Mineral dan Pemanfaatannya - Geograph88

Mineral dan Pemanfaatannya

Mineral dan Pemanfaatannya
Setiap orang di dunia menggunakan produk yang terbuat dari mineral setiap hari. 

Mulai dari garam, kawat kuningan, tablet obat dan barang-barang lainnya berasal dari berbagai jenis mineral.

Dibutuhkan banyak mineral untuk menghasilkan sebuah produk sederhana sekalipun seperti pensil yang terbuat dari mineral grafit dan tanah liat. 

Jadi apa itu mineral?
Para geolog mendefinisikan mineral sebagai suatu zat yang setidaknya memiliki 5 ciri berikut
  • terbentuk secara alami
  • bersifat anorganik
  • padat
  • memiliki komposisi kimia tertentu
  • memiliki struktur kristal
Terbentuk secara alami artinya bukan buatan manusia dan itu adalah murni karena proses alam. Besi baja bukan termasuk mineral karena logam baja dihasilkan oleh manusia. Anorganik artinya zat tersebut tidak dibuat oleh suatu organisme/mahluk hidup. 

Padat artinya bukan benda gas dan cair pada suhu dan tekanan tertentu. Memiliki komposisi kimia berarti suatu mineral memiliki komposisi kimia bervariasi sampai batas tertentu. 

Contohnya mineral garam (halite) memiliki komposisi kimia NaCl. Memiliki struktur kristal artinya atom-atom pembentuk mineral tersusun atas pola yang sistematis dan teratur. 

Mineral Hummingbird
Mineral Vanadinite
Mineral Pirit


Kata "mineral" sebenarnya dapat digunakan dalam berbagai kepentingan. Definisi di atas adalah definisi yang dihasilkan oleh geolog. 

Di dalam kedokteran, mineral diidentikkan sebagai gizi/nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh mahluk hidup seperti sulfur, besi, natrium dan lainnya. Dalam geologi setiap mineral memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda. 

Penggunaan istilah mineral diawali dari taksonomi Linnaean dimana segala sesuatu yang dapat diberikan/dinamai kepada hewan, tumbuhan dan kerajaan mineral.

Sumber dan Gambar
Geology.about
close