Bioma Taiga: Lokasi, Sebaran, Ciri, Vegetasi dan Hewan - Geograph88

Bioma Taiga: Lokasi, Sebaran, Ciri, Vegetasi dan Hewan

Bioma Taiga: Lokasi, Sebaran, Ciri, Vegetasi dan Hewan
Kali ini kita akan bahas salah satu jenis bioma yaitu hutan konifer alias taiga. Taiga atau hutan Boreal atau hutan konifer adalah hutan pohon cemara lebat yang tersebar di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Taiga adalah bioma terbesar alias terluas di dunia.

Hutan boreal ini memainkan peran penting dalam siklus nutrisi karbon dengan menghapus karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dan menggunakannya untuk menghasilkan molekul organik melalui mekanisme fotosintesis. Senyawa karbon beredar di atmosfer dan mempengaruhi iklim global.

Iklim

Iklim di bioma taiga sangat dingin. Musim dinginnya panjang dan keras dengan suhu di bawah titik beku. Musim panas yang pendek dan sejuk dengan suhu berkisar antara 20 sampai 70 F.

Curah hujan tahunan biasanya antara 15 sampai 30 inci, sebagian besar dalam bentuk salju. Karena air tetap beku dan tidak dapat digunakan untuk tanaman untuk sebagian besar tahun, taiga dianggap sebagai daerah kering.
Hutan Taiga Saat Musim Salju
Lokasi
Beberapa lokasi sebaran taiga meliputi:
1. Alaska
2. Kanada tengah
3. Eropa
4. Asia Utara-Siberia

Vegetasi di Taiga
Karena suhu dingin dan penguraian organik lambat, taiga memiliki tanah yang tipis dan asam guys. Hutan konifer atau sejenis cemara dan semua yang berdaun jarum adalah ciri khas taiga.

Termasuk pohon pinus, cemara, dan cemara, yang populer untuk pohon Natal. Jenis pohon hutan konifer lainnya termasuk pohon beech, willow, poplar dan Adler.

Vegetasi taiga sudah menyesuaikan diri dengan baik dengan kondisi ekstrim taiga. Bentuk pohon seperti kerucut memungkinkan salju jatuh lebih mudah dan mencegah cabang patah akibat beban salju. Bentuk daun seperti jarum dan punya lapisan lilin membantu untuk mencegah hilangnya air.
Fauna Taiga

Fauna Taiga
Beberapa spesies hewan hidup di dalam bioma yang sangat dingin. Taiga adalah rumah bagi berbagai hewan seperti finches, burung pipit, tupai dan Jays. Herbivora besar termasuk rusa, karibu, rusa, kerbau, dan rusa juga dapat ditemukan di taiga. Hewan lain yang ada di antaranya adalah kelinci, berang-berang, Lemmings, minks, ermines, angsa, wolverines, serigala, beruang grizzly dan berbagai serangga. Serangga memainkan peran penting dalam rantai makanan dalam bioma ini karena mereka bertindak sebagai pengurai dan mangsa untuk hewan lain, terutama burung.

Hutan Taiga Musim Semi
Untuk menghindari kondisi yang keras musim dingin di taiga, banyak hewan seperti tupai dan kelinci Burrow membuat sarang di tanah untuk tempat berlindung dan mencari kehangatan.

Hewan lain, termasuk reptil dan beruang grizzly akan berhibernasi saat musim dingin. Hewan lain seperti rusa, rusa, dan burung bermigrasi ke daerah yang lebih hangat selama musim dingin.
close