Sumber Daya Alam Untuk Ketahanan Bahan Industri - Geograph88

Sumber Daya Alam Untuk Ketahanan Bahan Industri

Sumber Daya Alam Untuk Ketahanan Bahan Industri
Industri merupakan salah satu kegiatan produksi yang mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. 

Ketahanan bahan baku industri menjadi penting demi keberlangsungan produksi dan memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Ketahanan bahan baku industri merupakan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri. Indonesia punya potensi sumber daya alam yang bisa digunakan untuk keperluan bahan dasar industri.

1. Sumber Daya Alam Industri Pangan
Sumber daya alam yang digunakan untuk industri pengolahan pangan adalah hasil pertanian. 

Diversifikasi pangan dapat diusahakan untuk meningkatkan produktifitas lahan. Komoditas pangan Indonesia bermacam-maca dari mulai padi, jagung, singkong, buah, sayuran, dan lainnya. Komoditas perkebunan besar seperti sawit banyak tersebar di Kalimantan dan Sumatera. 

Sistem pertanian Indonesia telah berkembang sejak jaman nenek moyang dahulu kala. Pertanian di Indonesia terbagi menjadi pertanian lahan basah, lahan kering dan lahan pasang surut. Lumbung pangan Indonesia mayoritas berada di Jawa dan Sumatera.
Sumber Daya Alam Untuk Ketahanan Bahan Industri
Industri baja penting bagi pembangunan
2. Sumber Daya Alam Industri Non Logam
Bahan baku industri non logam banyak digunakan untuk bahan bangunan, kerajinan dan lainnya. Contoh pemanfaatan bahan galian non logam diantaranya adalah:

a. Andesit, dapat ditemukan di Sumatera Barat, Jawa Barat dan Jawa Timur. Marmer ada di Sumatera Barat, Lampung dan Jawa Timur. Batu apung terdapat di Kalimantan Barat dan Pulau Lombok.

b. Galian mineral industri yaitu bahan baku yang digunakan untuk industri seperti gamping, magnetit, batuan fospat, belerang. Batu gamping ditemukan di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa, Sumba, Sumbawa dan Papua. 

Magnesit ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Flores. Belerang tersebar di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

c. Bahan galian untuk kerajinan misalnya batu akik dan intan. Batu akik atau batu mulia banyak ditemukan di Aceh, Riau, Kalimantan dan Halmahera. Intan dapat ditemukan di Martapura.

3. Sumber Daya Alam Logam
Logam merupakan bahan galian bernilai tinggi dan dapat digunakan untuk keperluan industri berat seperti baja. 

Bijih besi merupakan salah satu bahan dasar logam baja. Logam lainnya adalah timah, nikel, bauksit, pasir besi dan tembaga. Logam adalah penghantar listrik yang baik. Gambar: disini
close