Oktober 2015 - Geograph88
Tokoh Geografi Klasik

Tokoh Geografi Klasik

Darimana geografi muncul sebagai sebuah ilmu?. 

Sejak zaman peradaban manusia dimulai, pada dasarnya manusia sudah mulai dapat menangkap segala hal yang ada di bumi lewat panca indera namun belum dituliskan dalam sebuah media. 

Penggambaran ruang permukaan bumi mulai banyak ditemukan pada catatan-catan perjalanan yang dibuat para pelancong/penjelajah. 

Geografi sudah mulai dikenal sejak zaman Yunani kuno dan pengetahuan bumi masa tersebut masih dipengauhi oleh Mitologi dan mulai pengaruhnya mulai hilang sejak perkembangan ilmu alam berbasis logika ilmiah berkembang di wilayah Eropa.

Berikut ini beberapa tokoh geografi era klasik atau masa-masa awal pembentukkan geografi berlangsung:
1. Amaximandaros
Ia adalah seorang Yunani yang mengeluarkan dalil bahwa bumi berbentuk silinder dan pada tahun 550 SM membuat peta bumi. Perbandingan silinde dan garis tengah bumi menurutnya adalah 3 : 1. 

Bagian bumi yang dihuni manusia menurutnya adalah sebuah pulau berbentuk bulat yang muncul dari laut. Karena pendapatnya tersebut maka peta bumi yang dibuatnya mirip dengan jamur.

2. Thales (640-548 SM)
Ia menganggap bumi ni berbentuk keping silinder dan terapung di atas air dengan separuh bola hampa di atasnya. Pendapat ini dimentahkan seabad kemudian oleh Parminedes yang beranggapan bumi ini bulat.

3. Herodotus (485-425 SM)
Ia adalah seorang ahli geografi, filsafat dan sejarah Yunani . Ia mengemukakan bahwa ada hubungan antara perkembangan masyarakat dengan faktor-faktor geografi di wilayah yang bersnagkutan. 

Pada tahun 450 SM kemudian ia membuat peta dunia dan membagi bumi menjadi tiga wilayah yaitu: Eropa, Asia dan Libia (Afrika). Peta yang ia buat sangatlah sederhana bola dibandingkan dengan peta yang kita kenal saat ini. 

Terkait bumi sebagai planet, Herodotus memiliki pandangan bahwa bentuk bumi adalah bulatan yang tersusun oleh dua lapis bulatan: lapis pertama terdiri dari zat padat dengan air dan lapis kedua yang mengelilingi lapis pertama terdiri dari uap pada lapis bulatan yang pertama karena pengaruh panas matahari.

4. Homerus
Ia adalah seoang penjelajah berkebangsaan Yunani yang banyak menulis tentang keadaan sekitar Laut Tengah berdasarkan hasil penjelajahannya.

5. Pitheas (3340 SM)
Ia berasal dari Massilia, Perancis dan membuat karya berupa sebuah uraian perjalanan dari pantai Eropa ke Inggris.

6. Erastothenes (276-194)
Ia adalah peletak dasar pengetahuan tentang bumi dan pencetus asal mula kata geografi dari hasil karya tulisnya berjudul "Geografika" yang berjumlah tiga jilid. Pada jilid pertama ia menguraikan perubahan - perubahan antara dataran dan lautan serta arus laut. 

Jilid kedua menguraikan benda-benda langit dan jaring-jaring astronomis. Jilid ketiga berisi uraian tentang daerah dan penduduknya. Ia berjasa dalam melakukan pengukuran terhadap jaring-jaring derajat bumi. 

Berdasarkan berkas sinar matahari yang jatuh ke bumi dan menurut pengukurannya jarak antara Assuan dan Alexandria adalah 5.000 stadia atau 910 km dan keliling bumi adalah 252.000 stadia atau 45.654 km. 
Tokoh Geografi Klasik
Peta Dunia Karya Erasthosthenes

7. Strabo (64 SM -24 SM)
Ia mengemukakan tentang besarnya pengaruh lingkungan setempat terhadap pengelompokkan kebudayaan dan pembagian pemerintahan. 

Strabo termasuk tokoh geografi berpaham "determinis lingkungan" bahwa geografi berkenaan dengan faktor lokasi, karakterstik tertentu dan hubungan antara saru tempat dengan tempat lainnya di muka bumi secara keseluruhan. 

Ide kesatuan tunggal yang dikemukakaknnya merupakan bagian dari konsep "atribut alamiah suatu tempat" dan merupakan kerangkan relasi suatu tempat dengan tempat lain di permukaan bumi. Konsep ini merupakan salah satu konsep dari prosedur geografi modern yang selanjutnya disebut regional.

8. Claudius Ptolomeus 
Pada tahun 150 M ia menyusun peta yang menggambarkan benua Asia, Eropa dan Afrika. Ia juga merupakan orang pertama yang memperkenalkan zonasi iklim menjadi 24 zona berdasarkan lamanya hari yang terpanjang  dari khatulistiwa hingga kutub.

Ia juga menulis buku tentang pengetahuan bumi dan bangsa-bangsa di dunia dengan judul Geografice Hyphegesys dalam 8 jilid. 
Sumber dan gambar:
Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar disini
Tokoh Geografi Abad Pertengahan

Tokoh Geografi Abad Pertengahan

Geografi adalah ilmu yang sudah berkembang sejak lama mulai dari zaman Yunani kuno hingga sekarang. 

Banyak tokoh-tokoh geografi bermunculan sejalan dengan perkembangan ilmu itu sendiri. Kali ini kita akan melihat tokoh-tokoh geografi yang muncul di Abad Pertengahan. 

Pada akhir abad pertengahan, uraian-uraian tentang geografi masih merupakan hasil laporan perjalanan baik yang dilakukan di darat maupun laut. 

Perjalanan yang dilakukan oleh umat manusia telah menyebabkan ditemukannya wilayah-wilayah baru yang sebelumnya belum pernah diketahui  manusia sehingga abad pertengahan sering disebut juga sebagai Revolusi Geografi. 

Kalau kamu kaitkan dengan sejarah tentu akan mengenal istilah Jalur Sutera yang menghubungkan Cina dan Timur Tengah dan menjadi jalur paling sibuk dilalui pedagang kala itu.

