Macam-macam Planet dan Penjelasanya

Sampai saat ini sudah bisa ditemukan sembilan planet. dengan peralatan yang lebih canggih, barangkali bisa ditemukan lagi planet lain dalam tata surya kita. Kesembilan planet tersebut akan dijelaskan secara garis besar sifat dan ukurannya, mulai dari planet yang terdekat dengan mata- hari sampai yang terjauh dengan matahari kita.

a. Planet Merkurius
Planet Merkurius daiam bahasa Inggris disebut Mercury. Planet ini merupakan planet terdekat dengan matahari. Jarak- nya dari matahari sekitar 58 juta km, atau sekitar 0,39 sa (satuan astronomis). Garis tengah planet ini sekitar 4.800 km. Rotasi (= Perputaran planet pada sumbunya) planet ini selama 88 hari. Sedang revolusi (perputaran planet mengelilingi matahari) planet ini selama 0,24 tahun (revolusi sideris). Massa planet ini sangat kecil. Jika diumpamakan massa Bumi = 1, massa Merkurius hanya 0,045. Demikian juga berat jenis- nya hanya sekitar 4 x berat jenis air (berat jenis air = 1). Karena letak planet ini dekat dengan matahari, temperatur- nya masih sangat tinggi jika dibandingkan dengan temperatiir bumi. Adapun temperatur planet ini sekitar 340° C (rata- rata). 
Planet ini termasuk famili bintang pagi (the morning star) atau panjer raina (Jawa), karena sering kelihatan di pagi hari ketika bintang-bintang lain sudah tidak kelihatan dan sebagai bintang sore (the evening star), karena bintang ini sudah kelihatan pada waktu senja (sore hari), saat bintang-bintang lain belum kelihatan. Di planet ini tidak ada kehidupan. Planet ini disebut juga Utari (Arab) ataii Buddha (Sanslcerta).

b. Planet Venus
Jika dilihat dengan teropong, planet ini kadang-kadang kelihatan seperti sabit, lalu bertambah besar sampai akhimya bundar penuh. Jika dilihat dengan mata bugil, kecuali mata orang-orang yang penglihatannya sangat tajam, bentuk yang seperti sabit itu tidak pernah tampak. Jarak planet ini ke bumi Iebih dekat daripada jaraknya ke matahari. Jarak Venus ke matahari sekitar 108 juta km atau 0,72 sa. Sedang jarak Venus ke bumi sekitar 42 juta km atau 0,28 sa. Garis tengah planet ini sekitar 12.200 km.
Rotasi planet ini belum bisa diketahui karena planet ini selalu tertutup awan pada atmosfemya. Hanya pada umumnya diketahui bahwa rotasinya berlawanan dengan planet lain. Revolusi siderisnya 0,62 tahun atau kira-kira 7,5 bulan. Massa planet ini sekitar 0,82 x massa bumi.Sedangkan berat jenis = 4.9 x berat jenis air. Suhu planet ini masih tinggi, yaitu sekitar 100° C (rata-rata)
Planet ini disebut juga bintang pagi (the morning star) karena masih kelihatan. di waktu pagi, ketika bintang-bintang lain tidak kelihatan lagi. Di samping itu kadang sudah kelihatan di waktu sore (senja) ketika bintang-bintang lain belum kelihatan. Karena itu planet ini juga disebut sebagai bintang sore. Planet Venus sering dipakai sebagai lambang kecantikan. Nama lain planet Venus adalah Sita (Sanskerta) atau Zuhara (Arab).
Planet ini, sebagai bintang pagi jika sedang berelonggasi bairat dan sebagai bintang sore (senja) jika sedang berelonggasi timur. Perhatikan gambar berikut ini!

