Prinsip Pengembangan Pariwisata - Geograph88

Prinsip Pengembangan Pariwisata

Prinsip Pengembangan Pariwisata
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat potensial dikembangkan di berbagai wilayah di Indonesia. 

Menurut UU No 10 Tahun 2009,wisata dapat diartikan sebagai kegiatan perjalanan yang dilakukan seseorang atau berkelompok dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam waktu sementara. 

Daya tarik wisata dapat berupa fenomena alam maupun budaya. Indonesia merupakan negara yang banyak sekali menyimpan potensi wisata baik wisata alam seperti gunung, air terjun, pantai, maupun wisata budaya seperti di Bali, Kampung adat, dan lainnya.

Potensi tersebut harus dikembangkan untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga nantinya mampu meningkatkan pendapatan daerah. Dalam pengembangan suatu objek wisata setidaknya harus diperhatikan 3 prinsip berikut:

1. Something to see
Artinya adalah terdapat suatu objek yang menarik yang dapat dilihat dan dapat memanjakan mata dan menenteramkan hati. Objek tersebut dapat berupa pemandangan alam seperti pegunungan, air terjun, pantai pasir putih, pesawahan atau objek budaya seperti upacara adat, hasil-hasil kerajinan atau lainnya. 

2. Something to do
Artinya adalah ada sesuatu yang dapat dilakukan oleh pengunjung selain melihat objek wisata utama tadi. Misalnya ketika mengunjungi lokasi wisata air terjun, para pengunjung tidak hanya melihat pemandangan air terjun saja, namun dapat melakukan aktivitas berendam di bawah air terjun agar dapat merasakan sejuknya air di sekitarnya.

3. Something to buy
Artinya ada sesuatu yang dapat di beli di sekitar objek tersebut baik itu berupa souvenir, makanan, minuman atau jasa seperti penginapan. Tentunya pengunjung akan banyak mendatangi suatu objek wisata apabila di sekitarnya terdapat fasilitas penunjang lain.

Itulah 3 prinsip yang harus diperhatikan ketika akan mengembangkan sebuah objek wisata. Semoga bermanfaat.


Sumber dan Gambar: disini
close