Pesatnya perkembangan geografi juga didorong oleh munculnya gerakan pembaharuan di bidang seni, filsafat, renaisans dan humanisme agama sehingga para sarjana lebih leluasa dalam mengemukakan pendapatnya tentang kondisi bumi. 

Pada masa ini konsep geografi yang bersifat matematis juga berkembang lebih pesat karena mulai longgarnya tekanan gereja terhadap sarjana yang temuannya seringkali bertentangan dengan tafsiran gereja dan kitab suci. Berikut ini para tokoh-tokoh geografi abad pertengahan.

1. Marcopolo
Ia merupakan seorang petualang asal Venesia Italia dan pada tahun 1272-1295 melakukan perjalanan menjelajahi Asia Timur dan Asia Tengah dari Italia.


2. Bartholomeus Diaz
Ia merupakan seorang pelaut Portugis dan melakukan perjalanan sampai ke Tanjung Harapan (Cape of The God Hope) di Afrika Selatan dan diteruskan dengan mengarungi Samudera Hindia ke Kalikut India pada tahun 1486.

3. Vasco Da Gama
Ia meurpakan seorang pelaut Portugis dan mengabdi pada raja Portugis dan dipilih untuk melakukan pelayaran mencari rute ke wilayah Timur. Ia mulai berlayar pada tahun 1497 dengan membawa 4 kapal kecil dan 170 awak. 

Dia melakukan perjalanan dengan rute yang sama dengan Bartholomeus Diaz dan terus melanjutkannya hingga sampai di Indonesia pada 1498.

4. Cristhoper Columbus
Ia adalah seorang pelaaut asal Genoa Italia. Pelayaran pertamanya dimulai tahun 1492-1493 mengarungi Samudera Atlantik hingga sampai di Kuba dan Haiti dan menemukan benua Amerika yang tujuan sebenarnya adalah menuju India. 

Dalam perjalanan yang kedua tahun 1493-1494 ia sampai di Kepulauan Bahama  dan di dalam perjalanannya yang ketiga pada 1498 dia sampai di pantai Venezuela dan pada penjelajahan keempatnya di tahun 1502-1504 ia menjelajahi daratan Amerika Tengah.

5. Amerigo Vespuci
Ia adalah seorang pelaut Itali dan memulai pelayaran pada 1501-1502 di Samudera Atlantik melalui Tanjung Horn di Patagonia dan menyeberangi Samudera Pasifik dan berlabuh di Filipina.

6. Ferdinand Magelhaens
Ia melakukan perjalanan ke Amerika Selatan pada tahun 1519 dan melanjutkan pelayarannya ke Filipina pada 1521.

7. Nicolas Copernicus
Ia mengemukakan bahwa Bumi berbentuk bulat, bergerak pada porosnya dan melakukan gerak edar mengelilingi matahari. Teorinya ini dikenal dengan Heliosentris dan mematahkan teori yang sudah lama berkembang saat itu yaitu Geosentris. 

Usaha Copernicus kemudian dilanjutkan Galileo Galilei dan Johanes Kepler hingga akhirnya diketahui tentang gambaran posisi Bumi dalam Tata Surya dalam Hukum Kepler.

Pengaruh penmuan Sarjana Ilmu Alam pada abad ke 17 seperti Newton, Boyle dan Huygins menyebabkan orang mulai mempelajari lebih dalam tentang gejala-gejala fisis seperti gunung, laut, angin dan sebagainya. 

Kondisi ini menunjukkan mulai berkembangnya geografi fisis di tengah masyarakat. Sampai abad ke 18 gegorafi sangat berhubungan erat dengan sejarah dan astronomi kala itu. 

Baca juga: Rangkuman bab konsep geografi lengkap

Sumber dan Gambar:
Geografi Sebuah Pengantar. Iwan Hermawan. disini
Soal Latihan UN Materi Hidrosfer dan Pemanfaatannya

Soal Latihan UN Materi Hidrosfer dan Pemanfaatannya

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagai tentang contoh soal yang sering muncul pada UN Geografi SMA materi hidrosfer. 

Hidrosfer pada dasarnya adalah lapisan air yang menyelimuti bumi baik itu yang di darat maupun laut. 

Dalam kurikulum SMA mapel geografi, dalam materi hidrosfer setiap peserta didik harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi di perairan darat dan laut serta yang paling penting bagaimana pemanfaatan sumber daya tersebut bagi kehidupan manusia. 

Materi yang termasuk hidrosfer diantaranya adalah siklus air, pola aliran sungai, arus laut dan penyebarannya di bumi. Dalam soal UN Geografi tahun 2015 contoh soal materi hidrosfer adalah seperti ini:



20. Pola aliran sungai di daerah pegunungan yang sangat terjal dan ditutupi oleh hutan alami adalah....
a. pola pinate
b. pola trelis
c. pola rektangular
d. pola dendritik
e. pola anular

Jawaban yang tepat tentunya adalah pinate karena:
# trelis = pada daerah pegunungan lipatan
# rektangular = pada daerah patahan
# dendritik = berbentuk cabang pohon pada dataran rendah dengan batuan homogen
# anular = dari suatu puncak menyebar menuju cekungan

Soal no 20 tadi adalah terkait perairan darat yang sungai dan karakteristiknya. Untuk lebih menajamkan kembali memori kamu maka silahkan download contoh soal latihan materi hidrosfer di bawah ini. Selamat belajar dan tetap semangat. Jika masih ada yang belum paham maka diskusikan dengan temanmu dan guru. Baca juga Pola Aliran Sungai
Gambar: disini


Mengapa Bisa Terjadi Perbedaan Iklim dan Musim di Bumi

Mengapa Bisa Terjadi Perbedaan Iklim dan Musim di Bumi

Kamu tentu pernah berfikir bahwa cuaca hampir sama di berbagai belahan bumi manapun, akan tetapi pada kenyataannya kondisi cuaca di berbagai wilayah bumi berbeda satu sama lain. 

Contohnya adalah Angin Tornado yang sangat sering melanda Amerika Serikat tidak pernah terjadi di Indonesia. 

Atau mengapa di Indonesia cuma ada dua musim sedangkan di Eropa bisa ada empat musim?.