Macam-macam Planet dan Penjelasanya
Dari.gambar 16.b, ternyata bahwa makin mendekati bentuk sabit, planet Venus ini tampak makin besar. Namun, dengan mata bugil bentuk sabitnya sering tidak nampak.

c. Planet Bumi
Planet yang kita tempati dengan sendirinya memperoleh prioritas untuk disoroti lebih banyak. Karena itu pada pembicaraan bab berikutnya sifat-sifat planet ini dibahas secara lebih mendalam. Misalnya tentang kedudukan dan gerakanya, kulit bumi (litosfer) dan gejala-gejalanya,hidrosfer dan gejalanya
Pada bagian ini hanya akan dibahas beberapa sifat planet bumi, seperti pembahasan planet-planet yang terdahulu. Jarak planet bumi dengan matahari rata-rata 150 juta km. Jarak terjauh sekitar 152,5 juta km. Satu (1) sa (satu satuan astronomi) atau 1 ua (1 unit astronomic) adalah jarak bumi – matahari besarnya 150.106 km atau 150 juta km.
Jari-jari planet bumi 6.400 km. Sumber lain yang menyebutkan 6.350 km. Rotasi bumi adalah 24 jam. Revolusi si-derisnya 1 tahun atau 365 1/4 hari.
Massa planet ini 1 (sebagai slandard inassa planet lain). Sedang berat jenis planet ini terhadap air = 5,25
Temperatur rata-ratanya sekitar 10° C.
Planet ini mempunyai satu satelit, yaitu bulan.

d. Planet Mars
Dulu planet ini pernah membuat orang di bumi menjadi heboh, Karena ada penemuan yang terlalu cepat ditafsirkan orang bahwa di Mars terdapat manusja Mars. Pada tahun 1877 seorang ahli bintang Milan (Italia) bernama Scfyiapardfi menyatakan bahwa dia melihat garis bersimpang liur di Mars. Dia menamakannya garis-garis itu dengan teruscm terusan air. Mendengar istilah terusan air, kita beraso-siasi bahwa benda itu tentu dibuat oleh manusia, manusia Mars. Jika mereka bisa membuat terusan dari kutub sampai . Ice ekuator tentu manusia Mars lebih tinggi tingkat teknologinya daripada manusia-manusia bumi. Lebih-lebih setelah seortang cendekiawan bernama Lowell juga mempertahankan pendapat tentang adanya terusan, bahkan kelihatan ada tanggulnya dan tumbuhan yang barangkali merupakan daerah pertanian, anggapan bahwa di Mars terdapat manusia Mars semakin kuat
Namun setelah diadakan pengamatan dengan teropong yang lebih bagus, ternyata bahwa yang semula kelihatan seperti garis-garis panjang temyata hanya titik-titik yang sangat banyak. Dengan teropong kecil titik-titik itu berimpit menjadi garis. Jadi kita telah membuat kesalahan dalam melihat dan membuat penafsiran.
Jarak planet ini dengan matahari sekitar 228 juta km atau 1,5 sa. Garis tengah planet ini hanya separuh (lebih sedikit) garis tengah planet bumi, yaitu 6.800 km karena garis tengah planet bumi 12.800 km.
Rotasi planet ini selama 24 jam 36 menit (24h36s). Sedang revolusi siderisnya 1,88 tahun atau hampir 23 bulan (687 hari), Di planet ini juga terdapat pergantian musim seperti halnya di bumi. Di sana juga terdapat kutub yang tertutup es.
Atmosfer Mars sangat tipis sehingga memudahkan dalam pengamatan. Pada saat berkedudukan oposisi kita dengan mudah melihat planet ini sebagai bintang berwarna merah (Jawa: Jaka belek)
Planet ini mempunyai dua buah satelit yaitu Phobos dan Deimos. Phobos kelihatan seperti terbit di sebelah barat dan terbenam di timur sebab revolusi planet ini lebih lambat dari padarevolusi Mars mengelilingi matahari. Nama Sanskerta planet ini Anggara, nama Arabnya, Marich.

