Tata Geografi: Pengaruh Unsur Fisik, Topografi dan Biotik Wilayah - Geograph88

Tata Geografi: Pengaruh Unsur Fisik, Topografi dan Biotik Wilayah

Tata Geografi: Pengaruh Unsur Fisik, Topografi dan Biotik Wilayah
Halo guys kali ini kita belajar tentang konsep dasar geografi yuk!. Nah dalam geografi salah satu istilah alias konsep utama adalah tentang wilayah alias region. 

Wilayah itu adalah suatu daerah yang punya ciri khas dan dapat dibedakan satu sama lain. Kamu sering kan menyebut dataran tinggi, pantai, lembah, kota, desa dll. 

Itu adalah salah satu contoh wilayah. Lalu bagaimana kita mengetahui ciri-ciri suatu wilayah?. Kita perlu tahu tentang tata geografi yang meliputi unsur fisik, topologi dan biotik.

1. Pengaruh unsur fisik
Pengaruh unsur fisik pada wilayah terdiri dari iklim cuaca, air, relief, tanah dan kondisi sumber daya.
a. Iklim dan Cuaca
Cuaca dan iklim dapat mempengaruhi jenis dan sebaran tumbuhan, hewan, kesehatan dan kemampuan adaptasi dan kegiatan manusia. 

Contohnya gini, pada daerah beriklim dingin seperti kutub pasti hewan-hewannya berbulu tebal kan?. Itu karena adaptasi mahluk terhadap kondisi lingkungannya guys. 

Contoh lainnya adalah aktifitas manusia di dataran tinggi pasti beda dengan di dataran rendah. Di dataran tinggi bisa bertani sayuran sementara di dataran rendah bisa bersawah atau berladang palawija.

b. Air
Air adalah kebutuhan yang penting bagi kehidupan terutama manusia seperti untuk irigasi, perikanan, pembangkit listrik dan lainnya. Air di permukaan bumi terbagi menjadi air tawar dan air asin.

c. Relief dan Tanah
Keduanya berpengaruh bagi pemusatan penduduk, jaringan jalan, jenis usaha hingga kebudayaan. Peradaban di wilayah dataran rendah tentu akan berbeda dengan peradaban di daerah dataran tinggi.

d. Sumber Daya
Ada tidaknya sumber daya akan menyebabkan perbedaan potensi pertumbuhan wilayah yang bersangkutan. Daerah yang kaya sumber daya akan cepat berkembang seperti Balikpapan dan Tembagapura.
Anak-anak Suku Bajau
2. Pengaruh unsur topgrafi
Pengaruh unsur topografi adalah sebagai berikut:
a. Letak
Letak berfungsi untuk mengetahui keadaan geografi suatu tempat dengan baik. Letak bisa dilihat dari letak astronomis, letak geografis ddan letak geologis. Letak astronomis berkaitan dengan posisi lintang dan bujur, letak geografis berdasarkan lingkungan sekitarnya dan letak geologi berdasarkan posisi lempeng tektonik bumi.

b. Luas dan Bentuk
Pada umumnya suatu negara yang luas akan punya keuntungan dibandingkan yang kecil. Akan tetapi hal tersebut harus ditunjang dengan kapasitas SDM yang memadai.

c. Batas wilayah
Ada dua batas wilayah yaitu batas alam dan batas buatan. Batas alam seperti lautan, pegunungan dan sungai sementara batas buatan bisa tembok, tugu atau kawat berduri. Batas teritori negara harus jelas karena menyangkut kedaulatan dan hak ekonomi negara tersebut.

3. Pengaruh unsur biotik
Pengaruh unsur biotik terdiri dari:
a. Tumbuhan
Memiliki peran penting dalam menyediakan oksigen dari hasil fotosintesis. Tumbuhan adalah produsen utama dan memberikan daya dukung kehidupan bagi planet bumi. Selain itu tumbuhan menjadi rumah bagi hewan dan bahan baku industri bagi manusia.

b. Hewan
Hewan dapat memengaruhi keadaan fisik alam contohnya dalam hal penyerbukan. Kotoran hewan juga membantu menyuburkan tanah dan memberikan manfaat bagi kebutuhan pangan manusia.

c. Manusia
Berperan dalam mempengaruhi alam. Manusia dapat merekayasa tempat di permukaan dengan akal dan teknologi. Man ecological dominant adalah konsep ekologi dimana manusia adalah mahluk paling mendominasi bumi.

Baca juga: Rangkuman bab hakikat, konsep geografi

 Gambar: disini
close