Konsep Geografi Menurut Getrude Whipple - Geograph88

Konsep Geografi Menurut Getrude Whipple

Konsep Geografi Menurut Getrude Whipple
Konsep Geografi Menurut Getrude Whipple- Geografi pada dasarnya mempelajari gejala dan fenomena yang terjadi dalam ruang. 

Gejala dan fenomena tersebut merupakan perpaduan dari aspek fisikal dan kehidupan itu sendiri. Realita itu akan membentuk suatu pola abstrak dalam pikiran manusia. 

Gambaran abstrak suatu gejala atau konsep nyata tersebut dikenal dengan konsep.

Konsep mengandung sejumlah ide yang dapat dikembangkan sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman orang yang menerjemahkannya. Konsep yang mengandung makna geografis disebut dengan konsep geografi. 

Kalau dalam ilmu lain seperti matematika, konsep tersebut antara lain konsep bilangan genap, ganjil, konsep logaritma dan lainnya. Baca juga: Contoh soal konsep geografi dan jawabannya

Konsep geografi sangat beragam dan salah satu konsep geografi yang terkenal dikemukakan oleh Getrude Whipple yaitu:
http://farm3.static.flickr.com/2023/2312450590_0a22f8b8e0.jpg?v=0
1. The earth as a planet (Bumi sebagai planet)
Bumi merupakan salah satu planet di dalam tata surya dan alam semesta. Selain itu bumi adalah satu-satunya planet yang memungkinkan untuk terjalinnya suatu kehidupan yang kompleks. 

Jadi lokasi planet bumi dan semua unsur lainnya sudah diciptakan Tuhan agar dapat dihuni oleh manusia dan mahluk lainnya. Karena bumi merupakan satu-satunya planet kehidupan maka tugas manusia untuk menjaganya agar tidak rusak.

2. Varied ways of living (Keberagaman cara hidup)
Bumi terdiri dari beragam kenampakan fisik dari mulai dataran tinggi, lembah, dataran rendah, pantai, hingga dasar lautan. 

Perbedaan kenampakan tersebut menyebabkan adanya keberagaman cara hidup mahluk yang hidup pada lingkungan tersebut. Penduduk yang hidup di pantai akan bergantung pada hasil nelayan, penduduk di daerah pegunungan akan bergantung pada hasil hutan dan lain sebagainya. 

Hal ini berlaku juga bagi mahluk lainnya selain manusia. Kaktus di gurun memiliki lapisan lilin di batangny untuk mengurangi penguapan sedangkan beruang kutub dan penguin memiliki bulu yang tebal untuk mengantisipasi cuaca ekstrim.

3. Varied natural region (Keberagaman kondisi alam)
Bumi ini sudah berevolusi sejak ia diciptakan milyaran tahun lalu. Melalui proses endogen dan eksogen ditambah ekstraterestrial, permukaan bumi berubah secara berkesinambungan. Hasil dari perpaduan tenaga tadi diantaranya gunung api, benua, palung, kawah meteorit, gua karst, sungai, danau dan lainnya. 

4. The significance of region to man (Pentingnya wilayah bagi manusia)
Bumi ini terbagi menjadi wilayah-wilayah yang bermacam-macam. Setiap wilayah memiliki karakteristik masing-masing. Manusia dapat hidup dan berkembang dari sumber daya yang ada di wilayahnya tersebut. 

Peradaban Mesopotamia berkembang pesat karena wilayahnya berada di antara Sungai Eufrat dan Tigris yang menyediakan kemudahan dalam hal transportasi dan hasil alam lain. Kota Bandung memiliki dataran pegunungan yang bermanfaat untuk dijadikan sentra perkebunan dan wisata alam.

5. The importance of location in understanding world affairs (Pentingnya lokasi dalam rangka memahami suatu peristiwa)
Setiap lokasi di bumi ini punya sesuatu yang unik. Mengapa di Indonesia banyak gunung api sedangkan di Inggris tidak ada?. 

Mengapa Tornado banyak terjadi di Amerika Serikat?. Mengapa negara maju banyak berlokasi di wilayah iklim tinggi?.  

Hal tersebut merupakan suatu hal yang unik dan harus dianalisa lebih dalam untuk mendalami suatu peristiwa. Setiap lokasi akan memberikan data dan fakta yang bisa sama maupun berbeda dan menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi manusia.

Itulah penjelasan konsep geografi menurut Getrude Whipple. Bagi yang mau menambahkan silahkan ketik di komentar saja. Baca juga:Konsep Geografi Menurut IGI
close