Mobilitas Penduduk (Population Mobility) - Geograph88

Mobilitas Penduduk (Population Mobility)

Mobilitas Penduduk (Population Mobility)
Pernahkah anda pindah/bergerak dari satu daerah ke daerah lainnya dengan tujuan tertentu?Disebut apakah pola pergerakan itu?

Pola pergerakan tersebut dinamakan mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk dapat diartikan sebagai perpindahan/gerakan penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya dengan tujuan tertentu. 

Mobilitas tidak hanya diartikan sebagai pergerakan di manusia di permukaan bumi saja tetapi bisa diartikan sebagai pergerakan/perubahan pola hidup. Untuk mempermudah pemahaman, saya akan membagi mobilitas ke dalam 2 jenis yaitu mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal.

Baca juga:

People Mobility

Mobilitas vertikal artinya perubahan pola hidup masyarakat pedesaan yang bersifat tradisional ke arah pola hidup modern.

Mobilitas horizontal (geografis) yaitu perpindahan penduduk yang melintasi batas administrasi/wilayah dan dalam jangka waktu tertentu. Mobilitas horizontal dibagi menjadi beberapa jenis seperti commuter, urbanisasi, reurbanisasi, transmigrasi, imigrasi dan emigrasi.

Commuter yaitu perpindahan  seseorang dalam satu hari dan tidak menetap (bolak-balik). Urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Reurbanisasi yaitu kembalinya masyarakat dari kota ke desa. 

Transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang masih jarang penduduk. Imigrasi yaitu perpindahan penduduk dari luar negeri ke dalam negeri. Emigrasi yaitu perpindahan penduduk dari dalam negeri ke luar negeri. 
Kemacetan Akibat Moblitas Penduduk
Di era global seperti saat ini mobilitas penduduk sangatlah cepat dikarenakan beberapa faktor seperti:
1. Kemajuan telekomunikasi
2. Mudahnya sarana dan prasarana transportasi
3. Tuntutan sosial dan ekonomi
4. Perubahan pola pikir
Gambar: disini, disini
close