Apa Itu Biologic Prime Time? - Geograph88

Apa Itu Biologic Prime Time?

Apa Itu Biologic Prime Time?
Pagi sahabat blogger semua, selamat memulai berkarya untuk bangsa. 

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana supaya kita menjadi seorang yang cerdas dalam bekerja dan produktif. 

Beberapa waktu lalu saya menemukan buku di salah satu toko buku terkemuka yaitu Brain Rules: 12 Principles for Surviving and Thriving at Work, Home, and School karya John Medina, pakar neurologi ternama dari University of Washington.

Ada istilah menarik yang saya temukan yaitu tentang konsep "Biologic Prime Time". Sebelum membahasnya saya berikan satu contoh kasus dulu.

Pernah gak kalian merasa pada saat tertentu misal jam 11.00 - 15.00 malas banget belajar, atau saat jam 19.00 - 22.00 semangat belajar?. Itu adalah salah satu bagian dari biologic prime time (BPT). 

BPT sama artinya dengan mood maksimum seseorang. Saya yakin setiap orang punya mood time masing-masing. 

Jadi menurut buku tersebut jika anda mau menjadi seorang yang produktif maka anda harus bekerja pada saat BPT tersebut. 

Contohnya BPT saya adalah jam 5.00 pagi -11.00 pagi dan jam 19.00- 23.00 malam. Jadi saya berusaha bekerja dan menulis pada jam-jam tersebut. 

Jadi ketika anda memaksimalkan jam BPT maka otak anda akan bekerja masksimum. 

Jadi jangan heran ketika ada anak di kelas pada siang hari mood nya lagi jelek dan dikasih metode belajar apapun secanggih apapun akan sulit menerima karena mereka di saat biologic prime time nya. 

Jadi bagi saya "bullshit" jika ada yang mengemukakan teori tentang belajar kreatif akan membuat anak berhasil. 

Iya, tapi dengan catatan anak tersebut juga sedang dalam kondisi BPT. Pernah ada sekolah yang mengadakan kelas tambahan UN dari pagi, siang hingga malam. 

Otak sudah lelah, kondisi fisik sudah cape, mood jelek dipaksa belajar. Ya ga ngaruh kaleee. Itu berarti konsep keilmuan pendidikannya masih cetek.

Jadi mulai dari sekarang kenalilah jam terbaik harianmu. Satu jam BPT ketika digunakan akan menghasilkan suatu yang produktif karena otak berkerja dalam kemampuan maksimum. 

Jadi bekerja dan belajarlah pada jam tersebut. Sisanya gunakan untuk istirahat dan bermain. Satu hal lagi, singkirkan berbagai gangguan terutama handphone saat anda belajar atau bekerja karena itu merusak fokus dan konsentrasi anda. 

Jika anda sedang bekerja atau belajar lalu anda mendengar notifikasi BBM atua WA dan lainnya, maka anda akan berpaling dan konsentrasi otak anda akan kacau. 

Jadi usahakan matikan handphone jika anda ingin produktif saat jam BPT. Selamat berkarya.
close