1. Perbedaan belahan bumi akan menghasilkan musim yang berlawanan
Di Amerika Serikat pada bulan Desember mungkin sedang mengalami musim salju tapi tetangga kita di belahan bumi selatan sangat jarang sekali melihat salju pada saat Natal (kecuali di Antartika) karena satu alasan bagi manusia yang hidup di belahan bumi selatan-Desember adalah awal dari musim panas. 

Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?. Jawabannya adalah karena kemiringan poros bumi. Planet Bumi ini tidak memiliki sumbu putar yang tegak namun miring sekitar 23,5 derajat dari sumbu aksis nya (garis imajiner tegak lurus yang menuju arah utara bintang).

Kemiringan inilah yang menyebabkan terjadinya variasi musim di Bumi. Bayangkan jika sumbu putar Bumi tidak miring tentunya tidak akan ada variasi iklim seperti saat ini. Wilayah ekuator akan sangat panas sekali dan wilayah utara dan selatan akan sangat dingin sekali.

Sumbu Putar Bumi
Awal Musim di Belahan Bumi
2. Efek Coriolis di Bumi
Di belahan bumi utara, efek coriolis membelokan angin ke kanan sehingga membuat hurricane berputar searah jarum jam. 

Karena Bumi berotasi ke timur maka semua fenomena terkait angin, daerah tekanan rendah dan hurricane dibelokan ke arah kanan di belahan bumi utara dan dibelokan ke kiri di belahan bumi selatan. 

Banyak miskonsepsi tentang dampak efek Coriolis ini seperit halnya air yang berputar spiral ketika masuk saluran pembuangan berputar searah jarum jam, tapi ini tidaklah sama. 

Air di toilet tidak dapat merepresentasikan skala yang cukup besar untuk menciptkan efek Coriolis sehingga efek tersebut diabaikan.

3. Iklim yang Hangat di selatan dibanding utara
Coba bawa peta atau globe dan bandingkan sesaat tentang belahan bumi utara dan belahan bumi selatan, apa analisamu?. 

Hmmm..pastinya di utara lebih banyak daratan sedangkan di selatan lebih banyak lautan dan dalam fisika kita tahu bahwa air lebih lambat menyerap dan melepas panas. 

So, kita bisa perkirakan bawah di belahan bumi selatan memiliki iklim yang relatif hangat dibanding belahan bumi utara.


Perbandingan Belahan Bumi Utara dan Selatan
Sumber dan Gambar: disini  disini
Mengobati Asam Lambung Dengan Madu

Mengobati Asam Lambung Dengan Madu

Beberapa minggu yang lalu saya mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan terkait lambung saya. 
Baru kali ini saya merasakan perut saya aneh yaitu sering bunyi blebek-blebek disertai dengan mencret dan sendawa. 

Saya lalu searching di internet ternyata jika mengalami tanda-tanda tersebut maka besar kemungkinan saya terkena asam lambung atau ketidakseimbangan enzim di saluran pencernaan. 

Hampir seminggu perut saya tidak enak dan berimbas pada pekerjaan saya yang tidak beres. 

Kemudian untuk mengobati asam lambung tersebut saya coba minum obat yang bintang iklannya Syahrini namun ternyata khasiatnya hanya sementara yaitu semalam saja dan esoknya kumat lagi. 

Setelah itu saya coba minum obat lagi yang iklannya Dedy Mizwar namun tidak mempan juga. 

Akhirnya searching lagi saya temukan tentang khasiat jahe untuk lambung. Malam-malam meskipun jauh dari rumha saya pergi ke warung pinggri jalan untuk membeli wedang jahe. Memang setelah itu perut saya lumayan enak tapi masih belum sembuh juga. 

Saya terus terang malas ke dokter karena salah satunya belum punya uang simpanan, kalau pakai BPJS saya masih punya cerita yang kurang enak jadi ya sudah cara saya berobat adalah dengan "Kajian pustaka". 

Sampai akhirnya saya menemukan artikel tentang manfaat madu bagi kesehatan. Setelah mencari dan membaca dengan tuntas ternyata madu memiliki aneka khasiat yang luar biasa bagi tubuh dan telah dituliskan dalam Al Quran sejak ribuan tahun lalu. 

Mungkin banyak orang termasuk saya yang kurang mengerti dan paham akan manfaat madu sehingga dianggap biasa saja padahal madu merupakan salah satu anugerah Allah bagi manusia. 

Saya cek di Al Quran juga ternyata banyak khasiat madu bagi tubuh. 
Setelah itu saya langsung beli madu di Al**mart dan meminumnya pagi dan malam hari. Beberapa hari kemudian ternyata penyakit asam lambung saya hilang. Alhamdulillah. Hari-hari kedepannya tidak ada lagi gejala perut mulas, sendawa, bunyi blebek-blebek, mencret dan lainnya. 

Saya lalu setiap hari rutin minum madu 2 kali sehari dan tubuh saya kembali prima. Menurut hasil penelitian, madu dapat bekerja dan menenangkan lapisan lambung dan memiliki sifat anti bakteri dan melindungi tubuh dan pencernaan dari kuman berbahaya. 

Enzim yang terkandung dalam madu juga baik bagi pencernaan khususnya usus. Jadi mari kita ikuti cara Rasul agar sehat setiap hari dengan minum madu. 

Berterimakasihlah pada lebah-lebah yang telah menghasilkan zat yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan manusia.
Lebah penghasil madu
Gambar: disini
Gas-Gas Rumah Kaca

Gas-Gas Rumah Kaca

Pernahkan kalian masuk ke ruangan kemudian merasakan kepanasan?. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?. 

Udara atau atmosfer adalah sebuah lapisan yang tersusun atas campuran beberapa gas yang tebentang dari permukaan bumi hingga 80 km ke atas langit. 

Empat gas utama penyususn atmosfer adalah nitrogen, oksigen, argon dan karbon dioksida yang menyusun 99.98 persen volume udara. Salah satu jenis gas yang akan dibahas kali ini adalah gas rumah kaca. 

Gas rumah kaca memiliki karakter seperti selimut yaitu memerangkap panas yang masuk ke bumi sehingga panas tidak kembali ke luar angkasa dan menyebabkan atmosfer bumi hangat yang kemudian disebut dengan Efek Rumah Kaca. 

