50 Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Sejarah Indonesia + Kunci [Bagian 1] - Geograph88

50 Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Sejarah Indonesia + Kunci [Bagian 1]

50 Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Sejarah Indonesia + Kunci [Bagian 1]
Halo guru-guru dan siswa seluruh Indonesia, gimana nih bagi siswa kelas 12 nampaknya sekarang udah di penghujung masa putih abu-abu. Sebelum melepas masa putih abu kalian harus selesaikan ujian sekolah dulu ya dengan nilai terbaik tentunya.

Kali ini mimin akan berikan contoh soal ujian akhir sekolah Sejarah Indonesia. Materinya tentu dari semester 1 sampai semester 6. Soal ini bisa dipakai buat latihan atau buat guru bisa menjadi pedoman pembuatan soal.

Sejarah Indonesia memuat kilas balik perkembangan Indonesia dari awal mula sebuah wilayah antah berantah kemudian berkembang menjadi wilayah yang dihuni peradaban-peradaban kuno, Hindu Buddha, Islam sampai dengan era kolonialisme dan kemerdekaan.

Silahkan pelajari soal berikut ini dan jangan lupa share blognya ke teman-teman lainnya ya!.
1. Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan terjadinya anakronisme, yaitu ...
a. ketidaktepatan dalam waktu
b. waktu yang tidak berkesinambungan
c. kerancuan waktu dalam sejarah
d. ketidaktepatan urutan
e. waktu yan runtut

2. Perhatikan data-data berikut ini:
1. Pemerintahan Raja Hayam Wuruk 1350-1389 M.
2. Perang Diponegoro 1825-1830 M.
3. Masa Pendudukan Jepang 1942-1945.
4. Belanda menyerah kepada Jeoang pada 8 Maret 1943.
Tahun-tahun yang tercantum di belakang peristiwa tersebut menunjukkan ...
a. batas waktu
b. batas ingatan
c. kronik
d. tahun peristiwa
e. periodisasi

3. Dalam memecahkan masalah, kita memerlukan kemampuan atau cara berpikir sinkronik, yaitu ...
a. mengambil keputusan dengan cepat dan tindakan yang tepat
b. membuat keputusan hanya dengan memahami aspek dari satu sisi saja
c. mengambil keputusan berdasarkan pendapat banyak orang
d. melakukan tindakan yang tidak tepat dan tanpa berpikir panjang
e. memahami gejala atau fenomena masalah dengan lebih hati-hati danmendalam

4. Perhatikan gambar!

Fosil pada gambar berasal dari masa prasejarah ...
a. Paleozoikum
b. Mesozoikum
c. Kuarter
d. Tersier
e. Arkaekum

5. Perhatikan data dibawah ini.
1) Fosil pohon jeruk purba
2) Fosil pohon salam
3) Fosil Homo sapiens
4) Fosil batuan kalesdon
5) Fosil Pithecanthropus erectus

Berdasarkan data di atas, fosil yang termasuk ke dalam temuan di situs Trinil adalah ....
a. 1), 2), 4)
b. 2), 3), 4)
c. 1), 2), 3)
d. 1), 2), 5)
e. 2), 3), 5)

6. Pada masa Mesolitikum banyak ditemukan hasil kebudayaan berupa abris sous rouce. Hal tersebut menunjukan adanya .... 
a. manusia praaksara sudah tinggal di gua-gua
b. manusia praaksara sudah mengonsumsi kerang dan siput
c. manusia praaksara sudah mengenal sistem kepercayaan
d. ditemukan api dan cara memasak makanan
e. manusia praaksara sudah melakukan perburuan binatang di hutan

7. Manakah informasi berikut ini yang tidak tepat terkait kerajaan Majapahit?
a. Ibukota pemerintahan diperkirakan berada di Trowulan
b. Raja pertama adalah Raden Wijaya
c. Ditulisnya kita Negarakertagama
d. Berlokasi di sekitar sungai Bengawan Solo
e. Puncak kejayaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk

