10 Danau Terbesar di Dunia - Geograph88

10 Danau Terbesar di Dunia

10 Danau Terbesar di Dunia
Danau merupakan sebuah massa air yang mengisi sebuah depresi atau cekungan. Di dunia ini ada banyak danau tersebar di berbagai negara. 

Kali ini kita akan coba lihat danau-danau alami terbesar yang ada di Bumi. Danau-danau raksasa ini berada di Asia, Afrika dan Amerika. Danau dapat terbentuk dari hasil tektonik, vulkanik bahkan erosi glasial. 

Akan tetapi aktifitas manusia saat ini dapat menciptakan danau baru atau bahkan merusak yang telah ada. 

Danau banyak sekali manfaatnya baik dari sisi ekologis maupun ekonomi. Fakta membuktikan bahwa danau-danau raksasa di Amerika Utara dibentuk dari es yang mencair. 

Pada zaman dahulu, wilayah ini ditutupi oleh es dan lambat laun es tersebut bergerak dan meleleh menjadi air tawar mengisi suatu cekungan. Sudah tugas kita sebagai penghuni bumi untuk menjaga kelestarian danau. 

Diperkirakan terdapat kurang lebih 2 juta danau di dunia ini. Beberapa berada di daerah pegunungan sementara sebagian lainnya berada di daerah yang lebih rendah. Danau terbesar ini jika dijumlahkan memiliki total tidak kurang dari 370.000 km persegi. Sumber: WA

1. Great Slave Lake, 28.930 km2
Danau ini bukan hanya termasuk dalam kategori danau terbesar kesepuluh di dunia namun merupakan danau terdalam di Amerika Utara. 

Kedalaman danau ini mencapai 614 meter masuk juga dalam barisan danau terdalam kedua di wilayah utara Kanada. Great Slave Lake memiliki panjang 480 km membentang dari 19 hingga 109 km lebarnya dan memiliki luas 28.930 km2. 

Sungai Hay merupakan sumber utama air danau sedangkan aliran keluar menjadi milik Sungai Macknenzie. 

Ketinggian danau ini berada pada 156 meter di atas permukaan air laut dan selalu membeku terutama di musim dingin.
http://www.lakepedia.com/images/lakes/great-slave-lake/great-slave-lake-waterfall-bay.jpg
2. Danau Malawi, 30.044 km2
Danau Malawi berlokasi di perbatasan Tanzania, Mozambik dan Malawi dan dibentuk dari Sesar Afrika Timur. 

Danau ini menempati urutan kesembilan sebagai danau terluas dengan total mencapai 30.044 km persegi dan juga merupakan danau kedua terdalam dan ketiga terbesar di daratan Afrika. 

Titik terdalam mencapai 706 m dan panjang Danau Malawi mencapai 579 km dan rata-rata kedalaman 292 m. Sumber air danau ini berasal dari aliran Sungai Ruhulu dan aliran keluarnya menjadi milik Sungai Shire di bagian selatan. 

Danau ini bentuk dari pemisahan lempeng tektonik di ketinggian 500 mdpl dan air di permukaan bagian atas tidak menyatu dengan air di bagian bawah. 

Danau ini menjadi habitat dari 1000 jenis ikan  dan merupakan yang terbesar dalam sebuah danau.
http://www.telegraph.co.uk/content/dam/Travel/leadAssets
/29/64/lakemalawiUSE_2964367a-xlarge.jpg
3. Great Bear Lake, 31.080 km2
Berlokasi 200 km selatan dari Lingkar Arktik dan masuk dalam wilayah teritorial Kanada, Great Bear Lake merupakan danau keempat terbesar di Amerika Utara. 

Danau ini memiliki panjang tak kurang 320 km dan lebar 175 km. Titik terdalam danau glasial ini mencapai 446 m dengan rata-rata kedalaman 71,7 m. 

Danau ini memiliki 26 pulau-pulau kecil di dalamnya dengan luas total mencapai 759,3 km persegi. Aliran keluar dari danau ini adalah Great Bear River. 

Permukaan danau ini terletak di ketinggian 186 km di atas laut dan memiliki suhu yang sangat dingin terutama di musim dingin dengan permukaan danau yang berubah menjadi lapisan es. Baca Juga: Syarat Terbentuknya Delta
http://www.fundacionaquae.org/sites/default/files/parques_
de_las_montanas_rocosas_canadienses.jpg
4. Danau Baikal, 31.500 km2
Danau lain di belahan bumi utara adalah Danau Baikal, dibentuk dari pertemuan antara dua lempeng yang sejajar di utara Mongolia dekat Siberia. 

Danau Baikal merupakan danau campuran es dan air tawar terbesar di dunia dan menyimpan 20% total air darat di bumi. 

Danau ini juga merupakan danau terbersih di dunia. Masuk dalam urutan nomor 7 danau terluas di dunia, dengan total luas mencapai 31.500 km persegi, danau ini menjadi danau dengan volume air terbesar dan terdalam di dunia. 

Danau ini mungkin saja menjadi danau tertua saat ini di bumi dengan perkiraan usia mencapai 25 juta tahun. 

Kedalaman rata-rata danau ini 744.5 m dengan titik terdalam mencapai 1.642 m (danau akibat patahan/pensesaran biasanya lebih dalam dibanding danau yang bukan dibentuk dari patahan).  

Danau ini dijuluki juga sebagai "Galapagos dari Rusia" karena keterisolasiannya dai manusia dan umurnya yang tua sehingga menjadi rumah bagi ikan air tawar yang tidak biasa di dunia. 

