Fungsi dan Nilai Pembelajaran Geografi - Geograph88

Fungsi dan Nilai Pembelajaran Geografi

Fungsi dan Nilai Pembelajaran Geografi
Setiap ilmu pengetahuan memiliki nilai bagi kehidupan tak terkecuali geografi. Beberapa nilai geografi yang penting bagi kehidupan manusia antara lain:

1. nilai teoritik
Geografi memberikan sumbangsih teori-teori atau konsep untuk pengembangan geografi atau ilmu lainnya.Teori-teori tersebut senantiasa berkembang sesuai dengan perubahan variasi kenampakan ruang di permukaan bumi.
2. nilai praktis
Artinya geografi berguna untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di atas permukaan bumi yang berkaitan dengan aktivitas manusia itu sendiri. Berbagai penelitian geografi dapat membantu meningkatkan taraf hidup manusia di atas ruang permukaan bumi.
3. nilai edukatif
Geografi dapat membantu manusia berfikir kritis, terampil dan dewasa dalam berperilaku di atas ruang permukaan bumi. Pemahamam akan kesadaran spasial diharapkan mampu membuat manusia menjadi cerdas dalam mengelola lingkungan.
4. nilai ketuhanan
Nilai ini lebih menyadarkan manusia tentang hubungannya dengan Sang Pencipta. Ruang permukaan bumi merupakan tempat interaksi manusia dengan komponen lainnya seperti hewan, tumbuhan, udara dan air. Hubungan yang serasi diantara komponen tersebut akan membuat kehidupan berjalan harmonis dan seimbang.

Sumber:
BSE Geografi
close