5 Negara Terkaya di Dunia - Geograph88

5 Negara Terkaya di Dunia

5 Negara Terkaya di Dunia
Baru-baru ini majalah Forbes mengeluarkan daftar negara terkaya di dunia. Indikator yang dinilai adalah Pendapatan Domestik Brutto dan Dana Moneter Internasional. 

Berikut profil negara-negara tersebut.
1. Qatar
Negara yang berada di Teluk Persia ini tercatat sebagai negara terkaya di dunia. Dengan cadangan minyak  dan gas alam yang besar dan jumlah penduduk yang hanya 1, 7 juta jiwa menjadikan pendapatan per kapita menjadi tinggi. 

Perkembangan infrastruktur di negara ini sangat tinggi dan modern. Berbagai gedung pencakar langit dibangun di tengah kota dan dengan desain yang mengagumkan. Pendapatan perkapita mencapai 88.000 US Dollar. 

Qatar
2. Luxemburg
Negara tetangga Belanda dan Belgia ini berada di urutan dua karena penduduknya yang hanya setengah juta jiwa dan memiliki peraturan pajak dan perbankan yang ketat. Pendapatan per kapita mencapai lebih dari 81.000 US Dollar.
Luxemburg
3. Singapura
Negara di Selat Malaka ini menduduki peringkat 3 dengan pendapatan perkapita mencapai 56.700 US Dollar. Sektor manufaktur, teknologi dan finansial menjadi kekuatan negara Asia Tenggara ini.
Singapura
4. Norwegia
Negara Skandinavia ini berada di urutan 4 berkat pendapatannya dari minyak bumi dan ekspor gas alam. Pendapatan perkapita mencapai 52.000 US Dollar. 
Norwegia
5. Brunei Darussalam
Kesultanan Brunei berada di urutan 5 dengan pendapatan perkapita lebih dari 48.000 US Dollar. Minyak dan gas alam menjadi andalan dari negara ini.
Brunei Darussalam
close