Perbedaan Episentrum dan Hiposentrum

- January 28, 2013
Gempa merupakan fenomena yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia khususnya Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Ketika gempa terjadi seringkali disebutkan istilah episentrum dan hiposentrum. Dimana letak perbedaannya?

Baca juga:
Pengaruh vulkanisme bagi kehidupan
Pegunungan lipatan di permukaan bumi dan dinamikanya

Hiposentrum adalah titik pusat gempa di kedalaman bumi. Jadi hiposentrum berada di bawah permukaan bumi sedangkan episentrum adalah titik pusat gempa di permukaan bumi yang tegak lurus dengan hiposentrum. Jadi bedanya episentrum ada di atas permukaan bumi sedangkan hiposentrum di bawah permukaan bumi.

Jika anda berada di wialyah dekat episentrum saat gempa terjadi maka dipastikan anda akan mengalami guncangan paling dahsyat. Kerusakan berat pasti terjadi di sana karena dekat titik sumber getaran gempa. Untuk menghitung letak episentrum gempa ada caranya yaitu dengan menggunakan rumus LASKA. Metodenya adalah dengan menggunakan selisih datangnya gelombang sekunder dan primer gempa dalam satuan waktu. Ulasannya dapat dilihat pada postingan berikutnya. Baca juga: Soal UN Pengembangan wilayah dan jawabannya

Gempa di bawah permukaan bumi

Semoga bermanfaat.....
Comments
0 Comments

Berkomentar dengan bahasa yang baik ya!

 

Ketik materi yang kamu cari disini...

close
MAU KODE DISKON QUIPPER?