Macam arah Utara - Geograph88

Macam arah Utara

Macam arah Utara
Utara atau north adalah salah satu penunjuk arah dalam peta. Dalam navigasi arah utara ternyata ga cuma satu aja lho. Arah Utara terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Utara Sebenarnya (True North)
2. Utara Peta/utara geografis (Grid North)
3. Utara Magnetis (Magnetic North)

Utara Sebenarnya (True North) adalah kutub utara bumi yang biasa dilambangkan dengan tanda bintang atau panah pada peta. 

Tanda tersebut mengarahkan pembaca pada utara sebenarnya yang sesuai dengan garis lintang bumi. Baca juga: Macam proyeksi peta di kartografi

Arah mata angin
Utara Peta/Geografis (Grid North) adalah  arah yang ditunjukkan oleh garis-garis tegak lurus vertikal (sumbu Y) dari grid suatu peta. 

Garis-garis ini di bentuk dari hasil proyeksi garis bujur dan lintang bumi pada peta yang kemudian diproyeksikan ke dalam koordinat (Grid). 

Hal ini disebabkan bentuk bumi yang lonjong sangat sulit untuk dilihat dalam satu pandangan secara keseluruhan. Baca juga: Rumus sex ratio dan dependency ratio

Utara pada peta
Utara Magnetis (Magnetic North) adalah suatu arah yang ditunjukkan kompas dari suatu tempat ke tempat tertentu ke kutub utara magnetis bumi yang terletak di Jazirah Boshia, sebelah utara Kanada.

Utara kompas magnetk
Gambar: disini 

Mau cari bimbel yang murah dan fleksibel jaman now?
close