Proses Terbentuknya Guyot - Geograph88

Proses Terbentuknya Guyot

Proses Terbentuknya Guyot
Jika anda sedang belajar mater hidrosfer khususnya morfologi dasar laut tentu pasti mendengar istilha "guyot". 

Guyot merupakan salah satu morfologi dasar laut berupa gunung yang puncaknya relatif datar. Lho kok bisa datar?bagaimana prosesnya. Berikut penjelasan singkatnya:

Tahap 1: New Oceanic Island
Permulaan kisa guyot ini diawali dari kelahiran sebuah pulau baru di tengah samudera yang biasanya muncul pada titik hotspot lautan.

Pulau tersebut sebearnya adalah gunung api yang muncul ke permukaan laut seperti Hawai dan Krakatau.

Tahap 2: Fringing Reef
Setelah pulau vulkanik tadi terbentuk lalu muncullah terumbu karang. Terumbu karang butuh lokasi yang dangkal, hangat dna jernih untuk hidup nyaman dan damai makanya banyak terumbu karang atau "reef" mengelilingi pulau vulkanik tadi.

Tahap 3: Barrier Reef
Dengan berjalannya waktu dan pergerakan lempeng, pulau yang terbentuk tadi kehilangan aktivitas magmatiknya, maka tidak ada lagi material baru yang dikeluarkan dari dalam bumi ke permukaan. 

Selama itu pula terumbu karang makin banyak bermunculan dan menambah beban pulau ditambah erosi yang berasal dari arus dan gelombang laut dan akhirnya lambat laun pulau tadi jadi tenggelam seperti kapal Titanic yang karam di Samudera Atlantik. 

Setelah itu terbentuklah laguna di sekitar pulau (laguna adalah daerah yang digenangi oleh air laut). Terumbu karang sendiri tetap mengelilingi pulau dan membentuk semacam penghalang (barrier reef).

Tahap 4: Atol
Makin lama, lama makin, pulau tadi semakin tenggelam, namun terumbu karang masih bertahan sehingga lambat laun membentuk cincin karang yang disebut Atol.

Tahap 5: Guyot
Terumbu karang yang tadinya mengelilingi pulau akhirnya tumbang dan pulau tadi yang dulu berjaya di lautan kini sudah tenggelam hingga jaraknya terlalu jauh untuk terumbu karang bisa hidup. 

Dan yang tersisa adalah......jreng itulah "guyot", sebuah gunung bawah laut  dengan puncak yang datar bukan runcing seperti dulu karena pengaruh erosi gelombang dan arus laut saat proses penenggelaman pulau terjadi. 

Tahapan Pembentukkan Guyot

Gambar: disini
close