e. Planet Yupiter
Planet ini merupakan planet paling besar di antara planet- planet anggota tata surya. Oleh karena itu disebut planet raksasa (The Giant Planet).
Jarak planet ini ke matahari sekitar 778 juta km. Garis tengahnya sekitar 140.000 km. Coba bandingkan dengan bumi!
Rotasi dan revolusinya, masing-masing 9,9 hari (10 hari) dan 11,86 tahun (12 tahun). Karena rotasi hanya sekitar 10 hari, berarti gerakan ekuator Yupiter sangat cepat. Bandingkan dengan rotasi bumi dan kecepatan gerakan ekilator bumi. Seperti diketahui, rotasi bumi 24 jam .Sedangkan gerakan ekuator bumi berkecepatan 1.667 km tiap jam. Dari mana angka itu? Yaitu dari keliling bumi di ekuator dibagi 24 . (40.000 : 24 = 1.666,666 = 1.667).
Planet Yupiter mempunyai atmosfer, tetapi gerakannya sangat lambat. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya noda- noda pada planet Yupiter yang kelihatan tetap, tidak berpindah tempat. Dengan alat yang cukup kuat (teropong) dapat diperkirakan panjangnya noda pada Yupiter, yaitu sekitar 30.000 — 40.000 km, lebarnya sekitar 15.000 km.
Planet Yupiter bukan merupakan planet berat, sebab berat jenisnya sangat.kecil yaitu 1,33 (berat jenis air = 1) Unsur-unsur pada planet Yupiter merupakan unsur-unsur ringan. Menurut pengamatan unsur-unsur itu terdiri dari unsur hidrogen, ± 85°/0, dan unsur helium, sekitar 10 - 
15%-
Semula baru diketahui planet ini mempunyai 12 satelit. Belakangan ditemukan 2 satelit Iagi, sehingga menjadi 14 buah.
Yang pertama kali menemukan satelit Yupiter adalah Galileo Galilei pada tahun 1610, sebanyak 4 buah.

f. Planet Saturnus
Saturnus merupakan planet yang "banyak menarik perhatian para ahli perbintangan. Sebab, planet ini mempunyai cincin 3 buah, yang sifatnya konsentris. Dari ketiga cincin terse- but, yang paling terang adalah yang ada di tengah. Sedang cincin bagian dalam sangat tipis.
Jarak planet ini dari matahari sekitar 1.430 juta km, atau sekitar 9,5 sa atau 9,5 ua. Garis tengahnya sekitar 120.000 km. Rotasinya hanya 10,2 hari, seidang revolusinya 29,46 tahun (30 tahun). f. . Planet Saturnus
Saturnus merupakan planet yang "banyak menarik perhatian para ahli perbintangan. Sebab, planet ini mempunyai cincin 3 buah, yang sifatnya konsentris. Dari ketiga cincin tersebut, yang paling terang adalah yang ada di tengah. Sedang cincin bagian dalam sangat tipis.
Jarak planet ini dari matahari sekitar 1.430 juta km, atau sekitar 9,5 sa atau 9,5 ua. Garis tengahnya sekitar 120.000 km. Rotasinya hanya 10,2 hari, seidang revolusinya 29,46 tahun (30 tahun).

Cincin planet Saturnus sangat tipis, hanya sekitar 100 m tebalnya. Terdiri dari partikel batuan yang mungkin bercampur dengan butir-butir es. Gaya berat planet itu menyebabkan partikel batuan dengan butir es membentuk cincin yang kelihatan dari bumi. Begitu tipisnya cincin tersebut sehingga benda-benda angkasa yang ada di baliknya, dapat dilihat oleh pengamat di bumi.
Planet ini juga tidak berat, seperti halnya planet Yupiter, sebab berat jenisnya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari pada berat jenis air yaitu 0,75 (berat jenis air = I). Sedang massa Saturnus lebih kurang 95 x massa bumi. Suhunya = -150" C.
Planet ini mempunyai 10 buah satelit. Nama Iain dari planet Saturnus, Syanaiscara (Sanskcrta), dan Zuhal (Arab).


g. Planet Uranus
Planet ini baru diketemukan pada tahun 1781 oleh Sir William Herschel (Inggris), yang iseng-iseng dengan teropongnya melihat langit, barangkali ada hal-hal aneh. Ternyata dia 
masing-masing 2 buah. Sedang yang hanya memiliki satu satelit adalah planet bumi dan Pluto.
Di bawah ini diberikan tabel nama-nama satelit, siapa yang menemukan, tahun ditemukan, jarak rata-rata dari matahari (dalam miles), waktu revolusi (hari, jam, dan menit), dan garis tengah satelit (dalam miles), sebagai berikut:

Macam-macam Planet dan Penjelasanya

Macam-macam Planet dan Penjelasanya

Keterangan:
- belum ada data
1 mile = 1,60 km
? = belum pasti
Dari tabel di atas kita bisa melihat bahwa masih banyak data satelit yang belum kita ketahui. Karena itu, dalam pembahasan   berikutnya kita akan lebih-banyak membahas satelit bumi kita, yang dinamakan Bulan


0 Response to "Macam-macam Planet dan Penjelasanya"

Post a Comment