Kisi-Kisi UN Geografi 2016 - Geograph88

Kisi-Kisi UN Geografi 2016

Kisi-Kisi UN Geografi 2016
Ujian Nasional tinggal beberapa bulan lagi dan tentunya para peserta didik harus siap untuk menghadapinya. 

Hingga saat ini UN masih menjadi salah satu alat evaluasi pendidikan di Indonesia. Geografi merupakan salah satu mapel yang masuk UN untuk jurusan IPS. 

Saya mengamati dalam beberapa tahun ini, nilai UN geografi rata-rata di Indonesia masih masuk dalam kategori di bawah rata-rata. 

Banyak sekali anak-anak yang kesulitan mengerjakan entah karena soalnya itu sulit atau mereka kurang menguasainya.

Geografi merupakan ilmu yang mengkombinasikan antara kajian alam dan sosial dengan tambahan hitung-hitungan di dalamnya. Memang saya akui sebagai guru, geografi termasuk mapel yang menantang siswa. 

Dulu salah satu siswa saya yang pernah juara Olimpiade Geografi pun nilai UN nya 78 dan itu yang paling tinggi di sekolah. Dari fenomena tersebut, bisa disimpulkan bahwa geografi masuk kategori pelajaran menantang. 

Jadi tugas kita sebagai guru adalah terus memberikan pelayanan yang baik kepada siswa agar dapat melalui UN dengan baik, urusan nilai itu belakangan. 

Jadi, kepala sekolah atau direktur sekolah jangan salahkan guru dan siswa kalau nilai UN nya di bawah rata-rata. SKL atau kisi-kisi UN Geografi 2017 memang belum terbit dan biasanya mau mepet UN baru muncul. 

Sebagai gambaran saja, bapak/ibu bisa lihat SKL UN Geografi tahun 2016 untuk ancang-ancang meskipun setelah saya baca isinya bersifat umum dan kurang spesifik sehingga penafsirannya masih luas. Silahkan lihat di link di bawah ini

close