Macam-Macam Serta Penjelasan Posisi Bola Langit Pada Astronomi Bumi


  • Posisi bola langit tegak

Posisi ini terjadi bila si pengamat memandang bola langit dari tempatnya di ekuator. Dengan demikian utara — selatan bola langit berimpit dengan Kutub Utara Langit (KUL) dan - Kutub Selatan Langit (KSL). Sedang zenith dan nadir terietak pada bidang ekuator langit

Oerhatikan gambar berikut ini

Macam-Macam Serta Penjelasan Posisi Bola Langit Pada Astronomi Bumi
  • Posisi Bola Langit Miring


Posisi ini terjadi bila pengamat memandang bola langit dari tempatnya di lintang tengah (misalnya 30°LU atau 30°LS). Dengan demikian Kutub Utara Langit (KUL) sebesar 30° di atas horizon, di dekat titik utara (U) Kutub Selatan Langit (KSL) berada di bawah horizon, di dekat titik selatan (S). Lingkaran ekuator tegak luras pada garis KUL - KSL.


Pada posisi bola langit miring masih kita jumpai bintang sirkumpoier. Namun ada juga bintang yang tidak pernah kelihatan, bila bintang itu terletak pada kutub yang berlawanan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini!

Macam-Macam Serta Penjelasan Posisi Bola Langit Pada Astronomi Bumi
  • Posisi bola langit sejajar


Posisi ini terjadi bila si pengamat memandang bola langit dari tempatnya di Kutub Utara. Dengan demikian Kutub Uta- ra Langit (KUL) berimpit dengan zenith dan Kutub Selatan Langit (KSL) berimpit dengan nadir.
Dengan posisi ini, orang-orang Kutub Utara akan meljhal matahari yang tidak terbenam, jika' matahari kebetulan beraada pada garis batik utara (Tropic of Cancer) . Sebaliknya pada saat itu, orang-orang Kutub Selatan (dari tanggal 22 Maret — 22 September) tidak akan pernah melihat matahari. Coba perhatikan gambar berikut ini!

Orang di Kutub Selatan tehtunya akah melihat matahari tidak ] terbenam, pada saat matahan di garis balik selatan, (Tropic of \ Capricorn). SebaHknya orang-orang di Kutub Utara tidak akan melihat matahari,

Macam-Macam Serta Penjelasan Posisi Bola Langit Pada Astronomi Bumi


0 Response to "Macam-Macam Serta Penjelasan Posisi Bola Langit Pada Astronomi Bumi"

Post a Comment