8. Sepasang telapak kaki seorang raja yang terdapat pada sebuah prasasti pada umumnya menjadi lambang ...
a. raja yang mmerintah adalah pemelihara dan pelindung rakyat
b. raja yang memerintah adalah dewa semesta raya
c. kekuasaan raja atas wilayah tempat ditemukannya prasasti tersebut
d. pengesahan raja yang memerintah atas prasasti tersebut
e. raja yang memerintah pernah lewat ke lokasi prasasti tersebut

9. Bentuk keberhasilan Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan Raja Kertanegara adalah .... 
a. berhasil menangkal serangan Jayakatwang
b. berhasil menaklukkan Kerajaan Melayu
c. berhasil mengusir bangsa Cina di Melayu
d. berhasil menyatukan nusantara
e. berhasil menguasai bandar perdagangan dunia

10. Perhatikan kondisi berikut:
1. letak Indonesia berada di jalur perdagangan barat dan timur
2. pola angin musim enam bulan sekali memudahkan kapal dagang asing singgah di Indonesia dalam waktu lama
3. kerajaan Hindu Buddha di Indonesia mendukung penyebaran agamar Hindu Buddha
4. kaum Brahmana aktif menyebarkan ajarannya ke seluruh dunia
Faktor geografis yang memudahkan masuk dan berkembangnya kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia ditunjukkan angka ...
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 3) dan 4)
e. 4) dan 5)

11. Kesultanan Mataram pada akhirnya berhasil dikuasai Belanda. Wilayah kekuasaannya dibagi menjadi dua yaitu Kesultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Hal ini merupakan hasil perjanjian ...
a. Ambarawa
b. Kartasura
c. Bongaya
d. Giyanti
e. Ungaran

12. Di bawah ini yang tidak tepat mengenai sejarah masuknya Islam ke nusantara adalah ..
a. Islam telah masuk ke Indonesia sejak abad ke VII
b. Islam masuk dengan cara anexatie
c. proses penyebaran Islam berjalan secara bertahap
d. kerajaan Majapahit berjasa dalam menyebarkan Islam di Jawa
e. peran Cina sangat penting dalam penyebarluasan Islam dalam periode awal

13. Bustanusalatin adalah salah satu karya sastra Islam yang ditulis oleh ....
a. Hamzah Fanshuri
b. Abdurauf as Singkel
c. Nurrudin ar Raniri
d. Dato ri Bandang
e. Sultan Iskandar Muda

14. Kesultanan Tidore menyambut baik kehadiran Spanyol di wilayahnya dikarenakan ...
a. Kesultanan Makasar mendesak Tidore untuk menjalin hubungan baik dengan Spanyol dalam angka menghadapi bangsa Portugis
b. membangun kekuatan menyerang bangsa Portugsi yang melakukan monopoli perdagangan
c. mengimbangi pesaingnya, Kesultanan Ternate yang bersekutu dengan Portugis
d. meminta bantuannya untuk menyerang dan menguasai Ternate
e. Spanyol bersikap bersahabat dengan Kesultanan Tidore

15. Berikut ini bukan faktor pendorong penjelajahan samudera oleh bangsa Eropa adalah ...
a. berkembangnya paham merkantilisme di Eropa
b. jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Ottoman pada 1453
c. konsep gold, glory, gospel
d. berkembangnya teknologi pelayaran yang dipelopori bangsa Portugis
e. menuurnnya permintaan akan rempah-rempah di Eropa

16. Perhatikan informasi berikut:
1. Menambah jumlah tanaman sehingga harga dapat meningkat
2. Menentukan luas area penanaman dan jumlah tanaman rempah-rempah
3. Menetapkan dua jenis pajak kepada rakyat yaitu contingenten dan verplichte leverantie
4. Menyingkirkan pedagang dari negara-negara lain dari aktifitas perdagangan rempah-rempah di nusantara
5. Membebaskan kerajaan-kerajaan yang terikat perjanjian dengan VOC dari kewajiban membayar pajak untuk menghindari pemberontakan
Kebijakan yang pernah diterapkan VOC selama berkuasa di Hindia Belanda ditunjukkan angka ...
a. 1,2,3
b. 1,3,4
c. 2,3,4
d. 2,3,5
e. 3,4,5

