Profil Air Tanah - Geograph88

Profil Air Tanah

Profil Air Tanah
Kita tentu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi dari mana sih asal air tersebut?. 

Kok bisa air berada di bawah permukaan tanah?. Apakah air dibawah tanah tersebut mengalir deras juga seperti sungai?. 

Mungkin itu pertanyaan yang sering kita pikirkan tentang air tanah. Baca juga: Teori pergerakan benua Wegener

Air tanah pada hakikatnya merupakan air yang terdapat pada lapisan tanah dan bebatuan di bawah permukaan bumi. 

Banyak sedikitnya air di dalam tanah dipengaruhi oleh sejarah dan konsisi geologi wilayah tersebut, delinasi dan kondisi formasi batuan di daerah tersebut. 

Jadi jangan heran di Indonesia jika musim kemarau tiba sering terdapat wilayah yang dilanda kekeringan akibat hilangnya sumber mata air, selain itu ada pula daerah yang tetap memiliki sumber daya air tanah. 

Itulah karakteristik air tanah di berbagi tempat berbeda-beda. Jadi bagaimana gambaran air tanah itu sebenarnya?Kita lihat pada gambar di bawah ini. Baca juga: Masalah kependudukan di Indonesia jaman now


Air Dalam Pori Tanah
Dalam gambar di atas dapat dilihat bahwa air dalam tanah itu berada pada sela-sela butir pasir/batuan di bawah tanah, bukan mengalir seperti air sungai yang deras. Manusia dapat mengambil air tersebut salah satunya dengan membuat sumur buatan. Untuk melihat penampang air tanah secara luas, lihat gambar di bawah ini.


Profil Air Tanah
Gambar di atas menunjukkan profil air tanah dalam skala luas. Terdapat beberapa zona dengan karakteristik tertentu.  Zona tersebut diantaranya adalah


Aquifer (Akuifer) adalah formasi geologi atau grup formasi yang mengandung air dan secara signifikan mampu mengalirkan air melalui kondisi alaminya. (lapisan pembawa air)
Aqueiclud adalah formasi geologi yang mungkin mengandung air, tetapi dalam kondisi alami tidak mampu mengalirkannya, misalnya lapisan lempung. (lapisan kedap air)
Aquitard adalah formasi geologi yang semikedap, mampu mengalirkan air tetapi dengan laju yang sangat lambat jika dibandingkan dengan akuifer. Meskipun demikian dalam daerah yang sangat luas, mungkin mampu membawa sejumlah besar air antara akuifer yang satu dengan lainnya
Aquifuge merupakan formasi kedap yang tidak mengandung dan tidak mampu mengalirkan air. 
close