Lalu apa saja jenis-jenis gas efek rumah kaca?. Berikut ini daftarnya:
Proses Efek Rumah Kaca
1. Karbon Dioksida (CO2)
CO2 merupakan bagian dari siklus karbon dan terbentuk dari dalam bumi, pernapasan, pembentukkan tanah dan evaporasi di lautan. Sebaliknya CO2 akan larut di lautan dan dikonsumsi oleh tumbuhan untuk fotosintesis baik itu di lautan atau di permukaan bumi.

2. Metana (CH4)
Metana terbentuk terutama  dari proses anaerob proses pada wilayah basah, padi, pencernaan hewan dan pembakaran biomassa. Metana dapat hancur di atmosfer melalui reaksi dengan hydroxyl (OH).

3. Nitrogen Oksida
Gas ini diproduksi secara biologi di lautan dan tanah sama halnya pula dari proses industri, kendaraan, pembakaran biomassa dan proses pembuatan pupuk.

4. Ozon (CO3)
Ozon diproduksi dari peluruhan molekul Oksigen dengan bantuan sinar ultraviolet di atas atmosfer terutama di daerah tropis dan hancur oleh nitrogen oksida dan chlorofluorcarbon (CFC).

5. Uap air
Uap air seringkali terlupakan padahal ia adalah bagian dari gas rumah kaca yang utama. Uap air menyelubungi satu persen volume atmosfer dan menjadi bagian penting dari siklus air di bumi.

6. Aerosol
Aerosol adalah gas campuran dari garam laut, debu, material organik dan asap. Aerosol dapat menyebabkan terjadinya pemanasan regional dan pendinginan regional.
Gas Rumah Kaca
Itulah beberapa gas rumah kaca yang sangat bermanfaat bagi bumi namun jika berlebihan tentunya akan menjadi bencana dan merubah pola iklim dan cuaca di bumi (global warming).

Sumber dan Gambar:
disini disini
Perbedaan Hujan Es dan Badai Salju

Perbedaan Hujan Es dan Badai Salju

Gejala cuaca di bumi ini bervariasi khususnya yang berkaitan dengan manifestasi air seperit hujan, gerimis, hujan es dan badai salju. 

Es, angin dan badai salju merupakan salah satu gejala yang sering terjadi pada wilayah Polar Front atau pegunungan tinggi dan paling buruk terjadi di kala musim dingin. 

Di Indonesia badai salju sulit terjadi namun hujan es sesekali bisa terjadi di beberapa wilayah. Di belahan bumi bagian utara jenis badai ini seringkali terjadi di Amerika Utara, Eropa, Asia dan Jepang. 

Badai selalu berkaitan dengan adanya pertemuan antara massa udara dingin dengan massa udara hangat.

Salju
Badai salju dapat terjadi bila suhu udara berada diantara suhu dasar terbentuknya awan dan suhu permukaan bumi harus di bawah 4 derajat celcius. 

Jika kondisi demikian tidak terjadi maka butiran es akan mencair ketika bergerak di udara menuju permukaan bumi.

Hujan es
Hujan es dapat terbentuk jika puncak badai sangat dingin. Butiran air dapat menjadi sangat dingin hingga suhu dibawah 0 derajat dan kemudian membeku menjadi butiran es di langit. 

Jika kamu membawa bongkahan es dari hujan es dan membelahnya maka kamu akan melihat lapisan es berlapis-lapis seperti bawang. Butiran es yang jatuh dari langit bervariasi antara 2 mm hingga 20 cm. 

Ukuran butir es tergantung pada seberapa lama es tersebut dapat diam di atomosfer yang dingin sebelum jatuh ke bumi.

Blizard
Kondisi badai terburuk dinamakan dengan Blizzard. Blizzard terbentuk dari angin yang kuat, salju dan es dengan temperatur di bawah - 12 derajat dan jarak pandang  kurang dari 150m.
Badai Salju di Amerika
Jadi kalau ada pertanyaan, mengapa di Indonesia tidak ada hujan salju?tapi pernah ada hujan es?. Jawabannya adalah karena proses terjadinya fenomena tersebut berkaitan dengan suhu di atmosfer. 

Indonesia berada di wilayah tropis dengan suhu rata-rata tinggi sehingga sangat sulit untuk memungkinkan terjadinya hujan salju namun dalam beberapa kondisi di musim hujan bisa terjadi hujan es. 

Es bisa saja terbentuk di atmosfer Indonesia, namun ketika turun ke bui, suhu permukaan Indonesia terlalu hangat sehingga es/salju tersebut mencair sebelum sampai permukaan tanah. Contoh hujan es yang sering terjadi adalah di kota Bandung.

Cuaca dan iklim memengaruhi kehidupan manusia mulai dari pakaian apa yang dipakai, kemana liburan tahun ini atau kapan mulai bertani. 

Memahami kondisi atmosfer bumi dan perubahannya dapat membantu kita untuk memprediksi pola cuaca di masa depan. 

Prediksi cuaca satu hingga tujuh hari ke depan saat ini lebih akurat dari prediksi yag sama 20 tahun lalu karena kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu cuaca dan iklim.

Gambar: disini
Tahun 2016 Tenaga Honorer Kesehatan Diangkat PNS, Guru Honor kapan?

Tahun 2016 Tenaga Honorer Kesehatan Diangkat PNS, Guru Honor kapan?

Berita ini saya dapatkan dari berbagai sumber tadi pagi dan tentunya akan sangat membahagiakan bagi para tenaga kesehatan berstatus kontrak atau honorer. 

Pada tahun 2016 mendatang, pemerintah akan mengangkat sekitar 49.443 tenaga kesehatan berstatus pegawai tidak tetap menjadi Pegawai Negeri Sipil. Rinciannya adalah sebagai berikut

# Bidan PTT sebanyak 42.245 orang
# Dokter PTT sebanyak 1.984 orang
# Dokter gigi PTT sebanyak 904 orang
# Tenaga nusantara sehat sebanyak 4.310 orang

Pengangkatan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada tenaga kesehatan PTT yang memberikan kontribusi cukup besar dalam pembangunan kesehatan terutama di wilayah pedesaan. 

Mereka merupakan salah satu ujung tombak dalam menurunkan angka kematian ibu, tandas Murti Utami. Saat ini terdapat 8.640 unit Puskesmas di Indonesia yang masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan.

