Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya - Geograph88

Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya

Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
Jika anda mendengar kata "situ", mungkin pikiran anda langsung menunju pada sebuah danau. 

Situ dalam bahasa sunda merupakan nama lain dari danau baik itu danau alami maupun danau buatan. Situ atau danau merupakan kumpulan massa air tawar yang cukup luas dan mengisi suatu cekungan. 

Kabupaten Tasikmalaya jika ditelusuri lebih jauh memiliki banyak potensi objek wisata situ yang sangat indah. 

Situ tersebut terbentuk akibat gaya tektonik sehingga permukaan bumi membentuk suatu cekungan yang kemudian terisi air. Berikut ini beberapa situ di Kabupaten Tasikmalaya yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga anda.

1. Situ Sanghiyang
Situ Sanghiyang terletak di Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini berjarak kurang lebih 27 km dari Kota Tasikmalaya. Anda dapat menuju situ ini melalui 2 jalur yaitu melalui Sukaraja atau melalui Singaparna. 

Situ Sanghiyang memiliki luas kurang lebih 16,7 Ha. Situ Sanghiyang memiliki pemandangan yang asri dan tenang dikarenakan terletak di perkampungan yang masih jauh dari hiruk pikuk. 

Di objek wisata ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari memancing, berkemah, foto-foto atau menyewa rakit jika ingin mengarungi situ. Di sekitar situ terdapat beberapa gazebo untuk tempat beristirahat. 

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa di sekitar Situ Sanghiyang ditemukan sejumlah batu berukir yang terbenam dalam tanah milik warga. 

Cerita lisan masyarakat setempat menyebutkan bahwa dahulu di kawasan Situ Sanghiyang pernah berdiri Kerajaan Galuh Sanghiyang dan Kerajaan Saung Gentong.

Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
Gazebo Situ Sanghiyang
Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
Situ Sanghiyang
2. Situ Denuh
Situ Denuh terletak di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Tasikmalaya. 

Situ Denuh terletak di daerah pegunungan yang masih sangat asri dan memberikan nuansa alami. 

Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 sampai tiga jam dari pusat kota Tasikmalaya ke arah selatan jika ingin mengunjungi objek wisata ini. 

Di sekitar Situ ini terdapat  beberapa situs seperti Situs Tugu, Situs Bale Kembang, Situs Lemah Badong, Goa Potong Kujang, Goa Binuang, Goa Cikuda Hilang, Goa Pasir Leungit dan makam keramat Eyang Jatnaka. 

Kondisi fisik memang harus prima dikarenakan di perjalanan anda akan melalui berbagai medan yang naik turun namun rasa lelah tersebut akan segera hilang ketika sudah sampai di lokasi.

Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
Situ Denuh
3. Situ Cilangla
Situ Cilangla terletak di wilayah kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini juga berlokasi di daerah dataran tinggi. Anda dapat menuju lokasi Situ Cilangla dengan melalui jalur angkutan Taraju. 

Daerah Situ Cilangla merupakan dataran tinggi yang didominasi oleh perkebunan teh yang sangat sejuk. Di perjalanan anda akan disuguhi pemandangan bukit-bukit dan pesawahan hijau yang sangat indah khas Priangan. 

Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
Situ Cilangla
Nah itulah beberapa objek wisata situ yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Indah bukan? Itu baru situ lho, nanti saya berikan lagi deskripsi beberapa objek wisata lain di postingan berikutnya. Selamat berlibur bersama keluarga. Ditunggu komentarnya dibawah ya..
close