Perbedaan Cuaca dan Iklim - Geograph88

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan Cuaca dan Iklim
Kalian tentu sering mendengar yang namanya cuaca atau iklim. Di berita televisi atau di media cetak sering diulas mengenai keadaan cuaca, prakiraan cuaca atau isu perubahan iklim. 

Lalu apa bedanya cuaca dengan iklim. Baca juga: Fenomena el nino dan la nina

Simbol meteorologi
Cuaca adalah keadaan atmosfer dalam waktu singkat dan meliputi wilayah yang sempit. Contohnya adalah kalau pagi hujan kemudian siang terang, itulah perubahan cuaca , atau malam hari dingin dan siang hari panas. 

Iklim adalah keadaan rata-rata atmosfer dalam waktu relatif lama (minimal 30 tahun) dan meliputi wilayah yang luas.

Baca juga:

Kalau dilihat dalam tabel, kira-kira seperti ini membedakan cuaca dengan iklim


Iklim diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi iklim yang sering dan umum digunakan adalah iklim matahari. Iklim matahari menggolongkan wilayah di bumi berdasarkan gerak semu matahari dan garis lintang. Istilah yang sering dipakai untuk iklim matahari adalah iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang dan iklim kutub. Indonesia karena terletak di wilayah equator maka termasuk ke dalam iklim tropis dimana sinar matahari melimpah sepanjang tahun. Baca juga: Soal USBN Geografi 2017 dan jawabannya


Iklim Matahari


Gerak Semu Matahari
Itulah sekilas mengenai perbedaan cuaca dan iklim, semoga bermanfaat. Baca juga artikel tentang cuaca iklim berikut ini:


UPDATE PROMO QUIPPER VIDEO
Masih bingung menghadapi Ujian, UN dan SBMPTN?. Latihan soal, latihan soal, latihan soal, terus latihan soal!. Quipper Video akan membantu kamu memahami pelajaran dari rumah tanpa harus ribet keluar rumah lagi. Materinya lengkap pokonya. 


Latihan soal dengan Bank Soal SBMPTN Quipper Video!
Setiap soal yang kamu kerjakan ada penjelasannya
Biar kamu paham, lancar, dan terbiasa

https://api.whatsapp.com/send?phone=628977703302&text=Halo%20sir%20Saya%20Mau%20kode%20Quipper


Hubungi saya, Sir Agnas, Mitra Resmi Quipper, untuk discount berlanggannya!. Sumber: Youtube Quipper

close