Keutamaan Air Dan Kehidupan Bumi

Sesungguhnya bila kita telaah, alam begitu banyak mengandung air dan Tuhan memang menciptakan air untuk dimanfaatkan oleh manusia sebaik mungkin. Namun y4ng patut dipertanyakan, kenapa kita kadang masih kekurangan air? khususny4 air bersih. Ap4l4gi di kota-kota besar sepert1 Jakarta, air merupakan barang yang begitu berharga atau bahkan bisa dianggap hampir langka.

Terbukti ketik4 PAM/ledeng tidak mengalir semua bingung mencari air. Untuk mendapatkarv air bersih. kita harus berkorban mengeluarkan uang banyak. Dan ini terjadi tidak lepas dari kurangrvya perhatian dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dan menjaga air tetap bersih. Kita bis4 lihat sungai-sungai s4at ini telah banyak Tercemar oleh limbah industri. kotoran.manusiajdan sampah-sampah yang dibuang sembarangan Maka' dari itu, diharapkan kesadaran: kita, bagaimana menjaga lingkungan kita agar tetap bersih serta .menggunakan ait sesuai dengan fungsinya, tidak menghambur-hamburkannya dengan sesuka hatinya. Sehingg4 ketersediaan air tetap bisa kita nikm4ti sepanjang jaman, termasuk generasi kita yang akan datang.
Keutamaan Air Dan Kehidupan Bumi

Hal ini pun tentunya harus ditunjang dengan dukungan dan program pemerintah dalam menggalakkkan kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan, menjaganya agar tetap bersih dan asri. Meniaga kebersihan air dengan tidak membuang sampah pada sungai
dan tempat saluran air lainnya. Adapun yang mengakibatkan air kotor, tidak dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan ad4nya perhatian pemerintah dan masyarakat yang selaras dalam menjaga kebersihan lingkungan dan air, berarti menyelamatkan generasi kita dari kekurangan air, khususnya air bersih.

Sesungguhnya jika gas oksigen serta gas hidrogen bertemu untuk membentuk suatu molekul air, reaksi yang terj4di sangatlah berbahaya karena bisa timbul panas yang tinggi bahkan Jedakan-karena oksigen adalah gas yang dibutuhkan untuk pembakaran dan adalah gas yang •imudah terbakar. T4pi untunglah Tuhan tel4h menyediakan air semenjak penciptaan sehingga kita tidak perlu membuat air dengan ledakan.

Kurang lebih dibebaskan energi berup4 panas sebesar 242 kilo Joule untuk membu4t air sebanyak 18 gram dari 22,4 liter atau 2 gram gas hidrogen dan~lT,2 liter atau 16 gram gas oksigen pada suhu 0 der4jat Celcius d4n tekanan satu atmosfer. Mari kita lih4t bentuk molekul air yang berh4sil diamati dengan berbagai percobaan dan perhitungan yang rumit Bentuk molekul air tersebut dan terutama sifat elektroniknya menjadikan air memiliki sifat fisika dan kimia yang fantastis. Apakah sifat elektronik itu? Dalam pemahaman kimia dan fisika, semua sifat-sifat atom serta molekul dapat ditentukan oleh perangai d4n keadaan elektron yang mengelilingi inti atom.

Temyata alam mengajarkan kita lebib banyak lagi tentang berbagi dan bekerja sama. Ikatan y4ng terjadi antar4 dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi satu molekul air disebut ikatan kovalen. Yaitu ikatan antar atom yang terjadi karena setiap atom menyumbangkan elektron y4ng dimiliki untuk s4ling berpasangan d4n digunakan bersama membentuk satu ikatan. Namun, k4rena oksigen memiliki kelebihan pasangan elektron. maka elektron yang tidak membentuk ikatan tersebut dikatakan sebagai “pasangan elektron bebas“. Ad4nya elektron bebas yang bersifat sangat negatif menjauhkan kedudukanny4 dari dua atom hidrogen sehingg4 ikatan H20 membengkok sebesar 107.5 derajat.

Sedangkan kead4an alamiah atom oksigen y4ng bersifat negatif dan atom hidrogen y4ng bersifat positif menimbulkan pengkutuban atau perbed4an muatan. Kedua keada4n itul4h yang menjadikan molekul air bersifat polar, artiny4 molekul air memil1ki perbedaan muatan y4kni negatif pada sisi pasangan elektron bebas dan positif pada sisi atom hidrogen.

Berkat sifat air yang polar, dia bisa melarutkan berbagai macam zat lain, misalnya darah, protein, vitamin, garam dan lain-lain. Kenyataanny4, air merupakan pelarut universal yang paling ramah terhadap lingkungan. Demiki4n sebaliknya, air terpisah dari minyak .d4n lemak karena adanya perbedaan kepolaran. coba b4yangkan jika suatu air dan minyak bisa bercampur, bet4pa susahnya untuk membersihkan Empahan minyak yang ada di laut lepas.
 
Walaupun demikian, sering kali sifat air sebagai pelarut universal yang merugikan dirinya.sendiri karena dia mudaH sekali tercemari beraneka ragam materi kimia maupun biologi sehingga sulit untuk membersihkannya lagi, apalagi ditambah dengan ketidakkepedulian kita untuk menjaga kemumiannya.

Adanya perbedaan suatu muatan yang dap4t menjadikan ikatan antar molekul air send1ri cukup kuat sehingga pada suhu ruangan dia berbentuk cair, dibandingkan dengan bensin yang segera menguap. Aksi tarik menarik antara atom hidrogen di satu molekul air dengan pasangan elektron bebas pada molekul air yang lain disebut ikatan hidrogen dan oleh sebab itu diperlukan suhu 100° Celcius untuk mengubah keadaan cair menjadi uap.

Air dikatakan memiliki nilai kalor spesifik yang tinggi, artinya dibutuhkan energi yang cukup besar untuk menjadikanny4 mendidih sebalikny4 air dapat melepaskan panas perlahan-lahan ke lingkungan. Berkat sifat tersebut iklim di bumi tetap stabil demikianjuga tubuh kita memiliki suhu yang konstan karenakurang lebih 70% permukaan bumi dan 60% tubuh mabluk bidup terdiri dari air

0 Response to "Keutamaan Air Dan Kehidupan Bumi"

Post a Comment