Cara-Cara Mengatasi Pengangguran - Geograph88

Cara-Cara Mengatasi Pengangguran

Cara-Cara Mengatasi Pengangguran
Pengangguran merupakan masalah kependudukan yang harus segera dicari solusinya karena akan menimbulkan dampak negatif bagi seseorang, masyarakat dan negara. 

Untuk mengatasi beberapa dampak tersebut, perlu ada upaya terpadu dalam bidang kesempatan kerja.

1. Cara mengatasi pengangguran siklis
Pengangguran siklis adalah pengangguran yang diakibatkan oleh menurunya kegiatan perekonomian karena resesi. 

Penurunan kegiatan ekonomi umumnya dimulai dengan melemahnya permintaan akan barang. Akibat penurunan permintaan, produksi barang akan berkurang. Dampak pengurangan produksi adalah terjadinya penurunan investasi. 

Jika keadaan ini berlangsung lama, maka perusahaan akan mengurangi pekerja dengan jalan pemutusan hubungan kerja atau menghentikan usahanya sama sekali.

Untuk mengatasi pengangguran siklis diperlukan beberapa langkah-langkah antara lain peningkatan daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat dapat meningkat apabila mereka mendapat tambahan pengasilan. 

Pemerintah harus membuka proyek yang bersifat umum seperti jalan, jembatan, irigasi, dan kegiatan lainnya. 

Cara lain adalah dengan mengarahkan permintaan masyarakat untuk membeli barang dan jasa serta memperluas pasar barang dan jasa. 

Pasar yang sudah ada harus terus dipertahankan. Namun disusahakan membuka peluang lain dalam dangka memasuki pasar yang baru. 

Misalnya dengan membuka pasar baru di luar negeri yang dapat menambah permintaan.

2. Cara mengatasi pengangguran struktural
Pengangguran struktural adalah pengangguran yang disebabkan perubahan struktur ekonomi contohnya dari ekonomi agraris bergeser ke ekonomi industri. 

Pergeseran ini lebih menekankan penyesuaian karakter dan budaya pekerja sektor industri. 

Untuk mengatasi pengangguran struktural diperlukan berbagai langkah seperti pendidikan dan pelatihan untuk persiapan berkarir di pekerjaan bidang baru, mendirikan industri padat karya, dan meningkatkan mobilitas tenaga kerja dan modal yang ada.
Cara-Cara Mengatasi Pengangguran
Kreatifitas adalah kunci mengatasi pengangguran

3. Cara mengatasi pengangguran friksional
Pada dasarnya pengangguran friksional tidak dapat dihilangkan sama sekali dan hanya dapat dikurangi. 

Cara mengatasi penangguran friksional adalah mengusahakan informasi yang lengkap tentang permintaan dan penawaran tenaga kerja sehingga proses perekrutan dan pengambilan keputusan menerima atau tidak bisa lebih cepat. Cara lainnya adalah menyusun rencana penggunaan tenaga kerja sebaik mungkin.

4. Cara mengatasi pengangguran musiman
Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi pada musim-musim tertentu, seperti pertani yang menganggur setelah musim tanam. 

Pengangguran ini dapat diatasi dengan pemberian informasi yang jelas tentang adanya lowongan kerja di bidang lain dan melatih individu agar punya keterampilan lain sehingga bisa dipakai di waktu lain. 

Gambar: disini
close