Sebab Meletusnya Perang Dunia II - Geograph88

Sebab Meletusnya Perang Dunia II

Sebab Meletusnya Perang Dunia II
Perang Dunia alias World War merupakan salah satu sejarah peradaban manusia yang memilukan. Ada jutaan manusia hilang nyawa sia-sia karena perang raksasa ini.

Kita akan ulas sedikit dulu tentang sebab terjadinya Perang Dunia II. Ada sebab umum dan khusus yang menyebabkan berkecamuknya Perang Dunia II.
Pasukan Nazi Jerman saat Perang Dunia II
a. Sebab Umum PD II
Perang Dunia II berlangsung antara 1939-1945 merupakan perang yang lebih besar dan lebih luas cakupannya dibandingkan Perang Dunia I. PD II disebabkan oleh kejadian-kejadian tertentu setelah berakhirnya PD I.

Kejadian itu adalah gagalnya Liga Bangsa-Bangsa dalam menciptkan perdamaian dunia, terjadinya malaise, perlombaan senjata antar negara dan berkembangnya ideologi radikal totaliter dan ultranasionalisme.

b. Sebab Khusus PD II
Secara khusus Perang Dunia II meletus karena warisan PD I yang tidak dapat diselesaikan dengan baik terutama menyangkut masalah Jerman dengan Nazi Hitlernya.

Negara yang tidak puas dengan hasil Perjanjian Versailles itu berusaha bangkit melawan negara-negara yang dulu mengalahkannya.

Dengan berbekal ideologi totaliter Nazi dibawah Adolf Hitle Jerman memulai Perang Dunia II dengan melakukan serangan kepada Polandia pada 1 September 1939 yang dikenal dengan blietzkrieg atau serangan kilat.

Itulah dua sebab terjadinya Perang Dunia II. Sudah paham kan sekarang dan jangan sampai terjadi Perang Dunia III ya. Gambar: disini
close