17. Pelaksanaan kebijakan pintu terbuka di Hindia Belanda tidak terlepas dari perubahan politik di Belanda pada pertengahan adab ke 19 yaitu ...
a. kemenangan partai Liberal dalam pemilu Parlemen
b. lepasnya Belanda dari penjajahan Perancis
c. masuknya gagasan liberalisme dari Inggris
d. adanya desakan dari kaum humanis Belanda
e. ratu Belanda menganut paham Liberal

18. Berikut ini yang bukan ciri perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan sebelum era kesadaran nasional adalah ...
a. bersifat lokal
b. belum ada visi kebangsaan
c. dipimpin pemimpin kharismatik
d. perlawanan dengan senjata fisik
e. tertuju pada visi Indonesia Merdeka

19. Bangsa Portugsis berhasil diusir dari Maluku di masa pemerintahan ...
a. Sultan Nuku
b. Sultan Hairun
c. Sultan Hasanuddin
d. Sultan Baabullah
e. Sri Baduga Maharaja

20. Latar belakang terajdinya perang antara kamum Padri dengan kaum Adat adalah ...
a. perebutan kekuasaan di istana Pagaruyung
b. dipersulitnya perizinan ibadah haji oleh kaum adat
c. kaum Padri ingin memurnikan Islam di tanah Minang
d. kaum Adat memiliki pengikut lebih bayak dari kaum Padri
e. kaum Adat menguasai sektor perekonomian dan kaum Padri tidak diberi bagian

21. Ciri khas organisasi pergerakan pada periode radikal adalah tidak mau bekerjasama dengan penjajah. Organisasi yang bergerak secara non kooperatif ini diantaranya ...
a. Budi Utomo, Sarekat Dagang Islam, Sarekat Islam
b. Muhammadiyah, Indische Partij, Gerindo
c. Perhimpunan Indonesia, PKI, PNI
d. Indische Partij, PNI, Gerakan Pemuda
e. Parindra, Gapi, Gerindo

22. Butir penting Doktrin Wilson yang memberi energi dan semangat baru bagi kaum aktivis pergerakan nasional adalah ...
a. penghargaan atas kesetaraan dan martabat manusia
b. hak menentukan nasib sendiri
c. kekerasan hanya akan menciptakan kekerasan baru
d. penjajahan tidak sesuai perikemanusian dan perikeadilan
e. penolakan atas eksploitasi oleh manusia atas manusia lain

23. Kongres Pemuda I dilaksanakan di Yogyakarta pada 1926. Tujuan Kongres Pemuda I tercermin dalam pernyataan berikut, yaitu ....
a. menguatkan kebangsaan atas kekayaan budaya lokal Indonesia
b. menyatakan ikrar janji sebagai satu nusa, bangsa dan bahasa
c. perlunya pembinaan untuk perkumpulan pemuda yang tunggal
d. menegakkan perjuangan meraih kemerdekaan secara kooperatif
e. mempercepat tercapainya kemerdekaan  Indonesia dari Belanda

24. Pada awalnya Indische Vereniging yang di kemudian hari menjadi Perhimpunan Indonesia merupakan sebuah gerakan ...
a. politik
b. emansipasi
c. ekonomi
d. sosial budaya
e. nasionalis

25. Alasan pemerintah kolonial Belanda setuju memberikan status organisasi berbadan hukum kepada Muhammadiyah adalah ...
a. organisasi ini mendukung perjuangan meraih kemerdekaan
b. Muhammadiyah bersifat nonpolitik dan kooperatif
c. Muhammadiyah tidak memiliki cabang organisasi di luar Jawa
d. pengaruh Muhammadiyah hanya sebatas di karesidenan-karesidenan
e. Muhammadiyah mendukung setiap kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah


Kunci
1.a 2.a 3.e 4.a 5.d 6.a 7.d 8.c 9.b 10.a 11.d 12.b 13.c 14.c 15.e 16.c 17.a 18.e 19.d 20.c 21.c 22.b 23.c 24.d 25.b
close