Mengenal Terumbu Karang - Geograph88

Mengenal Terumbu Karang

Mengenal Terumbu Karang
Pastinya jika kalian pergi ke laut akan suka melihat terumbu karange berwarna-warni bukan?.

Terumbu Karang, ekosistem pesisir dan kelautan terkenal karena bentuk kehidupan yang indah dan untuk menyediakan salah satu habitat yang paling beragam secara biologis di Bumi. 

Terumbu karang adalah punggungan atau singkapan batuan di laut yang datang dekat dengan permukaan. 

Sebuah terumbu karang adalah karang yang telah dibangun sebagian besar atau seluruhnya oleh karang, hewan kecil yang hidup bersama dalam sebuah koloni. 

Lebih dari ratusan atau ribuan tahun kerangka kapur karang membangun, dengan karang baru tumbuh di kerangka yang mati. Struktur fisik ini, permukaan karang dan organisme lain, adalah terumbu karang.

Karang yang membangun terumbu hanya ditemukan di perairan tropis yang hangat di mana suhu laut jarang turun di bawah 18 ° C (64 ° F). 

Mereka berkembang hanya di air asin jelas di mana sinar matahari cerah bisa menembus. Hal ini karena karang tidak bisa eksis tanpa alga yang disebut zooxanthellae simbiotik yang hidup dalam jaringan karang dan membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis.

Banyak terumbu yang ditemukan di sekitar pulau-pulau, atau cukup jauh dari tanah di tepi kerak kontinental. 

Beberapa daerah yang paling luas terumbu karang banyak ditemukan di Samudera Pasifik, sekitar kepulauan Asia Tenggara dan di lepas pantai Australia. 

Daerah yang luas terumbu karang juga ditemukan di Samudra Hindia dan di sekitar Laut Merah dan Laut Arab. Banyak terumbu karang juga ada di Laut Karibia.

Karena kerangka mereka terbuat dari batu kapur, karang meninggalkan fosil yang jelas dan berlimpah. Beberapa bentuk awal kehidupan-mound- atau pilar berbentuk batuan fosil dikenal sebagai stromatolit-menyerupai karang. 

The stromatolit tertua tanggal kembali 3,5 miliar tahun. Mereka ditetapkan oleh beberapa organisme sederhana pada alga 

Bumi-biru-hijau (juga dikenal sebagai cyanobacteria). Sekitar 560 juta tahun yang lalu, terumbu kapur dibangun oleh bakteri, alga, dan spons pertama kali muncul. 

Karang kompleks pertama, yang dikenal sebagai karang tabulasi, dicatat sebesar sekitar 500 juta tahun yang lalu.
Mengenal Terumbu Karang
Ikan di Terumbu Karang
Karang kita kenal sekarang pertama kali muncul sekitar 220 juta tahun yang lalu , sebelum usia dinosaurus. Terumbu karang pertama benar mulai muncul sekitar 205,000,000-210.000.000 tahun yang lalu.

Sejak saat ini sudah ada beberapa periode karang - bangunan besar , tetapi juga periode ketika karang menurun dan tidak membentuk karang .
Mengenal Terumbu Karang
Gugusan Karang di Samudera
Terumbu karang yang dangkal menempati hanya sekitar 284.000 km persegi ( 110.000 sq mi ) atau kurang dari sepersepuluh dari 1 persen ( 0,1 persen ) dari lautan di dunia. 

Namun di daerah kecil ini terumbu karang adalah rumah seperempat dari semua spesies ikan laut. Karang adalah sumber daya yang sangat produktif bagi manusia. 

Ratusan juta orang tinggal mudah dijangkau dari terumbu karang dan mengandalkan mereka untuk menyediakan makanan. 

Terumbu karang juga membantu melindungi pemukiman manusia dari gelombang besar selama badai. 

Itulah proses pembentukkan terumbu karang. Jenis-jenis terumbu karang akan diposting lain kali.

close