Kabar tersebut tentunya sangat menggembirakan bagai para sukwan di lingkungan kesehatan. Pertanyaan selanjutnya adalah kapan guru honorer di Indonesia juga diangkat menjadi PNS?

Saya sendiri sebelum menjadi guru di Kalsel pernah menjadi guru honorer setelah lulus kuliah. Ini bukan terkait dengan menolak rezeki Tuhan namun penghargaan/upah untuk profesi sekelas guru masih sangat memperihatinkan. 

Dulu gaji pertama saya sebagai guru adalah Rp 175.000 per bulan, bayangkan uang sebanyak bisa dipakai apa?. Kita sudah cape kuliah 4 tahun, memakan banyak biaya, mencari ilmu lalu ketika masuk dunia profesi dihargai semacam itu. 

Ini memang permasalahan yang harus segera dipecahkan pemerintah agar kesejahteraan guru di Indonesia seluruhnya menjadi lebih baik. Dunia kerja profesional harus memiliki standar kerja termasuk gaji. 

Bagaimana guru dapat mengajar maksimal jika ia masih memikirkan urusan dapur, atau hutang karena minimnya upah. Jadi kapan Indonesia bebas dari guru honor?.



Sumber: Republika disini
Darimana Asal Energi Biogas?

Darimana Asal Energi Biogas?

Pernahkah kalian melihat di TV tentang kompor yang gas nya berasal dari kotoran hewan?, itulah yang namanya energi biogas.

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari sisa-sisa mahluk hidup yng diuraikan oleh mikroba melalui proses penguraian. 

Sebagai bahan dasar proses penguraian adalah sisa-sisa mahluk hidup berupa sampah pertanian seperti batang jagung, jerami, ampas kelapa atau tumbuhan lain. 

Sebagai bahan yang mengandung mikroba pengurai digunakan kotorna sapi. Kemudian kedua bahan tersebut diberi air dan diaduk agar bercampur. 

Agar proses penguraian berjalan cepat maka sampah organik itu dapat dipotong-potong.

Proses penguraian berjalan optimal pada suhu 35 - 37 derajat C. Adukan campuran bahan tadi tidak boleh bersifat asam juga tidak boleh bersifat basa tapi harus bersifat netral. 

Proses pembuatan biogas harus dilakukan di tempat tertutup rapat sehingga tidak kemasukkan udara karena mikroba pengurai sangat peka terhadap Oksigen. 

Selain itu jika terkena matahari maka mikroba pengurai akan mati sehingga proses penguraian tidak berjalan. Adukan itu ditempatkan dalam suatu bejana atau bak beton  yang diletakkan di dalam tanah.
Mekanisme Biogas
Gas yang timbul dari hasil penguraian itu sebagian besar adalah gas methan (CH4) yang sangat mudah terbakar dan gas lain yaitu karbondioksida (CO2) yang berkisar seperempatnya. 

Gas yang terjadi dalam jumlah yang sangat kecil antara lain karbon monoksida (CO) yang mudah terbakar dan bersifat racun, nitrogen (N2) sama sekali tidak berbahaya tapi tidak berguna karena tidak dapat terbakar dengan udara dan gas hidrogen sulfida (H2S) yang juga dapat dibakar dan berbau busuk.

Gas hasil penguraian tadi dapat dinaikkan mutunya dan dihilangkan baunya dengan cara dicuci yaitu dengan jalan mengalirkan air yang dibubuhi kapur. 

Dengan pencucian tersebut maka bau gas yang tidak enak menjadi hilang dan gas CO2 yang tidak berguna untuk bahan bakar akan diserap air kapur sehingga biogas yang diperoleh nantinya dapat dibakar dengan hasil panas yang tinggi. 

Biogas nantinya dapat ditampung dalam tangki penampungan gas dan disalurkan melalui pipa ke berbagai rumah atau tempat lain. Saat ini banyak sekali desa-desa yang sudah mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan ini. 

Sumber dan gambar:
Maskoeri Jasin. Ilmu Alamiah Dasar
disini
Rumus Analisis Tetangga Terdekat

Rumus Analisis Tetangga Terdekat

Salah satu prinsip utama dalam geografi adalah prinsip penyebaran, maka dengan memerhatikan penyebaran kita  dapat mengungkapkan berbagai karakter yang berkenaan dengan gejala, benda dan masalah yang kita kaji. 

Dengan memerhatikan penyebaran ini juga kita dapat menentukan alternatif pemecahan masalah geografi yang terjadi pada suatu kawasan atau wilayah. 

Dalam menganalisis penyebaran, P. J. Clark dan F.C. Evans menerapkan sebuah teori bernama "Analisis Tetangga Terdekat"

Menurut analisis ini, penyebaran suatu benda, gejala atau sektor kehidupan diukur jaraknya dari benda, gejala atau sektor lain yang letaknya terdekat. 

Dari hasil pengukurna empirik diketahui terdapat 3 buah pola penyebaran yaitu (1) pola penyebaran bergerombol (cluster pattern), (2) pola penyebaran tidak merata (random pattern) dan (3) pola penyebarna merata (dispersed pattern).

Analisis tetangga terdekat (Nearest Neabour Analysis) dilakukan pada luas areal tertentu yang telah diketahui dengan menghitung jarak suatu benda, gejala, atau sektor terhadap benda, gejala atau sektor yang menjadi tetangga terdekatnya. Perhitungan ini menggunakan rumus "Skala R" (R Scale) yaitu

R = Skala R
p = jumlah benda, gejala, sektor (N)
          luas areal yang diobservasi
N = jumlah benda/gejala/sektor
r = jarak tiap benda/gejala atau sektor tetangganya

Dari hasil pengukuran empiris kedua ahli wilayah tersebut diperoleh hasil bahwa nilai R berkisar antara (0) nol hingga 2,1491. Jika diterapkan ke dalam 3 pola di atas maka akan terjadi rentangan nilai sebagai berikut

I. 0,00 - 0,70            Pola bergerombol (Cluster Pattern)
II. 0,70 - 1,40           Pola tersebar tidak merata (Random Pattern)
III. 1,40 - 2,1491       Pola tersebar merata (Dispersed Pattern)  

Contoh penerapannya, kita coba ambil contoh hipotesa pada suatu areal yang luasnya 25 km2 terdapat 25 kelompok pemukiman dengan jarak antar pemukiman adalah 6 km. Maka
Jadi kesimpulannya pola pemukiman disini adalah bergerombol.
Pengaruh Budaya Terhadap Lingkungan

Pengaruh Budaya Terhadap Lingkungan

Sejak manusia turun ke muka bumi, mereka terus beradaptasi dengan lingkungan hidupnya dari zaman ke zaman hingga membentuk sebuah budaya masing-masing. 

