sikap setuju itu dengan ucapan, anggukan atau kerlingan mata (gestur)

Hal ini dapat dirasakan sebagai suatu hadiah (reward) yang dapat menguatkan pemahaman siswa yang bersangkutan terhadap materi pembelajaran yang dibahas.

3. Memberi motivasi atau mendorong siswa untuk belajar lebih jauh
Dengan mengajukan pertanyaa maka secara langsung akan mendorong siswa untuk selalu bersikap tidak menerima suatu pendapat, ide atau teori secara mentah. 

Ini dapat mendorong sikap selalu ingin mengetahui dan mendalami (curiosity) berbagai macam teori dan dan mendorong untuk belajar lebih jauh dan mendalam.

Itulah beberapa manfaat dari bertanya, jadi mari biasakan bertanya ketika belajar di kelas. Bertanya untuk membuka pengetahuan dan ilmu seluas-luasnya. Albert Einstein pernah berkata 

"one most important thing in this life is not to stop to questioning"

Sumber dan Gambar:
Lukmanul Hakim. Perencanaan Pembelajaran.
Teknik Pertanian Berkelanjutan

Teknik Pertanian Berkelanjutan

Siapa yang punya lahan pertanian di rumahnya?. Jika punya pasti akan sangat menyenangkan bisa bertani di rumah.

Pada dasarnya kegiatan pertanian memerlukan lahan yang luas seperti sawah atau kebun jagung misalnya. 

Akan tetapi saat ini lahan pertanian semakin berkurang sering pesatnya pembangunan wilayah seperti pemukiman, industri, jalan raya atau fasilitas lainnya. Lalu bagaimana dong nasib pertanian kita?. 

Tenang bos, selama ada harapan disitu masih ada jalan. Saat ini manusia sudah melakukan berbagai macam eksperimen-eksperimen untuk menyiasati menyempitnya lahan namun pertanian tetap bisa dilakukan pada lahan sempit namun hasilnya tetap optimal. 

Itulah yang dinamakan sebagai konsep pertanian berkelanjutan. Jika kamu pergi ke desa mungkin lahan pertanian konvensional masih banyak ditemukan namun lain halnya di daerah perkotaan yang sudah sangat jarang bahkan tidak ada sama sekali. 

Berikut ini teknik-teknik rekayasa pertanian yang dapat dilakukan pada lahan sempit seperti di perkotaan.
1. Hidroponik
Hidroponik merupakan teknik bertani namun tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya bro, melainkan pakai media lain seperti sekam bakar atau pasir kerikil. Lho kok bisa tanaman hidup tanpa tanah?. 

Inilah hebatnya manusia, bisa berinovasi menggunakan akal dan pikirannya. 

Contoh tanaman hidroponik yang sering dijumpai adalah tanaman sayuran seperti sawi, kangkung, seledri dan kemangi. 

Harga sayuran hidroponik bahkan lebih mahal jika dijual dibandingkan sayuran dari pertanian konvensional. Mungkin karena perawatannya dan biaya produksinya yang mahal kali ya!. 


2. Polybag
Polybag merupakan plastik segiempat yang biasanya berwarna hitam dan sering digunakan untuk menyemai tanaman. Polybag kini banyak digunakan untuk media pertanian di lahan sempit. 

Caranya adalah dengan mengambil tanah dan menaruhnya pada polybag lalu kamu tinggal menanam benihnya kemudian. Jadi polybag ini sebagai pengganti pot.

Contoh tanaman yang sering banyak dijumpai dalam pertanian menggunakan polybag ini adalah cabaei, terung, tomat dan melon.


3. Rumah Kaca
Pertanian rumah kaca adalah teknik bertani dengan membangun rumah kaca yang bisa dari bahan kaca asli atau plastik bening. 

Jadi fungsi kaca dan plastik tersebut adalah untuk menyerap panas dan menjebaknya di dalam ruangan sehingga ruangan akan tetap hangat bro. Cara ini banyak dilakukan oleh masyarakat di negara maju dan hasilnya fantastis. 

Tapi memang biaya yang disiapkan harus besar juga karena harus memasang alat pengatur suhu dan penyiram tanaman di dalamnya.

Sumber dan Gambar:
close