5 Konsep Geografi Menurut Asosiasi Geograf Amerika - Geograph88

5 Konsep Geografi Menurut Asosiasi Geograf Amerika

5 Konsep Geografi Menurut Asosiasi Geograf Amerika
Jika kalian mempelajari materi geografi di kelas X tentunya kalian
akan bertemu dengan bahasan konsep geografi. Konsep geografi merupakan bagian dasar dalam mempelajari geografi secara holistik. Memang mempelajari konsep geografi membutuhkan waktu tidak sedikit karena pastinya setiap orang memiliki pandangan berbeda mengenai konsep tersebut dan kadang siswa saja seringkali bingung menjelaskan secara eksplisit mengenai konsep misalkan "morfologi". Konsep geografi yang sering dijelaskan oleh bapak/ibu guru di sekolah pastinya konsep geografi menurut Ikatan Geograf Indonesia. Kali ini saya akan membagikan konsep geografi yang dikeluarkan Asosiasi Geograf Amerika. Jika konsep geografi IGI ada 10 konsep maka konsep geografi menurut Amerika hanya ada 5. Lho ko bisa?Itulah cara pandang orang bisa berbeda-beda. Kalian bisa belajar mengidentifikasi dimana letak persamaan dan perbedaan diantara konsep geografi Indonesia dengan Amerika.
Geografi bukan hanya tentang menghapal nama lokasi atau tempat. Geografi berbicara tentang pengaturan pola keruangan sama seperti sejarah yang mengatur waktu.  Untuk membantu mengatur pola keruangan, para ahli geografi memfokuskan diri pada 3 pertanyaan penting:

1. Dimana itu terjadi?
2. Mengapa itu terjadi di sana?
3. Apa dampak yang ditimbulkan jika itu terjadi di sana?

5 Konsep geografi berikut dapat menjawab pertanyaan di atas:
1. Lokasi : Dimana lokasinya?
2. Tempat : Ada apa saja/seperti apa keadaan di sana?
3. Interaksi : Apa keterkaitan antara manusia dan lingkungan
4. Mobilitas : Bagaimana dan mengapa lokasi dapat terkoneksi satu sama lain
5. Wilayah : Bagaimana dan mengapa suatu wilayah dibedakan satu sama lain

A. LOKASI: Posisi suatu objek di pemrukaan bumi
Lokasi absolut dan lokasi relatif adalah dua cara untuk mendeskripsikan posisi suatu objek di permukaan bumi. Lokasi absolut dapat menjawab pertanyaan where is it?. Lokasi absolut didasarkan pada letak koordinat garis lintang dan bujur di permukaan bumi. Contohnya Indonesia terletak pada 6 derajat LU dan 11 derajat LS. Lokasi relatif adalah hubungan antar satu lokasi dengan lokasi lain. Contohnya adalah Kota Jakarta terletak di pertemuan 15 aliran sungai  yang berumuara di Laut Jawa. Rumah kamu juga dapat dilihat secara relatif, apakah itu dekat sekolah?dekat mall atu dekat stasiun dan lainnya.
B. TEMPAT: Karakteristik fisik dan sosial
Konsep tempat menjawab pertanyaan what's it like there?. Konsep ini memberikan gambaran tentang apa yang dapat dibedakan dari satu tempat dengan tempat lain di bumi. Ahli geografi mendeskripsikan tempat dalam dua tipe karakterstik yaitu fisik dan sosial. Karakteristik dibangun dari tenaga endogen dan tenaga eksogen seperti sungai, lembah, plato, gunung api, ekosistem dan lainnya. Karakteristik sosial terkait dengan bentukkan hasil aktivitas manusia seperti perumahan, taman, jalan, waduk dan lainnya.
C. INTERAKSI: Pembentukan suatu bentang alam
Karakteristik fisik dan sosial dari suatu tempat adalah kunci untuk memahami hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Konsep utama dalam interaksi adalah
1. Manusia tergantung oleh keadaan alam: kondisi lingkungan sangat memengaruhi terhadap pola hidup manusia baik langsung maupun tidak langsung seperti dalam hal pemenuhan pangan, jenis rumah dan budaya.
2. Manusia merubah lingkungan/alam: Manusia dapat merubah/memodifikasi kondisi alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti membangun dam, sekolah, irigasi, pertanian dan banyak hal lagi.
3. Manusia beradaptasi dengan lingkungannya: Manusia yang telah lama bermukim di suatu lokasi biasanya mereka mampu beradaptasi dengan lingkungannya meskipun kondisi alam cukup berat. Misalnya 
D. MOBILITAS: Interaksi manusia di bumi
Konsep ini menjawab pertanyaan: Bagaimana dan mengapa tempat terhubung satu sama lain?. Perbedaan lokasi kini tidak berarti dengan kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi. Perpindahan manusia, barang, jasa bahkan ide kini semakin cepat dengan adanya transportasi massa dan internet.
E. WILAYAH: Bagaimana elemen ruang terbentuk dan berubah 
Wilayah adatu region merupakan bagian yang penting dalam mempelajari geografi. Wilayah dapat didefinisikan sebagai suatu daerah yang memiliki karakter tersendiri dan dapat dibedakan satu sama lain. Ada yang mendefinisikan wilayah berdasarkan perbedaan kenampakan fisik dan ada pula yang didefinisikan berdasarkan kenampakan sosial. 

Menara Eifel merupakan landmark khas kota Paris
Bagaimana menurut kalian?lebih enak menggunakan konsep geografi IGI atua milik Amerika?. Silahkan beri pendapat masing-masing.

Sumber dan Gambar:
close