Budaya yang dikembangakan oleh manusia akan berdampak pada lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang. Baca juga: Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan

Suatu kebudayaan memancarkan suatu ciri khas dari masyarakatnya yang nampak dari luar, artinya orang asing. 

Dengan menganalisis pengaruh akiibat budaya terhadap lingkungan maka seseorang dapat mengetahui mengaapa suatu lingkungan tertentu akan berbeda dengan lingkungan lainnya dan menghasilkan kebudayaan yang berlainan pula.

Cara untuk menjelaskan perilaku manusia sebagai perilaku budaya dalam kaidah dengan lingkungannya terlebih lagi perspektif lintas budaya akan mengandung banyak variabel yang saling berkaitan dalam keseluruhan sistem terbuka. 

Baca juga:
Cara dapatkan kode diskon quipper 
Perbedaan oase dan wadi di gurun

Pendekatan yang saling berhubungan dengan psikologi lingkungan adalah pendekatan sistem yang melihat rangkaian sistemik antara beberapa subsistem yang ada dalam emlihat kenyataan lingkungan total yang melingkupi satuan budaya yang ada.

Beberapa variabel yang berkaitan dengan masalah kebudayaan dan lingkungan diantaranya:
1. Physical Environment
Menunjuk pada lingkungan alamiah seperti: suhu, curah hujan, iklim, wilayah, flora dan fauna.
2. Cultural Social Environment
Meliputi aspek-aspek kebudayaan beserta proses sosialisasi seperti: norma, adat istiadat, dan nilai-nilai.
3. Environmental Orientation and Representation
Mengacu pada persepsi dan kepercayaan kognitif yang berbeda-beda ada setiap masyarakat mengenani lingkungannya.
4. Environmental Behavior and Process
Meliputi bagaimana masyarakat menggunakan lingkungan dalam hubungan sosial.
5. Out Carries Product
Meliputi hasil tindakan manusia seperti membangun rumah, komunitas, kota beserta usaha-usaha manusia dalam memodifikasi lingkungan fisik seperti budaya pertanian dan iklim.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebudayaan yang berlaku dan dikembangkan dalam lingkungan tertentu berdampak pada pola tata laku, norma, nilai dan aspek kehidupan lainya yang akan menjadi ciri khas masyarakat itu sendiri. 

Baca juga: Potensi fisik dan non fisik desa Indonesia
Rumah Adat Kampung Kuta
Baca juga: Update kode promo Quipper Video 2018!!!
Sumber dan Gambar: disini
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Elly M Setiadi, Kama H Hakam, Ridwan Effendi
RPP Geografi SMA Prinsip Geografi

RPP Geografi SMA Prinsip Geografi

Pada postingan kali ini saya akan bagikan contoh RPP materi Prinsip Geografi pada jenjang SMA. 

Terus terang materi awal seperti konsep, prinsip dan pendekatan menurut saya sangat sulit sekali mengajarkannya kepada anak didik. 

Untuk itulah kita sebagai guru harus memikirkan dengan keras bagaimana menggunakan istilah/kata/kosakata yang sesuai untuk perkembangan anak didik usia SMA.

Setelah kurang lebih lima tahun mengajar saya terus belajar bagaimana cara menyampaikan materi tersebut pada siswa. 

Sebelum masuk ke materi tentang prinsip penyebaran, interelasi, deskripsi dan korologi maka hendaknya kita harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan prinsip. Jadi ketika anda masuk kelas jangan langsung membuka kelas dengan berkata:

"Baiklah anak-anaka, pada hari kini kita akan belajar tentang prinsip geografi!"
"Taukah apa itu prinsip geografi?"
Jika anda melakukan hal tersebut, saya yakin anak-anak tidak akan memahami dengan benar tentang makna "prinsip" itu sendiri. Dengan dasar itulah kita harus membuka dulu pengalaman-pengalaman siswa yang terkait dengan prinsip atau bisa dengan analogi. Jadi dalam RPP saya membuat skenario kalimat pembuka sebagai berikut:
"Anak-anak, coba kalian perhatikan/pikirkan (observe/imagination) ada tidak benda yang selalu kalian bawa kemana pun kamu pergi?, mengapa benda tersebut selalu dibawa?"
Setelah itu biarkan selama beberapa menit (5 menit) mereka memikirkan dan bercerita sedikit.
Setelah itu baru kita giring mereka menuju materi.
"Nah, anak-anak itulah yang dinamakan prinsip"
"Dalam hidup ini kita pasti memiliki prinsip, begitu pun sebuah ilmu termasuk geografi" 

Setelah itu kegiatan belajar bisa dilakukan dengan diskusi kelompok dan presentasi. Bapak/Ibu mungkin memiliki modifikasi tersendiri pada kegiatan inti dan RPP punya saya tentu tidak sempurna hanya sharing pengalaman saja. Bagi yang punya pengalaman lain boleh di share di komentra. trims.



Penyebaran Bioma di Dunia

Gambar:
disini

RPP Prinsip Geografi 
RPP Geografi SMA Proyeksi Peta

RPP Geografi SMA Proyeksi Peta

Apakah anda sering bingung jika membuat RPP?. Seberapa penting sih sebuah RPP dalam kegiatan belajar mengajar?. 

Apakah RPP berkorelasi dengan tingkat pemahaman siswa di kelas?. Pertanyaan semacam ini tentu sering kali dilontarkan oleh banyak guru di Indonesia, apalagi yang guru veteran yang sudah mengajar dari mulai kurikulum pertama Indonesia hingga saat ini. 

Saya sendiri yang baru menjadi guru tahun 2010 hingga sekarang sudah sering gonta-ganti RPP. Sebelum saya masuk di konten, saya akan curhat alias cerita sedikit kepada bapak/ibu sekalian. 

