Booming Batu Akik?Mengapa Banyak Terdapat di Indonesia? - Geograph88

Booming Batu Akik?Mengapa Banyak Terdapat di Indonesia?

Booming Batu Akik?Mengapa Banyak Terdapat di Indonesia?
Bulan-bulan ini masyarakat Indonesia banyak disuguhkan dengan fenomena "booming" batu
akik di berbagai wilayah. 

Tak ayal boomingnya berita batu akik mengakibatkan menjamurnya pedagang batu akik di berbagai wilayah. 

Banyak masyarakat yang berduyun-duyun pergi ke gunung, bukit bahkan sungai untuk mencari keberadaan batu akik dan dijadikan batu cincin nantinya. 

Sebenarnya sejak dahulu batu akik memang banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai perhiasan atau jimat dan lainnya, namun hebohnya baru sekarang ini terasa. 

Saya pun jadi kena getah dari berita booming batu akik ini karena ada teman yang minta dikirimkan batu akik dari Kalimantan Selatan padahal yang namanya batu yang sama saja to,,hhhaa. 

Ragam Batu Mulia Nusantara
Lalu mengapa di Indonesia banyak terdapat batu akik?. Saya akan jelaskan dari sisi geografi dan geologi sedikit supaya kalian tahun tentang terbentuknya batu akik. 

Batu atau batuan pada dasarnya berasal dari magma yang membeku. Batuan merupakan bahan bentukkan alam yang bersifat padat dan tersusun atas atas satu jenis mineral atau lebih. 

Batuan menurut pembentukannya ada 3 yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf
  • batuan beku = terbentuk langsung akibat pembekuan magma
  • batuan sedimen = terbentuk karena pengendapan
  • batuan metamorf = terbentuk karena perubahan batuan sebelumnya akibat suhu dan tekanan tinggi di dalam bumi
Dari ketiga jenis batuan tersebut, batu akik termasuk ke dalam batuan metamorf. Ciri khas dari batuan ini adalah kristal batuannya memiliki alur-alur tertentu dan warnanya berubah. 

Batuan metamorf ini terbentuk di dalam bumi dan bisa muncul di atas permukaan tanah jika sudah mengalami deposisi/pengangkatan atau uplift dalam bahasa geologi. Kalian pernah liha batu marmer?

Marmer merupakan batuan metamorf yang awalnya adalah batu kapur yang terkena panas dan tekanan berubah wujudnya jadi seperti keramik.

Lalu mengapa di Indonesia banyak jenis batu akiknya?. Perlu kembali disadari dan dipahami oleh masyarakat Indonesia bahwa kepulauan indonesia secara geologis terletak di zona ring of fire atau cincin api pasifik dan tempat bertemunya 3 lempeng tektonik aktif (Eurasia, Indo Australia dan Pasifik) sehingga interaksi ketiga lempeng tersebut menghasilkan mineral-mineral dalam hal ini batuan berharga jauh di dalam bumi. 

Tentunya pembentukkan batu tersebut memakan waktu lama hingga jutaan tahun sebelum akhirnya terangkat dan bisa muncul di sungai. 

Itulah mengapa banyak orang mencari batu akik di sungai, padahal sebelumnya batu itu ada jauh di dalam bumi dahulu  kala. Bagaimana sudah paham mengenai proses terbentuknya batu akik?.

Beberapa jenis batu akik di Indonesia memang memiliki nilai jual yang sangat fantastis sehingga menggoda orang untuk berburu batu tersebut. 

Namun yang perlu dipahami adalah bahwa batu tetaplah batu dalam hal ini fungsi sebenarnya batu akik adalah untuk hiasan atau cinderamata jadi tidak ada istilah batu akik memiliki energi atau dapat mendapatkan berkah. 

Batu akik hanya salah satu bukti dari kekayaan mineral Indonesia yang wajib dipelihara sebaik mungkin.
Bongkahan Jasper di Sungai
Sumber dan Gambar:
close