Cekungan danau ini  masuk dalam wilayah Rusia dan sumber air utama berasal dari Barguzin, Selenge danUpper Angara River. 
http://www.adventuretravel.ru/trekking/baikal/baikal_range/baikal_range_lake1.jpg

5. Danau Tanganyika, 32.893 km2
Danau Tanganyika merupakan danau besar lain di daratan Afrika. Danau ini merupakan danau air tawar terpanjang di bumi membelah dataran tinggi di Afrika. 

Sumber air danau ini berasal dari Ruzizi, Kalamboo, dan Malagarai River. Menurut perkiraan, danau ini merupakan danau kedua terdalam dan danau air tawar terluas di bumi dari sisi volume air. 

Dengan cekungan danau yang membentang hingga Burundi, Tanzania, Zambia dan Kongo, danau ini menjadi danau keenam terbesar di bumi dengan total luas 32.893 km persegi dan rata-rata kedalaman 570 m dengan titik terdalam mencapai 1470 m . 

Seperti kebanyakan danau besar lain, Danau Tanganyika dibentuk dari pergerakan lempeng tektonik dengan panjang mencapai 667 km dan lebar mencapai 50 km. 

Danau ini berada 624 m dibawah permukaan air laut. Baca Juga: Karakteristik Iklim Indonesia
https://www.natureflip.com/sites/default/files/photo//lake-
tanganyika-boats-awaiting-departure-on-lake-tanganyika.jpg
6. Danau Michigan, 58.016 km2
Danau Michigan merupakan bagian dari Great Lake di Amerika Utara namun lokasinya masuk dalam teritori Amerika Serikat. 

Danau ini merupakan danau ketiga terbesar di dunia dengan luas mencapai 57.800 km persegi dan dengan volume air kedua terbesar yaitu mencapai 4.918 km kubik air. 

Panjang Danau Michigan mencapai 494 km dan lebar 190 km dengan garis bibir danau mencapai 2.57 km. Cekungan Danau Michigan bersatu dengan cekungan Danau Huron di bagian timur. 

Dengan kedalaman rata-rata 85 m, titik terdalam danau ini mencapai 282 m. Seperti halnya danau lain di Amerika Utara, danau ini terbentuk dari glasial dan terhubung ke laut dengan kanal yang dibuat oleh manusia.
http://discoverwisconsin.com/content/uploads/2014/01/DSCF6631-1024x768.jpg
7. Danau Huron, 59.596 km2
Dihubungkan antara Michigan di AS sebelah barat dan Ontario di Kanada bagian utara dan timur, Danau Huron menjadi bagian dari danau terbesar di Amerika Utara. 

Danau Huron merupakan danau keempat terbesar di dunia dan ketiga dalam kategori danau air tawar terbesar dengan total luas mencapai 59.596 km2. Panjang danau ini mencapai 331 km dan lebar 295 km. 

Titik terdalam mencapai 229 m dan kedalaman rata-rata 59 m. Seperti halnya danau besar lain, danau ini dibentuk dari pergerakan gletser dan sumber airnya berasal dari Mackinac dan Saint Mary's River. 

Danau ini juga menarik karena di tengah-tengahnya terdapat Pulau Manitoulin yang merupakan pulau danau terbesar di dunia.
http://iliketowastemytime.com/sites/default/files/beautiful_turnip_rock_lake_huron2.jpg
8. Danau Victoria, 69.485 km2
Danau Victoria merupakan danau terbesar di daratan Afrika, danau terbesar di daerah tropis dan merupakan nomor dua danau air tawar terbesar dengan luas mencapai 69.485 km. 

Dinamai dari Ratu Inggris Victoria saat itu dan sumber air danau ini berasal dari Sungai Kagera. Danau ini relatif dangkal dengan rata-rata kedalaman 40 m dan titik terdalam maksimum 84 m. 

Danau Victoria berada di wilayah Kenya, Uganda dan Tanzania dan memiliki 84 pulau di dalamnya.
http://www.christoph-grandt.com/reaalbums/kenya2/images/123New_kenya_slide_114.jpg
9. Danau Superior, 82.414 km
Danau Superior merupakan danau terbesar di Amerika Utara dan terluas kedua di dunia dengan total luas mencapai 82.414 km. 

Panjang danau mencapai 563 km lebar 257 km dan kedalaman maksimum 406 m. Seperti danau besar lain, Superior dibentuk dari gletser.  Air danau ini mengalir menuju Danau Huron.
http://www.bluefinbay.com/sites/default/files/lakesuperior13.jpg
10. Laut Kaspia, 371.000 km2
Danau Kaspia memiliki karakter baik itu seperti laut atau danau dan menjadikannya sebagai danau terbesar di planet ini meski air nya bukan air tawar. 

Danau ini merupakan massa air yang tertutup daratan terbesar di bumi dengan luas total mencapai 371.000 km2 dan volume air 78.200 km kubik. 

Danau ini merupakan danau ketiga terdalam di dunia dengan titik terdalam pada 1.025 m. Panjang danau ini mencapai 1.199 km dengan kedalaman rata-rata 211 m. 

Danau ini sangat unik karena tidak memiliki saluran air keluar dan sangat tertutup.

Danau Kaspia masuk dalam wilayah cekungan Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, Rusia dan Azerbaizan. Volga, Ural, Terek dan Kura Rivers merupakan sumber utama air danau raksasa Kaspia. Baca juga: Syarat Terbentuknya Atol
http://xanadu.wdfiles.com/local--files/general%3Aimages/coastalroad.jpg
close