Saya menjadi guru mulai tahun 2010 yaitu guru honorer dan setahun kemudian lulus tes di salah satu sekolah swasta di Kalsel yaitu SMA GIBS dan hingga sekarang masih mengajar. Saya sudah cukup banyak mengikutip pelatihan yang terkait kurikulum. 

Hipotesa saya adalah setiap ganti kurikulum maka bentuk RPP juga akan berubah. Saya browsing di internet ada model RPP yang tersimple sampai yang terjelimet. 

Lalu saya iseng-iseng browsing contoh RPP atau Lessons Plan di luar negeri, ternyata RPP di luar negeri sangat simple bahkan banyak yang tidak sampai 2 halaman, beda dengan Indonesia yang sampai materi dan soal dimasukan ke RPP padahal menurut saya itu buang-buang waktu dan boros kertas. 

Jadi dalam membuat RPP saya putuskan untuk mengikuti format luar negeri saja yang simple asalkan komponen RPP yang minimal 8 buah (SK, KD dan lainnya) masuk sesuai dengan Permendiknas no berapa saya lupa lagi. 


Banyak guru-guru (mungkin) karena saking jelimetnya rpp Indonesia, banyak yang menganggap RPP adalah bagian dari administrasi mengajar saja dan ujung-ujungnya kopas atau beli dari sumber yang tidak jelas. 

Padahal kunci utama KBM yang handal adalah RPP yang handal juga. Jadi ketika guru mengajar maka ia akan mengikuti setiap skenario yang ada pada RPP dan bahkan pertanyaan yang akan diajukan pada siswa/kalimat pembuka kelas dicantumkan. 

Sama halnya dengan membuat skenario film/stand up comedy. Jadi ayo buat RPP yang baik agar belajar menjadi lebih efektif. Langsung saja jadi saya akan coba bagikan contoh RPP Proyeksi Peta. 

Tentu saja RPP ini bisa cocok atau tidak, yang penting saya hanya ingin berbagi saja, kalu bisa diskusi dengan bapak/ibu guru yang lain. 

Dalam kegiatan belajar proyeksi peta, saya membawa properti berupa buah jeruk untuk menganalogikan cara merubah bidang lengkung bumi ke bidang datar. 

Selengkapnya bisa lihat skenarionya di RPP dan boleh ditambah kegiatan lain diras perlu. Saya akan rutin upload RPP mengajar di blog ini barangkali bermanfaat atau perlu dikritisi khususnya untuk guru-guru geografi seluruh Indonesia. Baca juga Trik Apersepsi Yang Baik di Kelas

RPP Geografi Proyeksi Peta

Gambar: disini
Karakteristik Masyarakat Desa

Karakteristik Masyarakat Desa

Dimana kalian tinggal selama ini?di pedesaan atau perkotaan?. 

Jika kalian pernah tinggal di kedua wilayah tersebut tentunya dapat diamati perbedaan mendasar antara gaya hidup masyarakat desa dan kota dan lingkungan fisiknya. 

Kali ini kita bahasa dulu tentang karakteristik masyarakat pedesaan. Sebuah desa seringkali ditandai dengan kehidupan yang tenang, jauh dari hiruk pikuk keramaian, penduduknya ramah, saling mengenal satu sama lain, mata pencaharian penduduknya mayoritas agraris. 

Orang desa memiliki hubungan lebih erat dan mendalam antar sesama warganya. Sistem kehidupan mereka biasanya berkelompok dan berdasarkan asas kekeluargaan. 

Penduduk masyarakat desa pada umumnya hidup dari pertanian atau nelayan meskipun ada pekerjaan lain seperti tukang kayu, wiraswasta dan lainnya. 

Banyak sekali fakta bahwa ketika musim bertani datang (biasanya musim penghujan) mereka yang bekerja di luar agraris akan kembali ke sawah/ladang. Mereka bekerja di luar pertanian hanya untuk sementara saja dan ketika pekerjaan bertani sedang tidak dilakukan mereka mencari pekerjaan di luar pertanian. 

Kegiatan bertani sering dilakukan bersama-sama anggota masyarakat desa lainnya dan akibatnya adalah timbullah kebiasaan gotong royong. Oleh karena itu pada masyarakat desa sangat jarang sekali dijumpai pekerjaan berdasarkan keahlian namun biasanya pekerjaan didasarkan pada usia (karena kekuatan fisiknya) dan jenis kelaminnya.
Gotong Royong ciri khas masyarakat desa
Usia dan ketokohan sangat berperan dalam kehidupan masyarakat desa. Golongan orang-orang tua pada masyarakat pedesaan pada umumnya memegang peranan penting. Orang-orang akan selalu meminta nasihat-nasihat kepada mereka bila ada kesulitan yang mendera. 

Kesulitannya adalah bahwa orang-orang tua itu memiliki pandangan-pandangan yang didasarkan pada tradisi yang kuat sehingga perubahan akan sangat sulit terjadi. Menurut Soerjono Soekanto, di desa perhatian utama masyarakat adalah keperluan pokok dan fungsi-fungsi lainnya diabaikan. Orang desa menilai bahwa makanan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan biologis bukan sebagai kebutuhan sosial.

Masyarakat desa memiliki jenis pekerjaan yang sama seperti bertani, berladang, atau nelayan. Kehidupan masyarakat desa yang memiliki jenis pekerjaan sama (homogen) sangat menggantungkan pekerjaannya kepada keluarga lain. Mereka tidak bisa mengerjakan semuanya oleh keluarga sendiri. Untuk mengolah tanah, memanen, atau pekerjaan tani lainnya mereka harus epakat dengan yang warga lain menunggu giliran.

Begitupun jika ada pekerjaan lain seperti membuat rumah, jembatan atau fasilitas umum, mereka sudah atur waktunya agar bisa dikerjakan secara bersama-sama. Saling ketergantungan pada masyarakat yang disebabkan oleh persamaan dalam bidang pekerjaan ini oleh Emile Durkheim disebut sebagai solidaritas mekanis (mechanic solidarity)

Sedangkan Ferdinand Tonnies mengemukakan istilah gemeinschaft atau paguyuban yaitu kelompok masyarakat di mana anggotanya saling terikat secara emosional satu sama lain.
Sumber dan Gambar:
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Elly M Setiadi
H. Kama. A. Hakam, Ridwan Effendi. disini
Teknik Apersepsi Di Kelas Pembangkit Minat Belajar Siswa

Teknik Apersepsi Di Kelas Pembangkit Minat Belajar Siswa

Bapak/Ibu guru tentunya sudah familiar dengan istilah "apersepsi" ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. 

