Perbedaan Asteroid, Meteorit dan Komet serta dampaknya bagi kehidupan - Geograph88

Perbedaan Asteroid, Meteorit dan Komet serta dampaknya bagi kehidupan

Perbedaan Asteroid, Meteorit dan Komet serta dampaknya bagi kehidupan
Bagi yang suka nonton film, tentu kalian pernah tahu mengenai Stras Wars,Armageddon, Independence Day dan lainnya yang mengisahkan tentang benda-benda luar angkasa. 

Benda-benda luar angkasa tersebut seperti meteor, komet, bintang dan lainnya. Kali ini kita akan sedikit mengenal lebih jauh mengenai apa itu asteroid, meteorit dan komet. 

Kenapa kita membahas itu?karena benda langit tersebut memiliki pengaruh terhadap kehidupan di muka bumi. Alam semesta ini dipenuhi oleh benda-benda padat setelah terjadinya Big Bang seperti asteroid, meteorit dan komet. Apa perbedaan ketiga benda tersebut?

Komet
Komet adalah benda luar angkasa yang tersusun atas es dan memiliki ekor serta orbitnya mengelilingi matahari. Ekor komet berasal dari pecahan debu dari inti komet yang memanas ketika bergerak melintasi matahari. 

Orbit komet bervariasi, ada yang pendek ada juga yang panjang samapi 100.000 tahun.  Komet yang memiliki periode pendek kebanyakan berasal dari wiayah Sabuk Kuiper sedangkan komet yang memiliki periode panjang berasal dari Awan Oort yang berada di batas terluar tata surya. 

Komet yang paling terkenal adalah komet Halley yang muncul pada tahun 1986 dan akan kembali lagi terlihat melintasi pada tahun 2061.

Orbit Komet
Komet Halley

Asteroid
Asteroid adalah benda kecil yang mengorbit matahari dalam tata surya dan memiliki ukuran dari beberapa meter hingga ratusan kilometer. Beberapa asteroid memiliki ukuran yang sangat besar sehingga sering disebut planetoid (planet kecil). 

Terdapat jutaan asteroid yang ada di tata surya ini dan paling banyak terdapat diantara orbit Mars dan Jupiter. Ada teori yang mengatakan asteroid merupakan pecahan benda langit pada saat tata surya terbentuk dan terperangkap diantara orbit Mars dan Jupiter karena gravitasi Jupiter yang besar menahan laju asteroid tersebut. Asteroid terbesar saat ini bernama Ceres yang berdiameter hingga 400 km.

Asteorid
Meteorit
Meteorit adalah benda luar angkasa yang mencapai permukaan bumi melalui atmosfer. Meteorit akan bercahaya ketika memasuki atmosfer bumi karena bergesekan dengan lapisan atmosfer. Meteorit dinamani sesuai dengan lokasi jatuhnya, seperti kawah meteorit di Arizona. 

Meteorit dapat mengungkap fakta mengenai asal usul terjadinya bumi. Di bumi ini banyak terdapat tempat bekas jatuhan meteorit pada masa lampau.

Batu Meteorit

Dampak bagi bumi
Selama sejarah perkembangan bumi, sudah terjadi beberapa kali hantaman benda langit yang jatuh ke bumi. Salah satu yang terbesar adalah 65 juta tahun yang lalu ketika meteorit raksasa menghancurkan habitat dinosaurus. 

Untungnya pada zaman peradaban manusia belum pernah lagi terjadi peristiwa tersebut. Dampak dari benturan meteorit diredam oleh atmosfer bumi sehingga dampak yang ditimbulkan bagi bumi tidak terlalu besar.

Kawah Meteorit Arizona Amerika Serikat
Sumber dan Gambar:
close