Aplikasi Mind Mapping Untuk Guru dan Siswa - Geograph88

Aplikasi Mind Mapping Untuk Guru dan Siswa

Aplikasi Mind Mapping Untuk Guru dan Siswa
Membuat dan menggunakan mind map sangat baik untuk membangun brainstorming siswa tentang ide atau topik sebuah materi lalu mengembangkannya menjadi sebuah tulisan yang utuh. 

Saat ini banyak sekali aplikasi atau tools yang memudahkan guru maupun siswa dalam membuat mind map. 

Memang mind map bisa dibuat manual dengan kertas biasa, namun tentunya kehadiran aplikasi ini bisa membuat banyak variasi dalam membuat mind map.
Aplikasi Mind Mapping Untuk Guru dan Siswa
Contoh Mind Map Keren, pic: imindmap
Saya sendiri biasa memberikan tugas kepada siswa untuk membuat mind map setelah materi satu bab habis. Mind map ini selain dapat membantu membuat poin-poin penting juga dapat melihat kecenderungan karakter siswa dari bentuk, tulisan, warna atau gambar yang dibuat. 


Anak yang hobi menggambar biasanya akan membuat mind map yang bagus dengan ornamen gambar dengan warna di dalamnya. Anak yang cenderung simple dan malas biasanya hanya membuat mind map sederhana tanpa warna, tanpa gambar dan tulisan saja. Guru dapat memetakan kecenderungan karakter anak dengan mind map ini.

Setelah mind map dibuat, saya bisa mencoba memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengomunikasikan mind mapnya di depan kelas. 

Hal ini untuk menguji seberapa jauh pemahaman setiap anak tentang materi. Guru juga dapat melihat kemampuan setiap anak saat mempresentasikan sebuah materi. 

Dengan demikian anak yang masih kurang dalam berbicara di depan umum dapat diberikan bimbingan lebih banyak agar menjadi seorang public speaker yang handal. 

Berikut ini aplikasi dan tools membuat mind mapping gratis yang ada di internet. Kalau saya biasa menggunakan Mind Mapple (ketik aja di google). Selamat mencoba.

Popplet (iPad)

Aplikasi i Pad
close