Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Ekonomi - Geograph88

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Ekonomi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Ekonomi
Tidak bisa dibantahkan lagi bahwa globalisasi ekonomi sudah melanda dunia saat ini dan perdagangan kini dikuasai kaum pemilik modal. 

Thompson mencatat bahwa kaum globalis mengklaim saat ini terjadi sebuah intensifikasi secara cepat dalam investasi dan perdagangan internasional. 

Berikut ini dampak positif dan negatif dari globalisasi ekonomi.

Dampak Positif
a. Meningkatkan produksi global
Pandangan ini sesuai dengan Teori Keuntungan Komparatif David Ricardo. Melalui spesialisasi dan perdagangan, faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan dengan lebih efisien, output dunia bertambah dan masyarakat akan memperolah keuntungan dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang meningkat. Ini dapat meningkatkan konsumsi dan tabungan.

b. Meningkatkan kemakmuran masyarakat
Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai belahan dunia mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri. Ini menyebabkan konsumen memiliki pilihan barang yang lebih banyak. Selain itu konsumen juga dapat menikmati barang lebih banyak jenisnya dan harga yang murah.

c. Memperluas pasar produk dalam negeri
Perdagangan luar negeri yang bebas memungkinkan setiap negara memeroleh pasar yangjauh lebih luas untuk produk dalam negeri.

d. Memperoleh modal lebihbanyak dan teknologi lebih baik
Modal dapat diperoleh dari investasi asing dan dinikmati oleh negara-negara berkembang yang kekurangan modal., tenaga ahli dan tenaga terdidik berpengalaman. Negara berkembang membutuhkan ahli-ahli berpendidikan tinggi dari luar negeri untuk menerapkan teknologi di negara berkembang.

e. Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi
Pembangunan sektor industri dan berbagai sektor lainnya bukan hanya dikembangkan oleh perusahaan asing namun juga melalui investasi yang dilakukan oleh perusahaan swasta domestik. 

Perusahaan swasta domestik ini seringkali memerlukan modal dari bank atau pasar saham. Dana dari luar negeri terutama berasal dari negara maju yang memasuki pasar uang dan pasar modal di dalam negeri dapat membantu menyediakan modal yang dibutuhkan tersebut.
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Ekonomi
Dampak Globalisasi Ekonomi, pic:http://www.geographyalltheway.com/i
Selain memberi dampak positif, globalisasi ekonomi juga memiliki dampak negatif diantaranya:

a. Menghambat pertumbuhan sektor industri
Salah satu efekdari globalisasi ekonomi adalah perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas. 

Perkembangan ini mengakibatkan negara-negara berkembang tidak dapatlagi menggunakan tarif yang tinggi untuk memberikan proteksi kepada industri yang baru berkembang. 

Dengan begitu, perdagangan luar negeri yang lebih bebas menimbulkan hambatan bagi negara berkembang untuk memajukan dan meningkatkan pertumbuhan sektor industri lokal. Invasi perusahaan asing akan semakin besar dengan kekuatan modalnya.

b. Memperburuk neraca pembayaran
Globalisasi cenderung menaikkan harga barang-barang impor. Sebaliknya bila suatu negara tidak mampu bersaing maka ekspor tidak berkembang. Keadaan ini dapat memperburuk kondisi neraca pembayaran. 

Efek buruk globalisasi terhadap neraca pembayaran lainnya adalah pembayaran netto pendapatan faktor produksi dari luar negeri cenderung defisit. Investasi asing yang masuk menyebabkan aliran pembayaran keuntungan investasi ke luar negeri semakin meningkat.

c. Sektor keuangan semakin tidak stabil
Salah satu dampak penting dari globalisasi ialah aliran investasi atau modal yang semakin besar. Investasi ini terutama meliputi partisipasi dana luar negeri ke pasar saham. Saat pasar saham sedang meningkat dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran dan nilai uang akan bertambah baik.

Sebaliknya saat harga-harga saham di pasar saham turun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri. Neraca pembayaran cenderung menjadi bertambah buruk dan nilai mata uang domestik merosot. 

Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk terhadap kestabilan perekonomian negara

d. Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang
Bila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonomi suatu negara menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang hal tersebut akan mengurangi laju pertumbuhan ekonomi. 

Pertumbuhan pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat dan masalah pengangguran akan semakin pelik.
close