Apersepsi pada prinsipnya adalah kegiatan pendahuluan/pembuka pelajaran dengan tujuan untuk membangkitkan minat belajar siswa. 

Selama berprofesi menjadi guru saya telah beberapa ikut pelatihan-pelatihan tentang teknik-teknik mengajar dan memang kegiatan pembuka/apersepsi merupakan kegiatan penting dalam KBM dan seringkali banyak guru yang tidak tepat dalam memilih metode pembuka kelas.

Pemilihan metode yang salah tersebut membuat siswa tidak terangsang untuk belajar dan curiosity (kemauan dari dalam diri untuk mencari ilmu) mereka sangat rendah. 

Saya banyak searching di situs-situs luar negeri dan mendapatkan beberapa contoh apersepsi yang mampu membangkitkan minat belajar mereka. 

Apersepsi sebisa mungkin harus mengandung makna kontekstual artinya diawali dari pengalaman siswa, atau siswa terlibat dalam kegiatan pembuka pembelajaran setelah itu baru guru mengarahkan materi pelajaran kepada hal-hal yang bersifat konsep. Artinya pola kegiatan pembuka pelajaran di kelas adalah seperti ini

Beberapa guru termasuk saya pada awalnya seringkali ketika masuk kelas akan melakukan kegiatan berikut:
1. Menyapa siswa
2. Mengabsen
3. Menunjukkan indikator belajar dengan pertanyaan
# Anak-anak jadi pada kesempatan/pertemuan kali ini kita akan belajar tentang....bla...bla...bla?
# Ada yang tahu apa itu...bla..bla...bla?
# Anak-anak coba buka buku/lks halaman....bla..bla..bla?

Kegiatan 3 banyak sekali dilakukan oleh guru-guru dan metode tersebut sangtlah klasikal dan belum kontekstual dan menggugah curiosity siswa. 

Dalam berbagai pelatihan saya banyak mendapat masukan tentang cara membuka kelas dengan pendekatan berbeda tidak klasikal dan sangat baik untuk meningkatkan curiosity siswa. 


Ada beberapa cara yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk membuka pelajaran dengan menarik diantaranya:
1. Checking knowledge
Checking knowledge adalah kegiatan mengecek pemahaman materi pelajaran siswa pada materi sebelumnya. Saat masuk kelas guru bisa langsung mengecek pemahaman materi terutama pada siswa yang tergolong kategori di bawah rata-rata. 

Jika siswa tersebut lambat untuk menjawab soal yang diberikan guru maka dikatakan siswa tersebut belum paham, namun bila siswa cepat dalam menjawab pertanyaan guru maka ia bisa dikatakan paham.

2. Introducing Idea
Introducing idea adalah membangun ide atau permasalahan awal sebelum kegiatan dimulai. Misalkan ketika pelajaran sosiologi akan membahas CARA PENYELESAIAN KONFLIK.

Maka yang dibutuhkan pertamakali adalah menciptakan konflik itu sendiri di kelas. Guru bisa membuat skenario konflik/pertengkaran diantara beberapa siswa. 

Siswa lain diminta mengamati lalu setelah itu guru bertanya bagaimana cara mengatasi persoalan seperti yang terjadi pada temannya.

3. Analogy thinking
Analogy thinking adalah mengaitkan sebuah fenomena dengan materi yang akan dipelajari. Contoh yang pernah saya lakukan ketika mempelajari tentang Proyeksi Peta. 

Ketika masuk kelas yang membawa sebuah jeruk dengan skenario sebagai berikut:

# Anak-anak saya membawa sesuatu, bisa dilihat apa yang bapak bawa? (anak-anak pasti menjawab jeruk)
# Apa yang kira-kira akan bapak lakukan dengan jeruk ini? (jawaban anak-anak pasti banyak)
# Coba (sebut nama) maju ke depan, bisa tidak kamu kupas jeruk ini?Isinya boleh kamu makan.
Setelah itu guru membawa kulit jeruk yang telah dikupas siswa, dan merentangkan kulit jeruk tersebut di depan siswa. Setelah itu guru bertanya:
# Anak-anak bisa lihat apa yang terjadi pada kulit jeruk ini setelah direntangkan?
Biarkan anak-anak menjawab, sampai ada yang menjawab:
# Ada robekan atau sobekan kulit jeruknya tidak rata, pak!
Guru kemudian menggiring siswa ke indikator yang ingin dicapai pada pembelajaran hari ini:
# Nah, dari percobaan tadi dapat dilihat bahwa kulit jeruk yang diibaratkan permukaan bumi ketika dikupas dan dijadikan datar maka akan ada robekan sehingga permukaannya tidak teratur.
# Dalam peta maka dibutuhkan sebuah teknik untuk membuat robekan tersebut menjadi tidak ada atau diminalisir sekecil mungkin dan itulah yang dinamakan PROYEKSI PETA.

Setelah itu guru dapat menuju kegiatan inti seperti dengan membuat kerja kelompok diskusi. Intinya adalah kegiatan belajar yang membawa siswa dalam pengalaman melihat dan menyelesaikan masalah tersebut.

Dalam kegiatan pembuka KBM, jika anda bisa menggunakan ketiga model tersebut maka akan sangat bagus sekali namun memang akan sangat sulit dan perlu pemikiran ekstra untuk menemukan empat hal tersebut dalam kegiatan pembuka. 

Jadi jika anda memilih satu saja atau menggunakan dua dari empat metode di atas sudah sangat  bagus. Memang merubah paradigma pembelajaran klasik ke kontekstual membutuhkan ekstra tenaga dan pemikiran. 

Guru dituntut untuk lebih banyak membaca literasi dan berdiskusi sesama guru untuk menemukan ide-ide baru. Selamat mendidik. Baca juga: Contoh RPP Geografi Abad 21 4C
 

INFO UPDATE BUAT GURU GEOGRAFI SMA

Mau pesan buku paket geografi SMA Kelas X, XI dan XII karya saya (Mr. Agnas Setiawan)???
CEK DISINI (Cetakan pertama, stok terbatas)


close