Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia - Geograph88

Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia

Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia
Indonesia terus membangun diri sebagai sebuah negara berdaulat dan sejahtera. Pembangungan terus digalakan hingga ke seluruh penjuru negeri 

Pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan di segala bidang kehidupan masyarakat dengan berdasarkan pada seperangkat nilai yang dianut, yang menuntun masyarakat untuk mencapai tingkat kehidupan yang didambakan. 

Pembangunan disini lebih diarahkan pada pembangunan potensi, inisiatif, daya kreasi dan kepribadian setiap warga masyarakat. Dalam proses pembangunan terjadi transformasi sosial ke arah lebih baik. 

Dengan pembangunan, masyarakat diharapkan semakin mampu mengelola alam bagi peningktan kesejahteraannya. 

Namun, hal ini tidaklah bearti bahwa pembangunan ahirnya harus mengeksploitasi alam secara seenaknya yang akhirnya hanya mengganggu keseimbangan ekosistem dan interaksi manusia dengan alam. Pembangunan menuntut orientasi masa depan bagi kelestarian manusia dan alam.

Pembangunan nasional Indonesia adalah suatu rangkaian usaha yang dilakukan secara berkelanjutan dalam semua bidang kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia untuk menuju suatu keadaan yang lebih baik.

Pembangunan nasional dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tujuan nasional seperti yang tertulis pada Pembukaan UUD 45 yaitu melindungi segenap bangsa Indoneisa dan seluruh tumpah darah Indonesia, meningkatkan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia
Jalan trans Papua membentang lebih dari 3.000 km
Pembangunan nasional tidak identik dengan pembangunan ekonomi dan politik saja. Pembangunan mental, spiritual, kepribadian, juga termasuk dalam kegiatan pembangunan (jiwa). 

Tidaklah mungkin pembangunan ekonomi akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia jika jiwa korupsi, mencuri, berkhianat ada dalam pundak para wakil rakyat dan pejabat di Indonesia. Percepatan pembangunan harus dimimbangi dengan percepatan pembangunan mental jiwa bangsa juga. 

Tujuan pembangunan nasional tentu memiliki tujuan dan dibagi menjadi tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 

Tujuan pembangunan jangka pendek adalah meningkatkan taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat yang semakin adil dan merata serta meletakan landasan kuat untuk tahap pembangunan berikutnya. 

Pembangunan jangka panjang bertujuan untuk suatu masyarakat adil dan makmur merata, material dan spiritual berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI yang merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib dan dinamis dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib dan damai.

Baca juga: Tujuan dan manfaat pewilayahan

Gambar: disini
close