RPP Geografi SMA Prinsip Geografi - Geograph88

RPP Geografi SMA Prinsip Geografi

RPP Geografi SMA Prinsip Geografi
Pada postingan kali ini saya akan bagikan contoh RPP materi Prinsip Geografi pada jenjang SMA. 

Terus terang materi awal seperti konsep, prinsip dan pendekatan menurut saya sangat sulit sekali mengajarkannya kepada anak didik. 

Untuk itulah kita sebagai guru harus memikirkan dengan keras bagaimana menggunakan istilah/kata/kosakata yang sesuai untuk perkembangan anak didik usia SMA.

Setelah kurang lebih lima tahun mengajar saya terus belajar bagaimana cara menyampaikan materi tersebut pada siswa. 

Sebelum masuk ke materi tentang prinsip penyebaran, interelasi, deskripsi dan korologi maka hendaknya kita harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan prinsip. Jadi ketika anda masuk kelas jangan langsung membuka kelas dengan berkata:

"Baiklah anak-anaka, pada hari kini kita akan belajar tentang prinsip geografi!"
"Taukah apa itu prinsip geografi?"
Jika anda melakukan hal tersebut, saya yakin anak-anak tidak akan memahami dengan benar tentang makna "prinsip" itu sendiri. Dengan dasar itulah kita harus membuka dulu pengalaman-pengalaman siswa yang terkait dengan prinsip atau bisa dengan analogi. Jadi dalam RPP saya membuat skenario kalimat pembuka sebagai berikut:
"Anak-anak, coba kalian perhatikan/pikirkan (observe/imagination) ada tidak benda yang selalu kalian bawa kemana pun kamu pergi?, mengapa benda tersebut selalu dibawa?"
Setelah itu biarkan selama beberapa menit (5 menit) mereka memikirkan dan bercerita sedikit.
Setelah itu baru kita giring mereka menuju materi.
"Nah, anak-anak itulah yang dinamakan prinsip"
"Dalam hidup ini kita pasti memiliki prinsip, begitu pun sebuah ilmu termasuk geografi" 

Setelah itu kegiatan belajar bisa dilakukan dengan diskusi kelompok dan presentasi. Bapak/Ibu mungkin memiliki modifikasi tersendiri pada kegiatan inti dan RPP punya saya tentu tidak sempurna hanya sharing pengalaman saja. Bagi yang punya pengalaman lain boleh di share di komentra. trims.



Penyebaran Bioma di Dunia

Gambar:
disini

RPP Prinsip Geografi 
close