Bioma Kaparal: Lokasi Sebaran, Karakteristik, Vegetasi dan Fauna - Geograph88

Bioma Kaparal: Lokasi Sebaran, Karakteristik, Vegetasi dan Fauna

Bioma Kaparal: Lokasi Sebaran, Karakteristik, Vegetasi dan Fauna
Kaparal atau Chaparrals adalah salah satu bioma unik di bumi. Mungkin sebagian kamu belum familiar dengan bioma yang satu ini.

Kaparal adalah wilayah kering yang biasa ditemukan di daerah sepanjang garis pantai. Lanskap kaparal didominasi oleh semak cemara dan rumput.

Iklim Kaparal
Kaparal sebagian besar beriklim panas dan kering di musim panas dan hujan di musim dingin, dengan suhu berkisar dari sekitar 30-100 derajat Fahrenheit.

Kaparal menerima hujan atau presipitasi yang rendah, biasanya antara 10-40 inci presipitasi setiap tahunnya.

Sebagian besar curah hujan ini adalah dalam bentuk hujan (air) dan itu terjadi sebagian besar di musim dingin.

Kondisi kering dan panas menciptakan lingkungan yang sangat rawan kebakaran saat suhu panas ekstrim.  Petir adalah satu penyebab kebakaran di bioma kaparal.
Bioma Kaparal
Lokasi
Beberapa lokasi dari kaparal meliputi:

1. Wilayah pesisir Australia (Barat dan Selatan)
2. Daerah pesisir di Laut Mediterania-Eropa, Afrika Utara, Asia kecil
3. Amerika Utara-pantai California
4. Amerika Selatan-pantai Chile
5. Wilayah Tanjung Afrika Selatan

Vegetasi
Karena kondisi yang sangat kering dan kualitas tanah yang buruk, hanya berbagai kecil tanaman dapat bertahan hidup.

Sebagian besar tanaman ini meliputi semak cemara besar dan kecil dengan tebal, daun kasar. Jenis vegetasi di daerah kaparal sangat sedikit.

Seperti tanaman gurun, tanaman di kaparal sudah beradaptasi untuk hidup di daerah panas, kering.

Beberapa tanaman kaparal memiliki daun keras, tipis, seperti jarum untuk mengurangi evaporasi. Tanaman lain memiliki rambut di daun mereka untuk mengumpulkan air dari udara. Banyak tanaman tahan api yang juga ditemukan di daerah ini.

 Beberapa tanaman seperti chamise bahkan memiliki lapisan minyak yang seolah sengaja memancing kebakaran.

Tanaman ini kemudian tumbuh di lingkungan abu sisa kebakaran setelah daerah telah dibakar. Tanaman lain berada tetap di bawah tanah dan hanya tumbuh setelah kebakaran.

Contoh tanaman kaparal termasuk Sage, rosemary, thyme, semak belukar, kayu putih, chamiso semak, pohon willow, pinus, oak dan pohon zaitun.
Fauna Kaparal
Satwa liar
Kaparal adalah rumah bagi banyak hewan tanah. Hewan kaparal adalah tupai tanah, jackrabbits, Gophers, skunks, katak, kadal, ular, dan tikus. Hewan lain termasuk aardwolves, Pumas, rubah, burung hantu, elang, rusa, burung puyuh, kambing liar, laba-laba, kalajengking, dan berbagai jenis serangga.

Banyak hewan kaparal bertipe nokturnal. Mereka istirahat di bawah tanah untuk menghindari panas di siang hari dan keluar malam untuk mencari makan.

Hal ini memungkinkan mereka untuk melestarikan air, energi dan juga menjaga diri selama kebakaran. Hewan kaparal lain seperti beberapa tikus dan kadal, mengeluarkan urin semi padat untuk mengurangi evaporasi.
close