Manisnya Manggis Tasikmalaya - Geograph88

Manisnya Manggis Tasikmalaya

Manisnya Manggis Tasikmalaya
Kabupaten Tasikmalaya  sudah terkenal sebagai penghasil buah manggis di Jawa Barat dan bahkan Indonesia. 

Buah ini bernama latin Garcinia Mangostana atau dalam bahasa Sunda bernama Manggu. Sentra penghasil manggis utama terdapat di Kecamatan Puspahiang. 

Saat ini penyebaran produksi manggis meluas hingga kecamatan Salawu, Sodonghilir, Tanjungjaya, Mangunreja, Sukaraja dan Jatiwaras. Manggis dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan jenis tanah pegunungan tipe podzolik merah kuning. 

Daerah Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki relief pegunungan saya cocok untuk pertumbuhan pohon manggis. Buah manggis termasuk buah musiman dan pohonnya hanya sekali berbuah dalam satu tahun. 

Di Tasikmalaya budidaya buah berwarna ungu dan manis ini masih sebatas turun temurun dan belum dikembangkan secara modern sehingga kapasitas produksinya tidak sebesar buah jenis lain. 

Akan tetapi buah manggis asal Tasik ini menjadi komoditas andalan sampai diekspor ke luar negeri. Puncak panen manggis di Tasikmalaya berkisar antara bulan Januari, Februari dan Maret.

Buah Manggis

Khasiat buah manggis sangat besar yaitu berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas dari luar, selain itu kulit buah manggis ternyata dapat digunakan sebagai obat kanker menurut studi para ahli kesehatan. Makanya anda yang ingin awet mudah, rajin-rajinlah makan buah manggis.

Pohon Manggis
Pohon manggis ini dapat berbuah secara alami ketika sudah berumur 10 tahun. Lama sekali bukan?Akan tetapi rasanya begitu dahsyat menggoda. 

Anda jika mampir langsung ke Tasikmalaya wajib membeli buah ini, karena jika dipasarkan di daerahnya sendiri harganya realtif murah ada yang per bijinya sekitar 500 rupiah, sedangkan per kilo untuk kualitas super berkisar sampai 20.000an. 

Di tepat saya bekerja di Banjarmasin, harga manggis sangat mahal, satu biji bisa sampai 5000 rupiah, bukan main mahalnya. 

Makanya anda yang saat ini sedang berkunjung ke Tasik, sempatkanlah membeli buah manggis ini, itu pun kalau lagi musimnya. Hmmm..jadi ingin cepat-cepat pulang ke Tasik kalau sudah melihat buah manggis yang begitu eksotik.

Sumber dan Gambar:
close