Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia - Geograph88

Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia

Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Bumi merupakan planet yang dipenuhi oleh beragam spesies hewan dan tumbuhan dari yang berstruktur sederhana hingga kompleks.

Sejak zaman dahulu para ahli flora fauna mencoba mendata mengenai berbagai jenis flora dan fauna tersebut. 

Pada dasarnya beberapa flora fauna umumnya dapat hidup di berbagai wilayah dengan batas toleransi tertentu. 

Namun di belahan bumi ini ada beberapa daerah yang dihuni oleh jenis flora dan fauna yang beda dari yang lain alias endemik. 

Hal tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai faktor seperti sejarah geologi, iklim hingga kemampuan adaptasi.

Flora fauna tersebut sangat tidak lazim dan memiliki bentuk yang terbilang aneh sehingga banyak ahli yang tertarik meneliti lebih dalam mengenai fenomena tersebut. Berikut ini beberapa lokasi terdapatnya flora dan fauna endemik yang ada di bumi. Jika anda tertarik, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu lokasi di bawah ini.

1. Pulau Socotra
Pulau Socotra merupakan sebuah pulau terisolir yang terletak di bawah Semenanjung Arab dan secara administratif masuk dalam wilayah Negara Yaman. Pulau ini berada di Samudera Hindia dan merupakan bagian dari benua Afrika yang terlepas. Socotra merupakan pulau yang didominasi oleh gurun dan memiliki curah hujan yang sangat rendah bahkan hampir tidak ada sama sekali. 

Karena lokasinya yang terisolir dari Afrika maka pulau ini memiliki kenampakan alam yang khas dan flora fauna yang unik. Lingkungan yang ekstrim membuat Socotra seperti daerah yang bukan berasal dari Bumi. Tumbuhan-tumbuhan di daerah ini memiliki bentuk seperti botol dengan daun yang hanya ada di bagian pucuknya. 

Flora paling unik di daerah ini adalah Pohon Darah Naga karena getahnya berwarna merah. Terdapat lebih dari 800 tumbuhan langka yang ada di Socotra dan 90% fauna di Socotra termasuk endemik. Pulau ini banyak dikunjungi oleh para turis dan oleh PBB pulau ini masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.


Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Pohon Darah Naga
Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Mawar Gurun
2. Pulau Galapagos
Galapagos merupakan kepulauan vulkanik yang terletak di Samudera Pasifik dekat Ekuador Amerika Selatan. Galapagos ditemukan oleh Charles Darwin dan keunikan flora dan fauna di wilayah tersebut menjadi landasan Darwin untuk menciptakan Teori Evolusi. Galapagos merupakan surga bagi para ahli biologi karena banyaknya spesies yang unik dan aneh. Namun selain untuk penelitian, Galapagos sekarang juga dijadikan sebagai tempat wisata. Beberapa spesies langka di pulau ini antara lain Kura-Kura Galapagos, Iguana Laut, Pinguin Galapagos, Burung Finch dan Pohon Scalesia.


Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Kura-Kura Galapagos
Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Iguana Laut
3. Pulau Komodo
Pulau Komodo adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara Indonesia dan merupakan habitat dari kadal purba Komodo. Pulau Komodo termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO karena merupakan satu-satunya habitat hewan purba Komodo. Selain memiliki komodo, Pulau Komodo juga memiliki kekayaan bawah laut yang sangat indah dengan terumbu karang dan ratusan spesies biota laut di dalamnya. 


Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Komodo
4. Pulau Tasmania
Pulau Tasmania merupakan bagia dari Australia dan merupakan daratan yang terpisah dari benua utama. Pulau Tasmania terpisah dari Australia pada zaman es sekitar 10 ribu tahun yang lalu dan berkembang menjadi sebuah pulau terisolir dengan kondisi iklim yang sangat unik sehingga banyak terdapat tumbuhan tua hidup di pulau ini karena suhu dan lingkungannya yang mendukung. Pulau ini merupakan habitat hewan Tasmania Devil dan flora langka seperti Eucaliptus dan Pohon Huon.


Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Hutan Huon
5. Pulau Madagaskar
Pulau Madagaskar merupakan pulau yang terletak di Samudera Hindia dan merupakan pecahan dari benua Afrika. Madagaskar terpisah selama kurang lebih 150 juta tahun dari Afrika dan membuat pulau ini memiliki kenampakan geografis dan jenis flora fauna yang khas. Sekitar 75% flora fauna di Madagaskar termasuk endemik seperti Lemur, Landak berduri, dan Pohon Baobab yang berbentuk seperti botol. Selain itu terdapat 1000 jenis spesies anggrek ditemukan di wilayah ini.


Lokasi Flora Fauna Endemik di Dunia
Pohon Baobab
Sumber dan Gambar: disini disini disini disini disini disini disini
close