Komposisi Gas Atmosfer Bumi Udara Kering - Geograph88

Komposisi Gas Atmosfer Bumi Udara Kering

Komposisi Gas Atmosfer Bumi Udara Kering
Atmosfer berada di dekat perkumkaan bumi dan semakin ke atas ke angkasa maka konsentrasinya semakin menipis. 

Atmosfer sebenarnya sangat tipis dibandingkan dengan ukuran bumi, setara dengan ketebalan untuk selembar kertas yang diletakkan di atas bola pantai.  

Namun meski tipis nih, atmosfer ternayat bertanggung jawab untuk menjaga bumi kita dari ancaman benda luar angkasa dan mengatur cuaca di bumi.

Atmosfer tersusun atas campuran berbagai gas yang berbeda dan dalam kadar jumlah berbeda pula. 

Lalu mana yang paling banyak?. Apakah oksigen, karbon dioksida, nitrogen atau apa?. Nitrogen adalah gas terbanyak di atmosfer dengan jumlah 78% lalu disusul Oksigen 21% dan Argon 0,9%.

Gas seperti Karbon dioksida, Nitrogen oksida, metana dan ozon hanya 1/10 dari 1% total atmosfer. Uap air terkandung di udara antara 0-4% tergantung dimana anda berada dan sedang seperti apa kondisi cuaca disana.

Di daerah dingin seperti Arktik, uap air menyumbang kurang dari 1% atmosfer sementara di daerah lembab atau tropis, uap air bisa menyumbanghampir 4% atmosfer. Kandungan uap air sangat penting untuk memprediksi perubahan cuaca.

Gas rumah kaca memiliki persentase bervariasi tiap hari, musim dan setiap tahun memiliki sifat fisik dan kimia yang membuat mereka berinteraksi dengan radiasi matahari dan spektrum inframerah yang dipancarkan bumi untuk memengaruhi keseimbangan energi dunia.

Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan mengamati peningkatan gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan metana dengan hati-hati, karena meskipun mereka kecil dalam jumlah, mereka dapat sangat mempengaruhi keseimbangan energi global dan suhu dari masa ke masa.
Urutan gas kering atmosfer bumi
close